alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Poros Maritim Jokowi Gagal, Kapal Laut Banyak Tenggelam
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9a5efe1cbfaa9e2d8b4572/poros-maritim-jokowi-gagal-kapal-laut-banyak-tenggelam

Poros Maritim Jokowi Gagal, Kapal Laut Banyak Tenggelam

Poros Maritim Jokowi Gagal, Kapal Laut Banyak TenggelamILUSTRASI – Kapal tenggelam/karam. (Ist)


NUSANTARANEWS.CO, Jakarta – Kapal laut banyak tenggelam di era kepemimpinan Joko Widodo yang gembar-gembor tentang poros maritim dunia. Ini dinilai sebagai sebuah kegagalan yang tak dapat disembunyikan.
“Banyaknya kapal tenggelam di laut menjadi kegagalan bagi program pencanangan Indonesia sebagai poros maritim dunia sudah seharusnya Ombudsman memanggil Menteri Perhubungan, Budi Karya untuk diperiksa dan diinvestigasi terkait dugaan pelanggaran administrasi,” kata koordinator Alaska, Adri Zulpianto, Jakarta, Kamis (13/9/2018).

BACA JUGA:
Jokowi Diprediksi Bisa Terjegal oleh 2 Isu ini di Pilpres 2019

Isu 2019 Ganti Presiden dan TKA Sukses Gerus Elektabilitas Jokowi
Nelayan dan Petani Lobster Warnai Gerakan #2019GantiPresiden
Padati Monas, Ini Pesan Untuk Massa Relawan #2019GantiPresiden
Membungkam Demokrasi, Menggali Liang Lahat Kuburan Sendiri
Gerindra Yakin 2019 Pasti Ganti Presiden


Tercatat ada delapan kapal tenggelam sejak Juni 2018 hingga September 2018. Termasuk di antaranya kapal nelayan dan kapal perang milik TNI AL.
“Angka ini menjadi bukti bahwa Kemenhub gagal kelola lalu lintas perhubungan laut dan pengawasan keamanan penumpang, sehingga kapal tenggelam banyak menelan korban dan mencoreng nama baik kelautan Indonesia sebagai poros kemaritiman dunia,” katanya.

BACA JUGA:
Lagu #2019GantiPresiden Enak Didengar!
Rizal Ramli Sebut Penghadangan Deklarasi #2019GantiPresiden Kampanye Jokowi Paling Buruk
Soal Gerakan #2019GantiPresiden, Peluang Terbuka untuk Polisi Bersikap Adil dan Netral
Kampanye #2019GantiPresiden Lebih Populer Dibandingkan Pamor Jokowi
Pasca Pilkada Serentak 2018, Kampanye #2019GantiPresiden Kian Digandrungi
Gara-gara #2019GantiPresiden, Jokowi Terancam Tak Berlanjut Dua Periode


Alaska merupakan sebuah aliansi lembaga analisis kebijakan dan anggaran. Mereka menilai lemahnya pengawasan Kementerian Perhubungan terhadap kapal yang layak untuk melaju di atas laut menjadi faktor utama kegagalan Kemenhub menaungi lalu lintas laut.
“Tercatat ada 8 kecelakaan kapal laut hingga September 2018, besar di antaranya diakibatkan oleh kegagalan mesin kapal dan lengahnya Kemnehub dalam menangani jumlah penumpang kapal dan kelayakan mesin kapal, terakhir yang paling fenomenal adalah tenggelamnya KM Sinar Bangun,” kata Alaska.

Baca juga: 

Dolar Tembus Rp 15.000 di Masa Jokowi, Janji Kampanye yang Tak Terpenuhi

Nilai Tukar Rupiah Diprediksi Bakal Terus Merosot

Ekonom: Rupiah Akan Terus Melemah
Rakyat Makin Sengsara, Bangsa Tergadai

Kapal KM Sinar Bangun yang melaut pada 18 Juni lalu tercatat hanya berkapasitas untuk 40 orang penumpang. Namun pada saat kejadian tenggelamnya kapal tersebut, kapal KM Sinar Bangun berisikan 211 penumpang, dan ada sebanyak 183 orang hilang di Danau Toba tanpa penanganan yang serius dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kelautan.
“Contoh dari tenggelamnya kapal KM Sinar Bangun tersebut karena lebihnya kapasitas penumpang dan lemahnya pengawasan terhadap kelayakan mesin, hal ini bisa dikatakan mutlak sebagai kesalahan kemenhub dalam mengawasi jumlah kapasitas kapal di dermaga,” jelas Alaska lagi.

Baca juga: 

OIAA Indonesia: Penolakan dan Intimidasi Terhadap Ustadz Somad Tidak Berdasar
Fahri Hamzah: Ustadz Abdul Somad adalah Jangkar NKRI

Menurut Alaska, penanganan atas para korban kecelakaan dil aut begitu berbeda dengan penanganan para elit yang datang bertamu ke Kementerian Perhubungan. Fasilitas yang disediakan di gedung Kementerian Perhubungan yang terletak di Jl Merdeka Barat tersebut sangat aman dan nyaman bagi para elit dan pekerja di sana, fasilitas keamanan yang ketat pun tidak luput dari pintu masuk gedung hingga masuk ke ruangan dalam gedung salah satu kementerian yang bernilai strategis itu.

