alexa-tracking

Impor Kondom Cuma Rp62 Miliar, Tapi Dibatasi Pemerintah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9b9ab614088d61668b4572/impor-kondom-cuma-rp62-miliar-tapi-dibatasi-pemerintah
Impor Kondom Cuma Rp62 Miliar, Tapi Dibatasi Pemerintah
Tarif Baru PPh Impor Berlaku Hari Ini, Pengusaha Ritel Masih Resah

Bisnis.com, JAKARTA -- Perubahan tarif PPh pasal 22 Impor atas sejumlah item barang yang diatur Peraturan Menteri Keuangan (PMK)No.110/PMK.010/2018 mulai berlaku hari ini, Kamis 13 September 2018 pukul 00.01 WIB. Peraturan tersebut menuai polemik karena dianggap memberatkan terutama bagi sektor ritel.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Tutum Rahanta kebijakan penaikan PPh impor bagaikan dentuman badai yang bertubi-tubi. Pelemahan rupiah ditambah aturan baru penaikan PPh Impor membuat mau tidak mau barang pasti naik.

"Satu hal yang kita bisa jawab ritel barang pasti naik, hanya kapannya yang disiapkan peritel, mereka memeiliki beberapa importir walau produk banyak, ada tingkatannya masing-masing, sehingga saat ini peritel saling mengintip ini akan berbahaya di tengah kondisi daya beli belum terlalu pulih," jelasnya, Rabu (12/9/2018).

Menurutnya saat ini para peritel tengah waspada untuk menaikkan harga barang ritelnya dan saling menunggu satu sama lain siapa yang akan menaikkan harga terlebih dulu.

Menurutnya, dari 1.147 barang impor yang dinaikkan PPh-nya terdapat barang yang masih belum ada substitusinya di dalam negeri, sehingga bagaimana pun barang tersebut akan tetap dijual dan dibeli konsumen.

"Diantara 1.147 barang itu ada yang kitaa tidak produksi dalam negeri, itu mau tidak mau naik [harganya]. Berapapun orang tetap harus beli, kecuali ada subsitiusi lokalnya," paparnya.

Lebih lanjut dia menilai, jika PPh impor sudah naik sementara peritel akhirnya tetap mengambil barang impor untuk dijual berarti permasalahannya ada di sektor industri yang tidak mampu menyediakan substitusi.

Dia pun menerangkan, bagaimana pun para peritel memiliki batas sampai pada akhirnya mereka menaikkan harga, batas yang dimaksud adalah ketika stok yang mereka miliki menipis dan habis. Dengan demikian, Tutum berharap dalam jangka pendek terdapat sentimen positif dari rupiah yang menemukan keseimbangan baru.

"Batas kami sampai habis stok, kami tidak peduli nilai tukar [mau sampai berapapun], tapi kami tidak bisa kalau terus berfluktuasi seperti saat ini. Kami harapkan dapat titik keseimbangan baru, kita lihat waktu orde baru dari Rp2.000 sampai ke Rp10.000 [per dolar AS], pengusaha akan menyesuaikan pendapatan mereka," terangnya.

Tutum pun mengkhawatirkan kemunculan pasar gelap dari aktivitas dagang elektronik sebagai dampak kenaikan PPh impor. Sebab menurutnya, konsumen tidak begitu memperdulikan darimana barang itu berasal, yang terpenting bagi konsumen adalah barang tersebut berkualitas baik dan harganya terjangkau.

http://m.bisnis.com/amp/read/20180913/12/837778/tarif-baru-pph-impor-berlaku-hari-ini-pengusaha-ritel-masih-resah




Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah memberlakukan tarif Pajak Penghasilan (PPh) impor baru terhadap sejumlah barang konsumsi. Salah satunya adalah kondom yang kini dikenakan PPh sebesar 10 persen.

Pengenaan tarif baru tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 110 Tahun 2018 tentang Pemungutan Pajak Penghasilan Pasal 22 Sehubungan dengan Pembayaran Atas Penyerahan Barang dan Kegiatan di Bidang Impor atau Kegiatan Usaha di Bidang Lain yang berlaku mulai pekan lalu.

Kendati demikian, impor kondom sebenarnya masih terbilang minim dibandingkan total impor Indonesia.


