alexa-tracking

[KESEHATAN] Hati-hati, Tahan Kentut Malah Bikin Gas Busuk Keluar Lewat Mulut

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9b80bfdbd770b54a8b457d/kesehatan-hati-hati-tahan-kentut-malah-bikin-gas-busuk-keluar-lewat-mulut
[KESEHATAN] Hati-hati, Tahan Kentut Malah Bikin Gas Busuk Keluar Lewat Mulut
Kentut itu sebetulnya sehat dan memang diciptakan untuk ada. Tapi kalau kita kentut di muka umum kan bisa jadi bikin malu diri sendiri ya? Maka kalau sampai nih, nggak sengaja kentut, pasti nggak mau ngaku. Iya kan?

Saya yakin hampir setiap orang seperti ini. Bahkan saat seseorang kentut di muka umum, ia akan dianggap lucu atau aneh atau bahkan menjijikkan. Nggak heran sih, maka sebagian besar orang akan berusaha untuk menahan kentut sebisa mungkin.

Tapi hati-hati ya, ternyata menahan kentut itu nggak baik menurut aturan kesehatan. Para pakar mengatakan kalau kentut ditahan, maka gas yang seharusnya harus keluar akan kembali berputar di seluruh tubuh dan akan keluar lewat jalur yang bisa jadi bikin kaget. Salah satunya adalah lewat mulut kita. Uh, bau kan?

Clare Collins, seorang profesor yang ahli dalam bidang nutrisi dan diet dari Universitas Newcastle di New South Wales, Australia menjelaskan mengenai apa itu kentut dan yang akan terjadi kalau ditahan.

Dia berkata, "Kalau suatu kali kamu merasa ada dorongan gas yang rasanya terlalu besar di dalam pencernaan dan siap untuk keluar, cobalah untuk cari dan pindah ke tempat yang lebih nyaman. Entah nanti setelah pindah kamu jadi atau tidak jadi kentut, hal yang paling baik untuk dilakukan adalah membiarkan kentut itu keluar."

[KESEHATAN] Hati-hati, Tahan Kentut Malah Bikin Gas Busuk Keluar Lewat Mulut

"Gas di dalam pencernaan yang terbentuk bisa memicu penggelembungan perut. Jadi gas itu akan diserap kembali ke dalam sirkulasi tubuh dan terhirup masuk ke dalam nafas. Menahan kentut terlalu lama akan menumpuk gas pencernaan semakin besar dan mengakibatkan kentut yang tidak bisa dikontrol. Menahan kentut juga dapat mengakibatkan gangguan fungsi usus, dimana kantong kecil akan terbentuk dan kemudian meradang."

Kalau kesehatan seseorang baik-baik saja, seharusnya rata-rata kentut sehari akan terjadi 15 kali. Jadi usahakan jangan tahan kentut. Lebih baik cari tempat yang nggak akan bikin orang lain terganggu dengan baunya.

Daripada nanti yang terjadi malah justru bikin kesehatan kita buruk, lebih baik sedikit usaha untuk pindah sebentar kan? Yah, kecuali kalau kamu tipe orang yang tebal muka dan nggak malu untuk kentut sembarangan, silakan aja sih. Nggak ada undang-undang yang melarang kentut. Haha. (Cuma tahu diri aja ya, apalagi kalau kentutmu bau.)
emoticon-Wakaka

Diadaptasi dari:
https://www.mirror.co.uk/news/weird-news/how-holding-fart-could-cause-13225467
×