alexa-tracking

Gak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Iri dengan Orang Lain

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9aff7f162ec211238b4587/gak-selalu-buruk-ini-5-manfaat-iri-dengan-orang-lain
Gak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Iri dengan Orang Lain
Gak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Iri dengan Orang Lain

Tidaklah aneh untuk merasa iri. Hal itu manusiawi dan lumrah terjadi. Entah karena melihat kesuksesan teman, keberhasilan rekan kerja, ataupun alasan lainnya.

Namun tidak semuanya buruk. Jika kamu menggunakan emosi negatif ini untuk keuntungan diri sendiri, rasa iri sebenarnya bisa baik untuk kita. Bingung kenapa rasa iri bagus untuk kita? Nih berikut 5 alasannya.


1. Mendorong diri sendiri untuk menjadi lebih baik dan hebat
Gak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Iri dengan Orang Lain
Merasa cemburu tentang apa yang orang lain rencanakan juga dapat menjadi pengingat bagi diri kita untuk tidak diam tetapi justru bertujuan untuk hal-hal yang lebih baik dalam semua aspek kehidupan yang kita miliki. Bahkan jika kita senang dengan pekerjaan, kehidupan pribadi dan keuangan misalnya, kita selalu bisa melakukan yang lebih baik dalam hidup kita..

Oleh karena itu, berbuat baiklah mulai dari sekarang untuk mengingat jika masih ada banyak hal yang ingin kita capai. Kita tidak boleh terlalu puas sehingga kita merasa nyaman dengan keberadaan kita di dalam kehidupan dan tidak pernah ingin mencoba hal lain yang memiliki potensi lebih besar yang memuaskan.


2. Memotivasi diri sendiri
Gak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Iri dengan Orang Lain
Ketika kita melihat apa yang telah dilakukan orang lain dan kita berharap jika kita memilikinya juga, kita akan menjadi iri. Hal itu akan lebih memotivasi kita untuk bekerja keras demi mendapatkan hal-hal itu untuk diri sendiri juga. 

Tentu saja hal ini tidak berlaku di beberapa kasus. Namun selama masalah-masalah tersebut tidak membuat diri kita terlalu stres untuk mencapainya, jelas hal itu adalah jenis motivasi yang sehat yang akan membuat diri kita menjadi lebih baik.


3. Berkesempatan mendapat pengalaman baru
Gak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Iri dengan Orang Lain
Rasa iri dapat saja membuat kita untuk merasakan pengalaman dan hal baru yang secara tidak sengaja akan menginspirasi kita untuk melakukan atau mencapai hal-hal yang mungkin kita tidak pernah tahu. Buatlah rasa iri bekerja dengan positif untuk diri sendiri dengan menjadikan prestasi orang lain sebagai sesuatu yang ingin kita capai.


4. Mengikuti contoh yang baik
Gak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Iri dengan Orang Lain
Mengakulah, jika kita hanya cemburu ketika hal-hal baik terjadi pada orang lain. Jika orang lain telah mencapai semacam kesuksesan yang membuat kita iri atau jika mereka melakukan sesuatu yang sangat menarik, kita pasti akan lebih tertarik untuk melakukan hal-hal positif sehingga dapat meningkatkan peluang untuk mencapai hal-hal serupa dengan mereka. 

Pasti ada hal-hal yang lebih buruk yang dapat kita lakukan dalam hidup daripada mengikuti contoh-contoh positif sehingga jika kita melihatnya dengan cara ini. Rasa iri sebenarnya baik untuk kita.


5. Menjadi lebih bersyukur
Gak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Iri dengan Orang Lain
Katakanlah bahwa kita iri dengan sesuatu yang telah dicapai oleh teman. Setelah emosi mereda, luangkan waktu untuk menilai apa yang sedang terjadi dalam kehidupan kita. Evaluasi apa yang telah kita capai, seberapa jauh perjalanan yang telah dillalui dan seperti apa kita berusaha demi mencapai tujuan itu.

Hal itu akan membuat kita bersyukur atas apa yang sudah kita miliki. Bahkan jika kita pun ingin mencapai apa yang mereka miliki, kita akan tetap merasa bangga dengan pencapaian diri sendiri. Jadilah baik untuk diri sendiri; selalu berusaha untuk llebih baik lagi tapi jangan pernah lupa apalagi benci dengan apa yang sudah dimiliki saat ini.


Sumber : https://www.idntimes.comlife/inspira...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Gak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Iri dengan Orang Lain 7 Quotes Film Dear Zindagi Ini Bisa Membantumu Move On Semangat

- Gak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Iri dengan Orang Lain 5 Alasan Iri Terhadap Orang Lain Itu Dapat Lemahkan Mentalmu

- Gak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Iri dengan Orang Lain Jadikan Pelajaran 5 Kebaikan Ini Akan Didapat Setelah Alami Hal Buruk

×