Lihat juga: Tasbih, Mobil Jenazah, Hingga Kondom Kena Pembatasan Impor

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), impor Kondom sejak awal tahun hingga Juli 2018 mencapai senilai US$4,44 miliar atau sekitar Rp62 miliar (asumsi kurs Rp14 ribu per dolar AS). Sedangkan sepanjang tahun lalu, impor kondom mencapai US$6,44 miliar atau sekitar Rp86 miliar (asumsi kurs Rp13.400 per dolar AS)

Kendati impor, Indonesia sebenarnya juga mengekspor kondom, meski angkanya masih minim. Sepanjang tahun ini, ekspor kondom tercatat sebanyak US$271 ribu atau sekitar Rp3,8 miliar.

Selain kondom, Pemerintah juga mengenakan tarif pajak impor baru, antara lain pada produk tasbih dan mobil jenazah sebesar 10 persen, hingga bakso dan sosis masing-masing 7,5 persen.

Lihat juga: Daftar Kenaikan Pajak 1.147 Barang Impor

Sebanyak 1.147 jenis barang juga mengalami kenaikan tarif bervariasi antara 2,5 persen hingga 7,5 persen.

Secara akumulatif, hingga Juli 2018, Indonesia mencatatkan impor mencapai US$107,32 miliar. Sedangkan ekspornya hanya mencapai US$104,24 miliar sehingga timbul defisit perdagangan US$3,08 miliar. (agi/bir)


https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20180910155223-92-329188/impor-kondom-cuma-rp62-miliar-tapi-dibatasi-pemerintah

https://m.kaskus.co.id/thread/5b9b6c3dd675d4dc1e8b4582/darmin-janji-penundaan-proyek-infrastruktur-tak-ganggu-rakyat


dia yg menghambur2kan devisa buat pencitraan eh rakyat yg di suruh menderita dan dipalak pajak emoticon-Najis (S) emoticon-fuck3
Mendingan pemerintah bikin pabrik kondom banyak-banyak. Toh bahan mentahnya banyak yang berasal dari kita.
Quote:


jaminan kwalitasnya gimana braayyy, bocor gede urusannya
KASKUS Ads
Quote:


Soal kualitas bisa diatur pakai standar.
image-url-apps
Kondom harusnya dibikin murah eh malah tambah mahal emoticon-Hammer2
image-url-apps
pake kresek aja, lebih berasa ada getarannya
image-url-apps

Ana rasa penggunaan kondom bisa ditekan bila pendidikan agama lebih diperkuat sejak dini, kalau sudah halal buat apalagi pakai kondom
Dan pemerintah harus bisa membasmi habis prostitusi agar para laki laki ga punya ruang gerak untuk berbuat aneh aneh lagi dan ini juga bisa membantu mengurangi tingkat konsumsi kondom
bule amerika paling jorok dalam penggunaan kondom
Banyak Orang Amerika Gunakan Kondom Bekas Berulang Kali dalam Seks
https://www.kaskus.co.id/thread/5b68...ali-dalam-seks
emoticon-Najis
image-url-apps
mana ensk sih ng*w*k pake kondom
cmiiw seinget gw pabrik kondom di jabar itu terbesar di asia tenggara. anggap aja proteksi.
image-url-apps
Muehehehehe......

Kampret ternyata munafik....kondom dikurangi importnya malah nyinyir.....

Astagfirullah emoticon-Smilie
Quote:


bukan nyinyir kondomnya blog, tapi pajaknya..bloon lu
image-url-apps
Quote:


emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


Astagfirullah......

Pajak dari barang Haram...adalah haram..... emoticon-Nyepi


Nauzdubillah...jauhkanlah ane darinpara kampret yg terkutuk...amienn
Quote:


tytyd nazbungg minik, kondom nya bakalan kendor waktu di pake emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


yang sudah halal pun sebisa mungkin pakai kondom. Percuma juga kalo punya anak banyak tapi gabisa ngidupin. akhirnya jadi miskiner pengonsumsi subsidi negara.
Quote:


Lu gimana si, impor banyak, nyinyir, percobaan pembatasan impor dengan penerapan pajak impor, nyinyir juga. Jadi kudu piye jum?
ga baca berita blog? banyak yg belom ada subtitusinya jg dibatasi impornya, malah dikenain pajak lagi..itu bukan meres ya blog? tolol lu
×