alexa-tracking

Performa Rupiah Terburuk di Asia Tenggara

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9b4b43d675d45e038b4569/performa-rupiah-terburuk-di-asia-tenggara
Performa Rupiah Terburuk di Asia Tenggara
Jakarta (RIAUPOS.CO) - Meski tidak masuk negara yang rentan krisis, namun mata uang rupiah memiliki kinerja terburuk dibandingkan mata uang negara-negara Asia Tenggara lainnya. Dilansir dari Bloomberg, pada 2018, rupiah turun hampir 9 persen di atas Filipina, Vietnam, Malaysia dan Thailand.

Berdasarkan data Bloomberg, posisi rupiah paling dalam mengalami pelemahan hingga 8,8 persen, peso 7,6 persen, ringgit 2,5 persen, Vietnam 2,5 persen dan baht 0,7 persen.

Hal ini menjadi pukulan telak bagi Presiden Joko Widodo. Menguatnya dolar Amerika Serikat (AS) lalu direspon oleh Bank Indonesia yang kemudian menaikkan suku bunga acuannya.

Sementara dari sisi fiskal, pemerintah melakukan upaya penyusutan defisit neraca perdagangan dari 2,1 persen terhadap PDB menjadi 1,85 persen. Akan tetapi, arus modal yang masuk dalam bentuk mata uang pada akhirnya ditentukan oleh daya tarik negara sebagai tujuan investasi jangka panjang.

Bloomberg menulis pada indeks itu, Indonesia memiliki skor yang sangat buruk. Ini tercermin dari investasi asing pada kuartal kedua yang mengalami kontraksi 12,9 persen dari tahun sebelumnya.

Penurunan pertama investasi setidaknya terjadi sejak 2011, yang menempatkan Indonesia di peringkat akhir dibandingkan negara tetangga di Asia Tenggara.

Di sisi lain, Indonesia juga menutup pintu dari Cina. Padahal atas program One Belt One Road (OBOR) memicu manufaktur besar-besaran di Vietnam. Satu-satunya kerja sama strategis Indonesia dengan Cina adalah proyek kereta cepat Jakarta-Bandung senilai 5,9 miliar dolar AS.

Dana proyek infrastrukturnya yang berjumlah Rp 4.800 triliun (323 miliar dolar AS) dibiayai dari berbagai macam instrumen. Bloomberg menyebut, sejak Jokowi mulai menjabat pada Oktober 2014, jumlah obligasi pemerintah lokal yang beredar hampir dua kali lipat menjadi Rp2,274 triliun dan hampir 40 persen dari yang dimiliki oleh orang asing.

Sehingga, ketika pasar negara berkembang berada dalam gejolak, manajer dana global baik menjual kepemilikan mereka atau melindungi risiko mata uang mereka ke depan yang tentunya kedua hal ini akan menekan rupiah. “Dalam membelanjakan investasi langsung asing yang lebih stabil, negara ini merayu investor dengan uang portofolio panas,” tulis Bloomberg, Kamis (13/9).

“Mungkin sudah terlambat untuk kembali. Jendela untuk booming konstruksi luar negeri (dari, red) Cina tampaknya akan ditutup. Pada kuartal kedua, pertumbuhan pendapatan konstruksi infrastruktur keluar Cina melambat menjadi hanya 0,3 persen, dari 5,8 persen tahun lalu. Krisis utang baru-baru ini di antara teman-teman lama di Beijing di Argentina, Venezuela, dan Pakistan dapat lebih jauh menyerap uang Cina,” katanya.(uji/jpg)


http://www.riaupos.co/189174-berita-performa-rupiah-terburuk-di-asia-tenggara.html


http://jabar.tribunnews.com/2018/09/14/cerita-pengusaha-kerupuk-melarat-yang-merasa-melarat-ini-gara-garanya

https://kumparan.com/@kumparanbisnis/pengusaha-tarif-baru-pajak-impor-pasti-naikkan-harga-barang-1536896693012659043


Kapan krisis?
ayo dibeli dollarnya. emoticon-Wowcantik
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:
image-url-apps
Harga harga sudah pindah harga itulah krisis namanya
Quote:


ngetik aje belepotan lo, makan apa hari ini? emoticon-Leh Uga
udah ditargetkan sama mba sri, mentok akhir tahun 14.400
image-url-apps
Trus si prabocol gemana tuh? 10 tahun kalah pilpres, terburuk sepanjang masa hehehe
klo harga naik, yaa.. tp klo krisis belum deh..
masih byk yg ngiblat k jaman krismon dlu, dolar nyentuh 15k lgsg d bilg krisis..
klo ada org kaya mndadak miskin, ato yg punya rumah, mobil/motor ampe d jual2n semuanya gegara dolar naek dan gk bisa makan, baru dah krisis itu namanya..
Berapapun nilainya tinggi atau rendah asal stabil ga apa.
Sehingga bisa diperhitungkan dalam perkiraan transaksi.
image-url-apps
Quote:


ngetik Nastak goublok
image-url-apps
Baik utk negara
Performa Rupiah Terburuk di Asia Tenggara

























































Rezim dunguemoticon-Ngakak
bolehlah... emoticon-Hai
Quote:


nasi bungkus karet 2 emoticon-Toast emoticon-Toast
image-url-apps
Sejauh ini Indonesia masih kuatlah nahan badai dari luar, cukup stabil di angka 13-15. lebih dari itu gatau 2019 pilih siapa.
riau ternasuk mahasiswanya emang antek2 prabowo ....jadi ridak aneh-lah ..... iriau termasuk propinsi terkorup
1$ = Rp. 15.000

September meroket

emoticon-Wow
Quote:


kenapa harganya masih segitu-segitu aja? katanya pemerintah gagal? kok ga kayak di turki, argen atau venezuela? emoticon-Leh Uga
Reply to okeoce's post
Quote:


MEGATRON JUGA SAMA pa lagi si MEGATRON NGAMBEK 10 TAHUN AMA BEYE emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Quote:



idup di utan njenk? kl harus ky turki ato venezuela mah ga ush nunggu pilpres taon depan, kodok pasti udh diturunin paksa


https://republika.co.id/berita/ekonomi/korporasi/18/09/04/peje56383-aprindo-produk-elektronik-paling-terdampak-pelemahan-rupiah


https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4191597/harga-laptop-naik-hingga-rp-300000-tiap-kali-dolar-as-ngamuk


https://www.cnbcindonesia.com/news/20180909113611-4-32359/pph-22-naik-asus-umumkan-kenaikan-harga-laptop-pekan-depan


https://economy.okezone.com/read/2018/09/08/320/1947935/dolar-as-mahal-harga-laptop-dan-kamera-naik-hingga-rp400-000


http://www.netralnews.com/news/ekonomimikro/read/154709/harga-kebutuhan-pokok-dapur-mulai-naik


http://jabar.tribunnews.com/2018/09/11/imbas-rupiah-melemah-berdampak-ke-pengusaha-bakso-ilham-terpaksa-naikkan-harga
×