alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kampus Terlibat Politik Praktis, Menristek Dikti Ancam Berikan Sanksi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9ba0ac98e31b464c8b457b/kampus-terlibat-politik-praktis-menristek-dikti-ancam-berikan-sanksi

Kampus Terlibat Politik Praktis, Menristek Dikti Ancam Berikan Sanksi

Kampus Terlibat Politik Praktis, Menristek Dikti Ancam Berikan Sanksi
03/09/2018, 16:34 WIB

Kampus Terlibat Politik Praktis, Menristek Dikti Ancam Berikan Sanksi
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir.(KOMPAS.com/Fabian Januarius Kuwado)

KARAWANG, KOMPAS.com - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi ( Menristek Dikti) Mohammad Nasir meminta perguruan tinggi tidak terlibat politik praktis. Pihaknya tidak segan-segan menjatuhkan sanksi, jika ada kampus yang terbukti terlibat praktis.

"Kampus harus dijadikan tempat yang netral. Kampus tempat meningkatkan ilmu pengetahuan. Harapannya politik praktis jangan masuk kampus," ujarnya usai memberikan kuliah umum kepada mahasiswa baru Universitas Buana Perjuangan (UBP), Karawang, Senin (3/9/2018).

Ia juga meminta kepada pihak-pihak kampus tidak menggunakan kampus untuk kepentingan politik. Sebab, hal tersebut akan berdampak kepada mahasiswa.

"Ya kalau mahasiswanya sama. Kalau berbeda. Ya kalau dosennya sama, kalau berbeda, ini masalah. Yang menjadi masalah itu kampus menjadi tidak independen. Jika kampus tidak independen, problemnya adalah bagaimana masa yang akan datang," tegasnya.

Bahkan, kata dia, pihaknya tidak segan-segan memberikan sanksi kepada perguruan tinggi negeri yang kedapatan terdapat kegiatan politik. "Rektornya akan kami beri SP (surat peringatan). Jika SP 1, 2, sampai 3 tidak diindahkan ya diberhentikan," tandasnya.

Sementara untuk perguruan tinggi swasta, pihaknya akan memberikan teguran melalui Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis).

Selain itu, pada 7 September 2018 mendatang, ia akan bertemu dengan ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) seluruh Indonesia untuk membahas hal tersebut. "Nanti akan saya sampaikan itu," bebernya.
https://regional.kompas.com/read/201...berikan-sanksi

---------------------------

Pak Menteri, saya pernah bertemu seorang Dosen yang mengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) disebuah kampus di pulau Jawa ini. Lalu saya tanyakan, mengapa mahasiswa di fakultasnya rajin sekali ikut demo. Apa saja, apalagi  bila mengkritisi Pemerintah, mahasiswa FISIP di kampus itu paling rajin ikut berdemo-ria dibandingkan mahasiswa dari fakultas lainnya, padahal masih di lingkungan kampus yang sama.

Apa jawab sang Dosen Ilmu Politik tadi?

Itulah, pak! 
Kita itukan punya kewajiban mendidik mahasiswa itu bukan hanya teori, tapi juga mencontohkan praktek dalam dunia nyata!

Nah, sampeyan tahu nggak, kalau DEMO itu adalah laboratorium Demokrasi di lapangan bagi mahasiswa FISIP?

Saya pun bisa manggut-manggut. 
Pahamlah!

emoticon-Wkwkwk
Diubah oleh madcabonger2018
Halaman 1 dari 2

Kalau sampai nanti foto foto yang beredar saat ini dijadikan bukti bagi kemenristek dikti dalam memberi sanksi maka bagi ana mending tu kementrian dibubarin aja
sampai segitunya, ngeri nih rejim
Quote:
jadi teringat jamannya mendikbud daoed jusuf..NKK/BKK tahun 78..
pfff sampe segitunya
padahal demonya g anarkis, beda dgn demo mahosiswa yg digerakin bateng buduk
emoticon-Traveller
Harus dijelaskan dulu batasan konkretnya
Jangan sampai membelenggu kemerdekaan kampus
Kalau substansinya tidak melanggar biarkan saja
Demo jangan dilarang2 apalagi diberi sanksi..
Iso modyar rezim njenengan..
emoticon-Big Grin
kalo ampe ditunggangi oleh sebuah parpol atau kepentingan laen ya silahkan di banned, tapi harus jelas juga batasannya, kalo berdasar independensi dan objektifitas ya monggo emoticon-Shakehand2
langkah awal, larang organisasi2 luar membentuk kesekretariatan di dalam kampus.
anak organisasi taulah organisasi2 apa aja yg getol bikin kesekretariatan di kampus2.
emoticon-Big Grin
maksudnya si menristek mungkin afiliasi politik jangan sampai masuk kkmpus krna bisa membuat konflik dan suasana kampus jadi tdk kondusif,contohnya mungkin..

-adanya ukm kampus yang ternyata underbouw sebuah partai(you know lahh)

-pmilihan anggota bem sarat dngan "kepentingan pihak luar kampus"(isunya pernah ada 1 kabinet bem trnyata diisi orang2 yng afiliasi dngan 1 partai)

-atau yang baru2 ini,.rektor kampus yang ternyata kader partai,ngasih ksempatan ke capres trtentu untuk kampanye ddlam kampus dngan dalih "kuliah umum"
free spech hilang
jatuhkan
lho kok ga demokratis ya jadi nya?? suara mahasiswa kan perlu lho
Pimpinanya planga plongo bawahanya pun ikut planga plongoemoticon-No Hope
berpolitik praktis itu seperti apa? kalo demo bukannya jatonya berpolitik? jadi demo doang ga masalah toh?
Demonstrasi itu bukan politik praktis. Politik praktis itu kalau udah ada oknum yg terlibat atau berafiliasi dengan parpol . Demo biasa gpp krn bkn politik praktis
Diubah oleh albertus014
Mahasiswa ditampol kardus langsung klengerrr

Quote:
Diubah oleh sabil.haq
dari dulu kmn aja?
Lho kok jadi pada GOBLOK semua gini komennya.. yg dilarang POLITIK PRAKTIS kok, bolak balik gw baca beritanya kaga ada DILARANG DEMO? Loe loe pada GUOBLOK amat sih
emoticon-fuck2

.clone.
"Kampus harus dijadikan tempat yang netral. Kampus tempat meningkatkan ilmu pengetahuan. Harapannya politik praktis jangan masuk kampus," ujarnya usai memberikan kuliah umum kepada mahasiswa baru Universitas Buana Perjuangan (UBP), Karawang, Senin (3/9/2018).

---

Jika mahasiswa demo mendukung pemerintah, atau memuji-muji pemerintah, termasuk politik praktis ndak? Termasuk netral ndak?
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di