alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Terbantukah Kehidupan Manusia Dengan Menggunakan Internet Of Thing?
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9b30cad44f9f684e8b4567/terbantukah-kehidupan-manusia-dengan-menggunakan-internet-of-thing

Terbantukah Kehidupan Manusia Dengan Menggunakan Internet Of Thing?

Halo agan sista emoticon-Smilie

Nggak tau hari ini kenapa ane lagi pengen nulis nih setelah lumayan lama vacum. Nah ada hal yang pengen ane ulas nih gan yaitu :

INTERNET OF THING

Terbantukah Kehidupan Manusia Dengan Menggunakan Internet Of Thing?


Awal awal ane masih bingung mendefinisikasikan apa sih IOT atau Internet Of Thing? ane cari cari di google malah terlalu teoritis kalo internet of thing ialah bla bla bla bla bla. Ane sebagai orang awam ya mana terlalu paham hal hal begituan kan. Nah setelah ane baca baca lagi ane nemuin titik terang (abis dapet hidayah). point dari IOT adalah semua alat alat yang membantu sebuah aktivitas manusia. bingung kan? ane juga bingung jelasinnya. 


Contohnya begini, GPS dalam mobil. Kita tanpa perlu kotak katik itu GPS dia udah ngasih tau kita kalo jalanan depan ada tabrakan, macet, dll. atau untuk sektor pertanian contohnya, suhu dan kualitas irigasi semua bisa ke detect sama computer. Itu lebih memudahkan agan bukan untuk menjalani hidup yang terkadang nggak adil ini? hehehehe.


Nah saat ini indonesia udah lumayan pesat lho gan. contohya, cctv lampu merah. (menurut TS lho ya. kalo salah minta maap sedalam dalamnya). konsepnya jadi begini lampu merah di jalan A mendeteksi kemacetan dan dari sensor itu langsung kirim sinyal ke server bahwa dijalan A macet. Dari server mengirim lagi tuh ke aplikasi aplikasi map lainnya. sehingga si pengendara akan langsung ter update mengenai kondisi jalanan.


Nah kalo yang ini ane kopas nih gan. 


Fitur Utama IoT

Fitur yang paling penting dari IoT termasuk kecerdasan buatan, konektivitas, sensor, keterlibatan aktif, dan penggunaan perangkat kecil. Tinjauan singkat dari fitur ini dapat dilihat dibawah ini.
  • AI − IoT pada dasarnya membuat hampir apa pun "Smart", berarti meningkatkan setiap aspek kehidupan dengan kekuatan pengumpulan data, algoritma kecerdasan buatan, dan jaringan. Ini bisa berarti sesuatu yang sederhana seperti meningkatkan lemari es dan lemari untuk mendeteksi ketika susu dan sereal favorit Anda berjalan rendah, dan kemudian menempatkan pesanan dengan toko kelontong Anda pilihan Anda.
  • Konektivitas − Teknologi yang memungkinkan untuk jaringan baru, dan jaringan khusus IoT, jaringan tidak lagi terikat secara eksklusif dengan penyedia utama. Jaringan bisa ada pada skala yang jauh lebih kecil dan lebih murah dan tentunya tetap praktis. IoT menciptakan jaringan kecil ini di antara perangkat sistemnya.
  • Sensor − IoT kehilangan keunikan tanpa sensor. Mereka bertindak sebagai mendefinisikan instrumen yang mengubah IoT dari jaringan pasif standar perangkat menjadi sistem aktif yang mampu integrasi dunia nyata.
  • Active Engagement − Sebagian besar interaksi hari ini dengan teknologi terhubung terjadi melalui keterlibatan pasif. IoT memperkenalkan paradigma baru untuk konten aktif, produk, atau keterlibatan layanan.
  • Perangkat − perangkat kecil / smalls device - Perangkat, seperti yang diperkirakan, telah menjadi lebih kecil, lebih murah, dan lebih kuat dari waktu ke waktu. IoT memanfaatkan perangkat kecil yang dibuat khusus untuk memberikan ketepatan, skalabilitas, dan fleksibilitasnya.


Manfaat dan Kelebihan IoT

Kelebihan dari rentang IoT di setiap bidang gaya hidup dan bisnis. Berikut adalah daftar beberapa keuntungan yang ditawarkan IoT -
  • Peningkatan Keterlibatan Pelanggan - Analisis saat ini menderita bintik-bintik buta dan kekurangan yang signifikan dalam akurasi; Dan seperti dicatat, pertunangan tetap pasif. IoT sepenuhnya mengubah ini untuk mencapai keterlibatan yang lebih kaya dan lebih efektif dengan pemirsa.
  • Optimalisasi Teknologi - Teknologi dan data yang sama yang meningkatkan pengalaman pelanggan juga meningkatkan penggunaan perangkat, dan membantu perbaikan teknologi yang lebih manjur. IoT membuka dunia data fungsional dan lapangan kritis.
  • Mengurangi Limbah - IoT membuat area perbaikan menjadi jelas. Analisis saat ini memberi kita wawasan yang dangkal, namun IoT menyediakan informasi dunia nyata yang mengarah pada pengelolaan sumber daya yang lebih efektif.
  • Enhanced Data Collection - Kumpulan data modern menderita keterbatasan dan disainnya untuk penggunaan pasif. IoT memecahnya dari ruang-ruang itu, dan menempatkannya persis di tempat manusia benar-benar ingin pergi untuk menganalisis dunia kita. Hal ini memungkinkan gambaran yang akurat tentang segala hal.

