alexa-tracking

Setya Novanto Mengklaim Mengantongi Data Pembobol Century

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9b745b54c07ad91b8b4582/setya-novanto-mengklaim-mengantongi-data-pembobol-century
Setya Novanto Mengklaim Mengantongi Data Pembobol Century
Setya Novanto Mengklaim Mengantongi Data Pembobol Century

Jakarta: Mantan Ketua DPR RI Setya Novanto mengaku siap membantu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membongkar skandal Bank Century yang kembali muncul ke permukaan. Ia mengklaim memiliki data kuat untuk mengungkap peran-peran tersangka lainnya dalam kasus tersebut.  


Novanto mengatakan, saat kasus Century bergulir, ia menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar di DPR. Lantas, saat DPR membentuk panitia khusus (Pansus) Hak Angket Century, ia menunjuk Idrus Marham untuk menjadi ketua Pansus.


'Karena dulu yang kita tunjuk kan ketuanya Pak Idrus Marham dan saya suruh fraksi-fraksi, sehingga bisa memberikan suatu rekomendasi yang baik kepada KPK,' ungkap Novanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 14 September 2018.


Ia menilai, kasus Century sepatutnya diselesaikan. Karena itu, ia siap membantu lembaga antikorupsi untuk menyelesaikan perkara tersebut.


'Jadi itu memang harus dituntaskan masalah Century dan saya siap bantu KPK. Kalau KPK memerlukan (bantuan), saya siap bantu,' ujar dia. 


Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu mengklaim data dan fakta yang ia miliki, akurat dan bisa membantu KPK menuntaskan kasus tersebut. Namun demikian, ia belum mau membeberkan data tersebut ke publik.


Skandal Bank Century kembali menyeruak ke publik pasca media daring Asia Sentinel merilis laporan investigasi berjudul 'Indonesia's SBY Government: Vast Criminal Conspiracy'. Dalam laporannya, Asia Sentinel menyebut ada pencurian uang negara hingga US$12 miliar melalui perbankan internasional.


(Baca juga: KPK tak Berhenti Usut Nama Besar di Kasus Century)


Laporan investigasi itu juga memaparkan ada 30 pejabat negara yang ikut dalam skema jahat tersebut, termasuk Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono. Asia Sentinel juga menyebut Bank Century sebagai 'Bank SBY' untuk menggambarkan adanya konspirasi seputar pendiran dan kebangkrutan Bank Century.


KPK mengaku masih terus mengusut kasus dugaan korupsi Bank Century. Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengaku, pihaknya telah melakukan gelar perkara atas perkara yang lebih dulu menjerat mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia Bidang IV Pengelolaan Moneter dan Devisa Budi Mulya.


Kendati begitu, pihaknya tetap berhati-hati dalam menangani perkara Century. KPK memastikan bakal berjalan di koridor hukum dan tidak akan terpengaruh dengan hasil investigasi tersebut.


Dalam perkara ini, baru Budi Mulya yang dijebloskan ke bui. Ia dihukum majelis hakim Mahkamah Agung selama 15 tahun penjara.


Sementara, dalam dakwaan Jaksa KPK di tingkat pertama Budi Mulya selaku Deputi Gubernur Bank Indonesia Bidang IV Pengelolaan Moneter dan Devisa didakwa memperkaya diri sebesar Rp1 miliar dari pemberian FPJP Bank Century dan atas penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik.


Dia juga diduga menyalahgunakan wewenang secara bersama-sama dengan pejabat Bank Indonesia. ‎Dalam dugaan korupsi pemberian FPJP Century, Budi Mulya didakwa bersama-sama dengan Boediono selaku Gubernur BI, Miranda S Goeltom selaku Deputi Senior BI, Siti Fadjriah selaku Deputi Gubernur Bidang VI, Budi Rochadi selaku Deputi Gubernur Bidang VII, Robert Tantular, dan Harmanus H Muslim.


Budi Mulya juga didakwa bersama-sama dengan Muliaman D Hadad selaku Deputi Gubernur Bidang V, Hartadi A Sarwono selaku Deputi Gubernur Bidang III, Ardhayadi M selaku Deputi Gubernur Bidang VIII, dan Raden Pardede selaku Sekretaris KSSK.


(Baca juga: Misbakhun Sebut Artikel Asia Sinintel Sesuai dengan Investigasi BPK)



Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/0K...mbobol-century

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Setya Novanto Mengklaim Mengantongi Data Pembobol Century PKS Minta KPK Lihat Fakta Hukum Tanggapi Artikel Asia Sentinel

- Setya Novanto Mengklaim Mengantongi Data Pembobol Century Maruarar Minta Penyelesaian Kasus Century Dituntaskan

- Setya Novanto Mengklaim Mengantongi Data Pembobol Century Demokrat Geram SBY Disebut Dalang Konspirasi Century

image-url-apps
Ayo pak bakpo bongkar smuaaaa..
Kali ini ane mau dukung pak bakpao aja ah.. spy smua kebongkar rata.

emoticon-Malu
*rata kelar nih politik indo klo dibongkar smua, nasbung/nastak dijamin bingung mau ngebela mana*
image-url-apps
wait n see aja ah
×