alexa-tracking

Jadi Tren Edutour, 7 Peternakan Ini Wajib Dikunjungi Kala Liburan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9b43f1620881f41c8b4595/jadi-tren-edutour-7-peternakan-ini-wajib-dikunjungi-kala-liburan
Jadi Tren Edutour, 7 Peternakan Ini Wajib Dikunjungi Kala Liburan
Jadi Tren Edutour, 7 Peternakan Ini Wajib Dikunjungi Kala Liburan

Dewasa ini, tren edutour atau educational tour semakin diminati oleh masyarakat khususnya anak-anak dan remaja. Selain untuk mengisi waktu libur, mereka juga akan mendapatkan ilmu baru melalui berbagai kegiatan bermain sambil belajar dan praktik.

Salah satu konsep edutour adalah berkunjung ke peternakan sapi atau kambing dan pabrik pengolahan susu. Kegiatan ini sangat diminati karena mayoritas anak-anak menyukai susu sapi dan ingin tahu bagaimana proses pembuatannya, mulai dari pemerahan susu hingga pengemasannya menjadi susu siap minum.

Di Indonesia, setidaknya ada 7 peternakan sapi dan kambing yang dibuka sebagai tempat wisata dengan konsep edutour. Di mana saja?


1. Atjeh Livestock Farm, Aceh
Jadi Tren Edutour, 7 Peternakan Ini Wajib Dikunjungi Kala Liburan
Atjeh Livetsock Farm merupakan peternakan kambing perah yang terletak di wilayah Meunasah Papeun, Krueng Barona Jaya, Aceh Besar dan tidak jauh dari Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Peternakan yang berdiri sejak tahun 2010 ini memiliki ratusan kambing ettawa (kambing bertelinga panjang hasil persilangan kambing lokal dengan kambing India) yang siap diperah susunya setiap hari.

Pengunjung akan mendapatkan penjelasan tentang perawatan hewan ternak dan berjalan-jalan di sekitar kandang yang terlihat cukup bersih dan terawat. Kemudian, mereka akan diajak untuk memerah susu secara langsung dengan didampingi oleh pendamping atau karyawan di sana. Susu pun dapat diminum secara langsung tanpa campuran apapun (susu murni) tetapi pengunjung harus membayarnya. Tenang saja, harganya ramah di kantong kok!


2. Villa Ternak Cikerai, Cilegon
Jadi Tren Edutour, 7 Peternakan Ini Wajib Dikunjungi Kala Liburan
Siapa sangka jika Cilegon yang identik dengan kota industri memiliki peternakan yang ramai dikunjungi wisawatan. Villa Ternak Cikerei namanya. Terletak di wilayah perbukitan atau tepatnya di Kampung Pasir Angin, Desa Cikerai, Kecamatan Cibeber yang berjarak sekitar 8 KM dari Jalan Lingkar Selatan Cilegon.

Berdiri pada tahun 2017, Villa Ternak Cikerei menawarkan kepada wisatawan wisatawan, khususnya anak-anak, berbagai kegiatan peternakan seperti memberi makan hewan ternak dan memerah susu. Hewan ternaknya pun tidak hanya kambing dan sapi, tetapi juga ada domba, kuda, ayam kalkun, burung dara, kelinci, dan lele. Selain itu juga ada kegiatan pertanian seperti menanam atau memanen sayuran organik. Tertarik berkunjung ke sini?


3. Cibubur Garden Dairy (Cibugary), Pondok Ranggon, Jakarta Timur
Jadi Tren Edutour, 7 Peternakan Ini Wajib Dikunjungi Kala Liburan
Pasti banyak yang tidak percaya jika di wilayah Jakarta terdapat peternakan sapi. Hal ini dikarenakan sebagian orang mengira peternakan sapi, apalagi sapi perah, hanya terletak di wilayah yang sejuk atau lereng gunung dan perbukitan.

Cibubur Garden Dairy atau disingkat Cibugary terletak di Komplek Peternakan DKI Blok C No.1 Rt 01 Rw 02 Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur. Saung-saung kecil bergaya tradisional terlihat menghiasi kawasan tersebut. Tak jauh dari saung, terdapat toko yang berisi jajaran lemari es berisi yogurt berbagai rasa yang merupakan produksi asli dari peternakan tersebut.

Setiap hari, seekor sapi di Cibugary mampu memproduksi 10 – 15 liter susu yang sebagian akan diolah sendiri oleh pihak peternakan dan sebagian lainnya dikirim ke pabrik susu di sekitar Jakarta.

Peternakan ini menerima kunjungan untuk keluarga dan siswa TK, SD, SMP, dan SMA setiap hari. Pengunjung dapat memilih beberapa paket yang ditawarkan, mulai dari Rp35.000,00 per orang hingga Rp65.000,00 per orang dengan fasilitas berupa susu pasteurisasi, yogurt, goodybag, dan pengetahuan tentang budi daya ternak sapi hingga praktik memerah susu serta minum susu bersama. Seru bukan?