Baca juga: 

Sudah 608 UMK Naungan OK OCE Dapat Izin di PTSP DKI Jakarta
Kadin Jakpus Gelar Sosialisasi OK Oce di Tiap Kelurahan

“Seharusnya, fasilitas keamanan yang disuguhkan di balik gedung Kementerian Perhubungantersebut dapat juga dijalankan dalam pengawasan keamanan untuk kapal-kapal pengangkut penumpang, di mana sebagian besar penumpang merupakan warga Indonesia, dan tidak jarang merupakan para turis yang sedang datang ke Indonesia,” papar aliansi ini.
Persamaan penanganan kemananan ini ditujukan agar cita poros maritim dunia dapat terlaksana, dan citra kelautan Indonesia menjadi baik di mata dunia. Tapi karena buruknya pengelolaan Kemenhub atas lalu lintas laut, cita itu pudar serta menjadi gagal dan buruk.

Baca juga: 

Mencermati Runtuhnya Pax Americana 

Bagaimana Kalau Imperium Amerika Runtuh?

Kata Pakar: Bisnis Minyak Memiliki Dimensi Pertahanan Keamanan

“Maka dari itu, dengan adanya dugaan pelanggaran yang terjadi di setiap dermaga, sudah seharusnya Ombudsman untuk memanggil, memeriksa dan menginvestigasi dugaan pelanggaran administrasi di dalam pelayanan dermaga yang dilakukan oleh Budi Karya selaku menteri di Kementerian Perhubungan,” kata mereka

BACA JUGA
Sri Lanka Target 1 Miliar dari Proyek yang Didanai China di Colombo Port City 
Sekelumit Tentang Republik Niger yang Kaya Uranium
Quote:
premium ternyatahhh emoticon-Cool
Diubah oleh anakucil
trus kalok wowok jadi presiden Indonesia jadi poros maritim dunia gituk?
Quote:


Menhan nya aja bilang "buat apa alutsista banyak2. Nanti teknologi juga bakalan ketinggalan"

Makanya ga ada belanja kapal AL periode ini. Kapal2 AL yg datang masih pesanan era lalu yg baru slsai diproduksi skarang.


Gimana mau bangun poros maritim?
Yg jaga maritim aja ga ada. Yg ada poros narkoba maritim. Krna dkirim via laut sbagian besar.

Balasan post saudi.strong
Quote:


engga begitu, ndak tau karena dia belum menjalani.
tapi kalo wiwi udah jelas gagal karena sudah menjalani
Quote:
Ada kecelakaan di Jagorawi salah pak Harto yang resmikan Jagorawi


emoticon-Sundul
Balasan post urban21
Quote:

ini bray contoh anggota narkoba maritim nya dari nasdem :
https://www.liputan6.com/news/read/3...lundup-narkoba

sayang ketauan, kalo engga makin jaya itu bisa berton-ton narkoba maritim diselundupkan emoticon-Wakaka
kapal tua itu emoticon-Ngakak
harus beli baru emoticon-Ngakak
yg baru masi otw tp ud beberapa yg ud datang emoticon-Traveller
Quote:


ane udah liat kinerja grandong di DKI, hancur blass. Birokrasi makin ribet trus kaya auto pilot gitu. sebenernya ane ada harapan buat wowok pas anies naik jadi gaberner, tapi yah semua sama2 tauk kinerja grandong pas megang DKI.
Bahkan mantan koruptor pun pingin di jadikan wagub.
Kesimpulannya, jamgan kan ngurus laut, daratan aja kacau balau.
gw pelaut...ngk ada efeknye poros maritim.emoticon-Blue Guy Bata (L)
Emang lo pikir kapal jalan sendiri. Benahi dulu regulator di PERLA yg masih berantakan.

ngurus SDM pelaut aje berantakan....demo berkalikali JJS doang.untung kerja dikapal luar.ngk ngaruhemoticon-Najis
Diubah oleh ableseaman
Balasan post fuckinghandsome
Quote:


Berita HOAX itu

Saya ga pernah denger berita itu di metro. Apalagi disorot di headline news nya metro atau editorial pagi metro itu


Aku kenyot komen ini aja dehemoticon-Betty

Komennya di "Quote", makanya ga nongolemoticon-Nohope
Diubah oleh musejakarta
Nawacita apa kabar?
Gue dulu sempat kaget jokowi bawa2 nawacita.
Gue ada juga buku jokowi yg judulnya berjalan di atas gelombang
kapal bermasalah mah selalu adalah.... spt jg transportasi darat / udara!
Elahhhh!
emoticon-Traveller
ingat jerogan tol laut ... udah membayangkan tol yg didirukan di laut ...











nyata nya cuma kontainer bekas di cat TOL LAUT ...... sebatas itu doang otak si wayang


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di