alexa-tracking

Bergelar Doktor Tapi Kini Bekerja Sebagai Pemulung

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9b11a498e31bc84a8b458b/bergelar-doktor-tapi-kini-bekerja-sebagai-pemulung
icon-hot-thread
Bergelar Doktor Tapi Kini Bekerja Sebagai Pemulung
Welcome To My Thread

Bergelar Doktor Tapi Kini Bekerja Sebagai Pemulung

Quote:


Dari GanSis semua pasti mengenal Pramoedya Ananta Toer kan?. Novelis terkenal dan pengarang yang produktif dalam sejarah sastra Indonesia. Pramoedya telah menghasilkan lebih dari 50 karya dan diterjemahkan ke dalam lebih dari 41 bahasa asing. Bahkan salah satu bukunya diangkat ke dalam film yaitu "Bumi Manusia" rencananya film tersebut akan tayang pada 2019.

Tapi apakah GanSis sendiri mengenal dengan Sosiloe Toer?. Saya akan menjelaskan sedikit siapa beliau.

Beliau lahir 17 Februari 1937 dan merupakan adik dari Pramoedya Ananta Toer. Beliau lulusan perguruan tinggi di Moskow, Uni Soviet. Ia lah yang mengurusi perpustakaan pataba. Saat ini beliau berumur 81 tahun, ia adalah seoramg master dan doktor ekonomi politik.

Beliau di Rusia dari 1962 s/d 1973 untuk menyelesaikan S2nya. Melanjutkan pasca-sarjana di Fakultas Ekonomi dan Politik Universitas Patrice Lumumba dan menyabet gelaran doktor dari Institut Perekonomian Rakyat Plekhanov dalam bidang ekonomi dan politik setelah mendalami filosofi ajaran Marxisme dan Leninisme terutama terkait dengan realisme sosial. Semasa mudanya di Rusia beliau begitu hidup berkecukupan sampai-sampai beliau rela mentraktir teman-temannya, mengadakan party kecil-kecilan, bahkan seminggu sekali makan enak di Rusia. Tapi untuk hidup enak seperti itu beliau berkerja disana selama 11 tahun tapi pekerjaan beliau disana dari penulis, penerjemah, peneliti dan pekerja kasar.

Gimana GanSis keren tidak gelar beliau?tapi apakah GanSis tau hidupnya skarang berputar 180 derajat?. Skarang beliau bekerja sebagai pemulung sampah di Blora.

Bergelar Doktor Tapi Kini Bekerja Sebagai Pemulung

Ia bekerja sebagai pemulung pada saat malam hari, ia memunguti sampah botol, kardus, koran, dan sampah lainnya untuk berkeliling beliau Menaiki motor bebek pemberian keponakannya. Beliau melakukan hal ini untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Nahh.. pada saat siang hari beliau memilih tidur sambil menulis dan saat menulisnya selesai akan di terjemahkan oleh anak-anaknya. Saat beliau memulung di daerah Blora ia dilecehkan oleh orang-orang setempat tapi kata beliau itu sudah menjadi hal yang tawar baginya. Tapi menurut ungkapan beliau saat dihina begitu ia mengucapkan "setinggi apa pun pangkat seseorang, jika tidak memiliki nilai lebih ya percuma." Hebat tidak kata-kata dari seorang novelis yang terpandang? Dan telah menulis banyak buku?.

"Buat apa malu, yang terpenting adalah bagaimana pekerjaan seseorang itu punya nilai lebih. Saya sudah banyak diejek orang, tapi seolah itu sudah tawar bagi saya. Setinggi apa pun pangkat Anda, jika tak punya nilai lebih, ya percuma," tutur Soesilo saat dikunjungi detik.com di rumahnya, Jalan Sumbawa, Jetis, Blora.

Walaupun usia beliau sudah tua bahkan menerut ane lebih baik beliau dirumah saja menikmati masa tuanya tetapi beliau tidak ingin merepotkan anak-anaknya beliau ingin hidup menjadi pemulung dengan upah sehari 25.000.

Bergelar Doktor Tapi Kini Bekerja Sebagai Pemulung

Beliau telah menulis sebanyak 20 buku bahkan buku yang terkenal karyanya adalah 'Bersama Mas Pram: Memoar Dua Adik Pramoedya Ananta Toer'. Dan masih banyak karya-karya beliau yang belum terbit.


Banyak sekali nilai positif yang telah ia berikan lewat buku-bukunya. Mari kita lestarikan karya beliau seperti Mas Pramoedya Ananta Toer.
Sekian dari ane jangan lupa tinggalkan jejak setalah membacaemoticon-Cendol Ganemoticon-Rate 5 Star


Quote:



Quote:
image-url-apps
apa ga dpt royalti dr buku karangannya bre? emoticon-Bingung
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:


kalau itu ane gk tau gan ane baca2 gk dapet infonya
image-url-apps
dari jauh ane kira athoklobot...
image-url-apps
Quote:


wah itu sapa bre? emoticon-Bingung
temen seangkatan ya? emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


Bergelar Doktor Tapi Kini Bekerja Sebagai Pemulung

Penyanyi reggae om ..
image-url-apps
Quote:


ane gk tau bree emoticon-Big Grin
image-url-apps
Tapi Pasti beliawu inih maunya hidupnya lebih baik. Tapi apa dikata nasib berkata lain. emoticon-Berduka (S)
wuiih sekolahnya keren" yee gan.. salut sama si Bapak.
image-url-apps
Quote:


bener bree emoticon-2 Jempol
Quote:


iya gan keren abis dah emoticon-Jempol
image-url-apps
gelarnya doktor emoticon-Hai
image-url-apps
mark zuckerberg, bill gates d.o hidupnya berkecukupan... ane lebih meneladani mark zuckerberg dkk krn yang mereka buat adalah karya sama sperti pramodya anata toer namanya dikenang karna karya
image-url-apps
nih orang udah engga doyan duit bre menikmati usia senja dengan caranya sendiri emoticon-Cool
image-url-apps
Indonesia lebih suka cerita sampah dan segala macam kebodohan dibanding seni sastra yang sesungguhnya, mungkin bapak Pramoedya ingin mengajarkan bahwa diantara banyaknya sampah masih ada sebuah karya yang bermanfaat dan menginspirasi. emoticon-Mewek
image-url-apps
Semangat terus buat yang lagi cari kerja..
Asah skill dan juga perbanyak kenalan / koneksi.

Bergelar Doktor Tapi Kini Bekerja Sebagai Pemulung
Gokil

Ini juga ane rasa karena writer kurang dihargai di Indonesia. Budaya membaca juga kurang banget.

Boro-boro baca buku, baca chat aja separoh-separoh emoticon-Leh Uga

Sisanya salut sama mbah, bener mbah gengsi ga bisa ngisi perut emoticon-Toast

Spoiler for AWAS JANGAN DIBUKA:
image-url-apps
wihh mantep ya hidupnya
image-url-apps
kok bisa.... ?
baca dulu ah
×