4. Eduwisata Prof. Dr. J. H. Hutasoit, Baturraden, Banyumas
Jadi Tren Edutour, 7 Peternakan Ini Wajib Dikunjungi Kala Liburan
Peternakan sapi perah yang dikenal dengan nama Eduwisata Prof. Dr. J. H. Hutasoit ini berada di bawah binaan Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTUHPT), Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah atau sekitar 14 km ke arah utara Purwokerto.

Eduwisata ini dibuka untuk masyarakat umum, mulai dari siswa PAUD, TK, SD, SMP, SMA, mahasiswa dan siapapun yang ingin belajar tentang peternakan sapi perah. Para instruktur dan peternak profesional terlihat siaga mengajari pengunjung cara merawat sapi perah, memerah dan mengolah susu sapi tersebut hingga siap minum, serta mengolah kotoran sapi menjadi pupuk dan biogas.

Pengunjung juga dapat menikmati susu sapi dan kambing murni di beberapa outlet yang tersedia di area eduwisata tersebut. Selain itu juga ada susu kefir yang sering digunakan untuk perawatan kecantikan dengan harga terjangkau.


5. Agrowisata Sapi Perah Cepogo, Boyolali
Jadi Tren Edutour, 7 Peternakan Ini Wajib Dikunjungi Kala Liburan
Boyolali memang dikenal sebagai daerah penghasil susu sapi segar terbaik di Indonesia. Tak heran jika kedai kaki lima yang menjual susu sapi segar menjamur di wilayah ini, bahkan hingga Solo, Karanganyar, dan Sukoharjo. Selain karena kualitasnya yang bagus, produksi susu setiap harinya pun sangat banyak sehingga harganya juga sangat terjangkau.

Agrowisata Sapi Perah Cepogo terletak di Desa Cepogo, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Wilayahnya yang berada di dataran tinggi menjadikan udara di sekitarnya terasa sejuk. Di daerah tersebut terdapat banyak peternakan yang dikelola masyarakat. Pengunjung dapat berinteraksi dengan para peternak secara langsung dan diperkenankan memberi makan, membersihkan kandang, memerah susu sapi, hingga memandikan sapi. Seru banget kan?


6. Kampung Sapi Adventure, Kota Batu
Jadi Tren Edutour, 7 Peternakan Ini Wajib Dikunjungi Kala Liburan
Jauh sebelum berdirinya Jatim Park, Batu Secret Zoo, Eco Green Park, dan Museum Angkut, Kota Batu lebih dulu dikenal sebagai salah satu wilayah produksi susu sapi terbaik di Jawa Timur. Tak heran ketika Kota Batu gencar membangun tempat wisata, industri peternakan sapi perah pun turut dijadikan wahana edukasi untuk masyarakat umum.

Kampung Sapi Adventure adalah salah satunya. Lokasinya berada di Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Tiket masuk untuk menjelajahinya sebesar Rp10.000,00 rupiah tanpa tour guide dan Rp25.000,00 dengan didampingi tour guide.

Selain belajar memberi makan dan memerah susu sapi, pengunjung juga dapat bermain di area outbond dan bermain dengan kelinci di taman kelinci. Pada akhir penjelajahan, setiap pengunjung akan mendapatkan susu sapi segar yang diperah langsung dari peternakan tersebut.


7. Milkindo Green Farm, Kepanjen, Malang
Jadi Tren Edutour, 7 Peternakan Ini Wajib Dikunjungi Kala Liburan
Sekitar satu jam ke arah selatan dari Kampung Sapi Adventure juga terdapat wahana edutour peternakan sapi perah bernama Milkindo Green Farm di bawah naungan CV Milkindo Berka Abadi. Peternakan tersebut sudah ada sejak tahun 1984, sedangkan wahana edutour baru dibuka sekitar tahun 2012.

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp10.000,00 per orang, pengunjung dapat menikmati playground, taman kelinci, spot selfie, dan satu botol susu sapi. Apabila ingin menikmati edutour secara lengkap, pengunjung harus melakukan reservasi group minimal 10 orang dengan biaya Rp20.000,00 per orang.

Dalam rangkaian group tour, pengunjung akan diajak memberi makan sapi, memerah susu, mengamati pembuatan pupuk organik, dan mendapatkan satu botol susu sapi segar. Selain itu juga ada wahana menunggang kuda, kereta mini, dan memancing di kolam lele dengan biaya tambahan.

Itulah beberapa referensi peternakan edutour bagi anak-anak yang bisa dikunjungi saat weekend atau di liburan sekolah. Tertarik untuk mengunjunginya?


Sumber : https://www.idntimes.comtravel/desti...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Jadi Tren Edutour, 7 Peternakan Ini Wajib Dikunjungi Kala Liburan 6 Potret Pesona Telaga Nirwana Surga Tersembunyi di Pulau Rote

- Jadi Tren Edutour, 7 Peternakan Ini Wajib Dikunjungi Kala Liburan 5 Destinasi Belanja di New York yang Wajib Dikunjungi Para Shopaholic

- Jadi Tren Edutour, 7 Peternakan Ini Wajib Dikunjungi Kala Liburan Main ke Sumatera Barat Jangan Lupa Kunjungi 10 Situs Bersejarah Ini

×