alexa-tracking

Debat capres dalam bahasa Inggris langgar undang-undang

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9b7a75d44f9f170d8b4570/debat-capres-dalam-bahasa-inggris-langgar-undang-undang
Debat capres dalam bahasa Inggris langgar undang-undang
Debat capres dalam bahasa Inggris langgar undang-undang
Ketua DPP PAN Yandri Susanto (kanan) mendampingi Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di rumah Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, Jumat (7/9/2018). Yandri mengusulkan debat capres digelar memakai Bahasa Inggris.
Kubu pengusung Calon Presiden (Capres) Prabowo-Sandiaga mengusulkan debat capres menggunakan bahasa Inggris. Usulan ini ditentang dan dinilai melanggar undang-undang.

Ketua DPP PAN Yandri Susanto menilai usulan itu bisa menjadi pertimbangan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Alasannya, penggunaan bahasa Inggris penting buat pemimpin negara. Pemimpin akan bergaul dan berbicara di dunia internasional.

"Karena presiden bergaul di dunia internasional, supaya tidak ada miss komunikasi dan salah tafsir dari lawan bicara, ya memang penting juga calon presiden matang dalam menguasai bahasa luar, dari bahasa Indonesia itu," ucap Ketua DPP PAN, Yandri Susanto usai rapat di Posko Pemenangan PAN, di Jakarta Selatan, Kamis (13/9/2018) seperti dikutip dari merdeka.com.

PAN, bersama Gerindra, PKS, dan Partai Demokrat adalah pengusung pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Sandiaga dalam Pilpres 2019.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding menolak usul itu. Karding mengatakan kubu Prabowo-Sandi kehabisan bahan kampanye sehingga mengusulkan debat capres dan cawapres menggunakan bahasa Inggris.

Menurutnya, usulan itu tidak sesuai dengan ketentuan Undang-Undang. "Debat presiden ya pakai bahasa Indonesia. Kenapa? Karena itu ukuran menurut Undang-Undang," ujar Sekretaris Jenderal PKB itu kepada CNN Indonesia, Jumat (14/9/2018).

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 23/2018 tentang Kampanye Pemilu tidak ada pasal yang menyebut debat harus menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa lain. Pasal 48, 49, dan 50, yang mengatur soal debat hanya menjabarkan soal mekanisme debat.

Pasal 48 mengatur soal penyelenggaraan debat sebanyak 5 kali, beserta penyiarannya di media massa. Pasal 49 menyoal tentang moderator, peserta, dan materi debat.

Pasal 50 membahas mekanisme sanksi jika pasangan capres-cawapres menolak debat, dan alasan yang diizinkan untuk menolak ikut debat.

Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani menilai, usulan debat pakai bahasa Inggris itu hanya usul genit. "Tidak usahlah genit dengan usul yang aneh-aneh," kata Arsul, Jumat (14/9/2018) seperti dikutip dari CNN Indonesia. PKB dan PPP adalah dua dari tujuh partai politik pengusung Jokowi-Ma'ruf.

Arsul mengatakan Jokowi-Ma'ruf siap dan tak keberatan berdebat dalam Bahasa Inggris. Tapi mekanisme debat dalam bahasa Indonesia sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara.

Pasal 32 ayat 1 aturan itu menyebut,

Bahasa Indonesia wajib digunakan dalam forum yang bersifat nasional atau forum yang bersifat internasional di Indonesia.

Peraturan tersebut, kata Arsul, telah menjadi pedoman bagi KPU dalam menerapkan format debat menggunakan bahasa Indonesia bagi kandidat capres dan cawapres di Pilpres 2019 mendatang

Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Indria Samego menilai, debat capres pakai bahasa Inggris tidak ada hubungannya dengan mencari sosok pemimpin untuk negeri ini.

"Debat pakai bahasa asing, gak ada hubungan positif dengan kepemimpinan. Usulan yang ngawur itu," ujar Indria Samego kepada Tribunnews.com, Jumat (14/9/2018).

KPU, hingga kini belum tertarik menggubah format debat capres. Menurut Anggota KPU Pramono Ubaid Tanthowi, format debat dalam Peraturan KPU itu sudah sangat mantap.
Debat capres dalam bahasa Inggris langgar undang-undang


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-undang-undang

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Debat capres dalam bahasa Inggris langgar undang-undang Pembelaan Syafruddin Temenggung dan tuduhan ke KPK

- Debat capres dalam bahasa Inggris langgar undang-undang Suu Kyi izinkan dua jurnalis Reuters ajukan banding

- Debat capres dalam bahasa Inggris langgar undang-undang Google larang iklan politik dalam Pemilu 2019

×