alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Badai super Mangkhut mengancam Filipina
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9b0b5d98e31bb9498b4580/badai-super-mangkhut-mengancam-filipina

Badai super Mangkhut mengancam Filipina

Badai super Mangkhut mengancam Filipina
Tim pemantau badai Mangkhut National Disaster Risk Reduction and Management Council (NDRRMC) di Quezon City, Manila Timur, Filipina, Kamis (13/9/2018).
Negara-negara di Asia timur dan tenggara sedang bersiap mengantisipasi situasi darurat dan memerintahkan evakuasi menyusul ancaman dua badai topan ke wilayah tersebut.

Dua badai yang sedang dalam pemantauan ialah Barijat yang mendarat pada Kamis (13/9/2018) di Guangdong, Tiongkok. Barijat datang dengan kekuatan yang tidak terlalu besar, tapi disertai hujan lebat.

Lalu ada Mangkhut, badai super yang justru jadi ketakutan utama. Mangkhut adalah topan bermuatan angin dengan kecepatan hingga 255km/jam, embusan angin hingga 325km/jam, serta memiliki diameter mencapai 900 km.

Topan ini baru saja melanda Kepulauan Mariana Utara dan Guam yang berada di wilayah Samudra Pasifik. Saat ini Mangkhut masih berada sekitar 800 kilometer di Pasifik, tapi terus bergerak menuju Filipina.

Mangkhut juga masih mengumpulkan kekuatan dan diprediksi akan mendarat di ujung utara pulau utama Luzon pada Sabtu (15/9). Saat ini badai menguat dengan cepat dan mencapai setara kategori 5 pada skala Saffir-Simpson.

Saat mendarat, Mangkhut diramal akan mampu mempertahankan kekuatan topan supernya dan memporakporandakan lahan.

Filipina yang dalam satu tahun bisa dilanda hingga 20 badai pun menyiapkan diri. Mereka menyebut Mangkhut adalah badai paling kuat yang hadir pada tahun ini.

Hujan lebatnya diprediksi bisa bergabung dengan badai monsoonal yang memicu tanah longsor dan banjir bandang. Jutaan orang yang hidup di jalur kedatangannya pun jadi fokus utama pemerintah saat ini.

Pemerintah Filipina telah memerintahkan evakuasi serta menutup sekolah dan kantor-kantor mulai Kamis (13/9). Bagi mereka yang bertugas dalam proses evakuasi, libur akan dimulai Jumat (14/9). Komite Palang Merah (PMR) Internasional di Filipina juga menginstruksikan para petugasnya untuk siaga.

"Kami mengkhawatirkan 10 juta orang Filipina yang hidup di jalur badai nan merusak ini, termasuk mereka yang telah mengungsi beberapa kali karena hujan musim hujan pada Juli dan Agustus lalu," ungkap pemimpin PMR Internasional, Richard Gordon, seperti dikutip The Guardian, Kamis (13/9).

Provinsi Cagayan utara diprediksi akan menjadi daerah terimbas pertama. Untuk itu, Gubernur Cagayan Manuel Mamba mengatakan bahwa saat ini desa-desa pesisir dan pulau di utara sedang dalam proses evakuasi.

"Saya menekankan bahwa (badai) satu ini sangat berbeda, ini lebih rumit karena kemungkinan gelombang badai," kata Mamba.

Selama masa evakuasi, para petani pun berlomba untuk menyelamatkan hasil tani masin-masing dengan memanennya lebih awal sebelum badai terlanjur menerjang.

Pada 2016, topan dahsyat pernah menghantam bagian selatan Cagayan dan menghancurkan puluhan ribu rumah. Sedangkan topan paling mematikan yang pernah melanda Filipina adalah Haiyan yang menewaskan lebih dari 7.000 orang dan jutaan orang lainnya terdampak pada 2013.

Sementara itu, Kantor kepala Pertahanan Sipil Ricardo Jalad mengatakan provinsi utara lainnya juga akan mulai mengevakuasi warga dari dataran rendah pada Kamis.

"Kasus terburuk adalah daerah-daerah yang akan terkena langsung angin kencang yang dapat menggulingkan rumah, gelombang badai dan hujan deras yang dapat menyebabkan banjir, dan mungkin ada tanah longsor di daerah-daerah yang lebih tinggi," kata Jalad kepada wartawan seperti dilansir CNBC, Kamis (13/9).

Setelah mendarat di Filipina, badai berkecepatan tinggi ini menurut perkiraan akan bertiup ke arah Tiongkok selatan pada Minggu (16/9) jika kekuatannya belum reda. Namun, badai ini diperkirakan akan melemah ke kategori 4 sebelum mencapai Hong Kong dan Makau.
Badai super Mangkhut mengancam Filipina


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...ancam-filipina

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Badai super Mangkhut mengancam Filipina Bongkar pasang direksi demi muluskan holding BUMN

- Badai super Mangkhut mengancam Filipina Solusi untuk rumah yang terkepung tetangga

- Badai super Mangkhut mengancam Filipina Paripurna DPR kosong, tak nyaring kinerjanya



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di