[size={defaultattr}]Meskipun IoT memberikan serangkaian manfaat yang mengesankan, namun juga menghadirkan serangkaian tantangan yang signifikan. Berikut adalah daftar beberapa masalah utamanya -[/size]
  • Keamanan - IoT menciptakan ekosistem perangkat yang terhubung secara konstan yang berkomunikasi melalui jaringan. Sistem ini menawarkan sedikit kontrol meski ada tindakan pengamanan. Ini membuat pengguna terpapar berbagai jenis penyerang.
  • Privasi - Kecanggihan IoT menyediakan data pribadi yang substansial secara ekstrem tanpa partisipasi aktif pengguna.
  • Kompleksitas - Beberapa menemukan sistem IoT rumit dalam hal desain, penyebaran, dan pemeliharaan mengingat penggunaan beberapa teknologi dan seperangkat teknologi baru yang memungkinkan.
  • Fleksibilitas - Banyak yang peduli dengan fleksibilitas sistem IoT agar mudah berintegrasi dengan yang lain. Mereka khawatir menemukan diri mereka dengan beberapa sistem yang bertentangan atau terkunci.
  • Kepatuhan - IoT, seperti teknologi lainnya di bidang bisnis, harus mematuhi peraturan. Kompleksitasnya membuat masalah kepatuhan tampak sangat menantang saat banyak orang mempertimbangkan kepatuhan perangkat lunak standar dalam sebuah pertempuran.



Mungkin sekian lah dari Ane, mungkin banyak banget kesalahan atas pendapat ane diatas. Disini ane sih mau Sharing aja ya kalo salah mohon dibenerin ya gan.

Ane sih nggak butuh yang namanya emoticon-Toast tapi ane butuh emoticon-Rate 5 Stardan emoticon-Big Kiss

Baca juga Thread ane https://www.kaskus.co.id/thread/5b9b...h-di-indonesia
Diubah oleh dendy182
jadi IoT ini bakal kayak JARVIS?
Membantu sih Pasti. Ada lebih banyak orang yg setuju dibandingkan kontra. Tapi dalam beberapa titik, semua orang akan menemukan kejenuhan. Ilustrasinya mudah. Bagaikan makan steak tenderloin yg welldone everyday. Enak dan ada rasa bangga karena makanan Mahal. Tapi tetep mau mencoba sate pinggir jalan sekali kali. Dan bahkan mungkin jauh dilubuk hatinya dia lebih suka sate pinggir jalan. Hanya gengsi yg membuatnya menjauhi sate emoticon-Cool
Balasan post kingndas
Quote:


ya bener si agan. nanti bakal ada jarvis jarvis baru nih
Balasan post kamuhajat21
Quote:


ya bener sih gan. nggak semua hal harus otomatis. malah sense kita bisa berkurang ya.

Mantap si agan emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast
Entahlah bre, ane berasal dari generasi yg lahir dan tumbuh dewasa di lingkungan yg serba manual, tidak ada yg instan dan otomatis,

Ane sangat mendukung perkembangan teknologi, tapi ane berharap, semoga generasi anak ane ini tidak menjadi ras manusia yg bodoh di lingkungan teknologi yg pintar,

Nice trit bre, emoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh re.cozy
tapi ada sisi negatifnya...

nanti dimasa depan semua yang kita buat dan apa yang kita miliki dapat diketahui oleh pemerintahan melalui device internet of thing


seperti yang dikatakan oleh om Edward Snowden

Balasan post re.cozy
Quote:


nice Quotes gan. mantab sekali
Balasan post sagutumbuk
Quote:


semuanya sangat jelas sih gan. semua data pribadi yang bersifat rahasia malah jadi rahasia umum
sepi amat nih thread emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up
Quote:


Ini sih yang saya takutin juga sama malas dah. Malah masih jomblo lagi saya belum nikah sama punya anak emoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh rausanvikri
Balasan post dendy182
jarvis mngkin saat procie komputer sekitar 50-100 core
Diubah oleh r3v0lus10n
Iot secara mudahnya fungsi menjalankan penggunaan data online dalam kerja keseharian.

Misal penggunaan data barcode dalam absensi data karyawan.

Pemesanan tiket terintegrasi dengan maps online dalam penjemputan penumpang.

Pembayaran online menggunakan google app hanya dengan menunjukkan konfirmasi order pembayaran dengan menunjukkan konfirmasi kode pembayaran pada cashier. Pada pengisian bensin juga bisa.
Ataupun dengan mekanisme scanner barcode juga bisa dengan menunjukkan barcode via smartphone.

Lambat laun penggunaan scanning barcode ini akan secara cepat untuk diimplementasikan.

membantu sekali dan memudahkan
Balasan post rausanvikri
Quote:


wakakaka si agan malah jadi curhat. Ayo agan wati masih ada yang mau daftar?
Balasan post rickyAspero
Quote:


bahkan sekarang sudah ada pengatur suhu ruangan. jadi misal suhu ruangan terlalu panas maka AC atau kipas akan otomatis nyala. dan apabila suhu ruangan stabil atau menurun kedua perangkat tersebut mati
Balasan post rickyAspero
iya mengadopsi dari sistem remote tv by android, bisa juga untuk perluasan fungsi untuk itu.
emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up
emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up emoticon-Sundul Up


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di