alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Kenaikan Suhu Global Bisa Gandakan Angka Kematian di Asia Tenggara.
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9a8b4fddd7702b308b4568/kenaikan-suhu-global-bisa-gandakan-angka-kematian-di-asia-tenggara

Kenaikan Suhu Global Bisa Gandakan Angka Kematian di Asia Tenggara.

Jakarta - Studi teranyar mengungkap potensi lonjakan angka kematian akibat gelombang panas di Asia Tenggara jika tren pemanasan global berlanjut seperti saat ini. Ilmuwan mewanti-wanti manusia mulai kehabisan waktu buat bertindak.

Ilmuwan mewanti-wanti kegagalan menghentikan laju kenaikan temperatur akan mengakibatkan lonjakan kasus kematian akibat gelombang panas. Perjanjian Iklim Paris menetapkan batasan kenaikan temperatur global maksimal 2 derajat Celcius di atas level pra-industrial, dengan kenaikan ideal maksimal 1,5 derajat Celcius.

Menurut studi teranyar yang dipublikasikan di jurnal ilmiah, Climate Change, kenaikan suhu Bumi hingga 3 atau 4 derajat Celcius akan meningkatkan angka kematian antara 1 hingga 9%.

"Saat ini kita sedang mengarah pada kenaikan suhu sebesar 3 derajat Celcius dan jika tren ini berlanjut maka akan ada konsekuensi serius terhadap kondisi kesehatan di berbagai kawasan di dunia," kata salah seorang peneliti, Antonio Gasparrini.

Negara-negara Asia Tenggara seperti Filipina dan Vietnam diprediksi akan mencatat angka kematian terbesar akibat gelombang panas, termasuk juga sejumlah negara di Eropa Selatan dan Amerika Selatan, tulis para peneliti dari London School of Hygiene & Tropical Medicine yang menganalisa tren perubahan iklim di 23 negara.

Menurut perkiraan mereka, kenaikan suhu global dari 1,5°C menjadi 2°C dipastikan bakal memicu kenaikan angka kematian sebesar maksimal 1% di Eropa Selatan, Amerika Selatan dan Asia Tenggara.

Namun begitu studi ini tidak mencantumkan langkah-langkah untuk beradaptasi dengan kenaikan temperatur atau mempertimbangkan faktor ekonomi dan demografi. Meski demikian faktor tersebut bisa berperan dalam mengurangi angka kematian akibat gelombang panas, kata Ana Maria Vicedo-Cabrera yang mengepalai tim peneliti.

"Bukti sejauh ini mengindikasikan bahwa kita sedang beradaptasi dengan suhu panas. Jadi kami memprediksi di masa depan, mungkin, angka kematian akibat temperatur hangat bisa berkurang dibandingkan hari ini. Tapi ini pun tidak jelas," imbuh Vicedo-Cabrera kepada Reuters Thompson Foundation.

Sekretaris Jendral PBB, Antonio Guterres, pekan ini mewanti-wanti dunia telah kehabisan waktu untuk menghentikan "perubahan iklim ekstrem," kecuali jika semua negara mengambil langkah dramatis hingga 2020 untuk mengurangi emisi karbondioksida.

Guterres mengatakan ilmuwan sudah memperingatkan dunia mengenai bahaya pemanasan global sejak beberapa dekade silam, tapi "terlalu banyak pemimpin yang menolak untuk mendengar, dan terlalu sedikit yang bertindak dengan visi yang sesuai dengan temuan ilmiah," ujarnya.
rzn/ap (Reuters)

Sumur : https://m.detik.com/news/dw/d-421048...-asia-tenggara

Hati-hati yang jadi kulik! sedia payung sebelum panas.
Kenaikan ud g bs dihindari

jurnal ekologi ngmg klo semua energi di bumi ini pake energi terbarukan, suhu bumi ttp naik.
krn co2, pengikat panas, g bakal bs terurai dlm wkt puluhan taun.

nanam pohon di semua lahan jg g akan membantu utk pendinginan.

intinya hny bs mengurangi kecepatan..menurunkan ud g bs.

emoticon-Turut Berduka
Diubah oleh bramhiphip
bahaya ,bakalan naik air permukaan laut emoticon-Matabelo
Kenaikan Suhu Global Bisa Gandakan Angka Kematian di Asia Tenggara.
Berarti prediksi Jakarta kelelep bakal semakin mendekati kenyataan dong?? emoticon-Big Grin
Quote:


jangan dulu dong, nanti rumah ane yang di selatan jadi ga lakuemoticon-Frown
Balasan post saudi.strong
Quote:


Ah, mending kalo cuma gak laku. Keluarga ane di timur malah mesti siap2 belajar bicara bahasa ikan kalo sampe beneran kelelep itu Jakarta emoticon-Big Grin
krn ga bisa di elakkan, mungkinkah bbrp makhluk hidup berevolusi sehingga bs beradaptasi di suhu yg makin naik ini ?
Di indonesia kyknya gak pernah deh ada kasus org meninggal karna kepanasan
Quote:


Timur yah, memang kurang di perhatikan daerah timur ganemoticon-Berduka (S)
Quote:


Sudah di mulai dari sekarang..
Balasan post saudi.strong
Quote:


Padahal jaman2nya beye, orang2 elite lingkarannya dia banyak yg tinggal di timur, dan pas jamannya si kokoh2 dulu, daerah timur jg diperhatiin bgt sama dia orang. Sayang aja mayoritas perihbuminya pada gak tau diri level akut. Lebih seneng nge'keep daerahnya jadi daerah jin buang anak. Jadi ya perduli setan jg kalo mau tenggelam emoticon-Big Grin

Toh kalo timur + barat + utara + pusat jkt kelelep total seperti yg diprediksikan dari jaman baheula, selatan masih untung, masih kagak kelelep, jadi masih bisa convert rumah jadi resor pinggir pantai lengkap dengan dermaga pribadi dengan gondola ala venesia buat keliling2 Jakarta

emoticon-Hammer2
Quote:


Ironis sekali, padahal daerah timur tempat perputaran uang di masyarakat, banyak sekali padahal pasar besar di daerah timur itu tapi yah mau bagaimana pemerintah sekarang demen pencitraan, jadi hanya daerah yang kelihatan oleh orang2 bisnis yang di tata.

Adalah benar apa yang agan bilang, semoga dapat di perlambat prediksi agan oleh pemerintah jokowiemoticon-Berduka (S)
Balasan post saudi.strong
Quote:


Ane malah berharap tidak diperlambat, tapi malah dipercepat Yang Maha Kuasa emoticon-Big Grin
Quote:


Bener juga gan, semoga bisa defisit populasiemoticon-Embarrassment


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di