alexa-tracking

Upaya Dirut Baru Garuda Akhiri Kondisi Keuangan yang Remuk

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9a5aded9d7700f7b8b4569/upaya-dirut-baru-garuda-akhiri-kondisi-keuangan-yang-remuk
Upaya Dirut Baru Garuda Akhiri Kondisi Keuangan yang Remuk
Upaya Dirut Baru Garuda Akhiri Kondisi Keuangan yang Remuk
Kamis, 13 September 2018 – 16:02 WIB


Upaya Dirut Baru Garuda Akhiri Kondisi Keuangan yang Remuk

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian BUMN merombak direksi PT Garuda Indonesia Tbk. Dari delapan direksi Garuda, enam diganti dan menyisakan dua direksi lama. Direktur Utama Pahala N. Mansury dicopot dan digantikan I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra.


Ngurah Askhara mengatakan, pihaknya akan berusaha memperbaiki kinerja keuangan Garuda yang masih merugi. Kerugian Garuda diperparah dengan berlanjutnya depresiasi rupiah dan kenaikan harga minyak dunia.


”Kami berniat mengurangi loss, targetnya di bawah USD 100 juta minimum. Lebih baik lagi di bawah USD 50 juta,” ungkapnya, Rabu (12/9).


Sejak triwulan ketiga 2016, laporan keuangan Garuda Indonesia memang berdarah-darah. Pada semester pertama 2018 lalu, maskapai penerbangan pelat merah itu menderita kerugian USD 114 juta.


Padahal, pada 2015 Garuda Indonesia berhasil menorehkan laba bersih USD 77,9 juta atau Rp 1,03 triliun. Tahun sebelumnya, kinerja keuangan Garuda Indonesia mencatatkan rapor merah dengan kerugian USD 371,9 juta atau Rp 4,87 triliun.


Sejumlah cara akan dilakukan Ari –sapaan akrab Ngurah Askhara– untuk menyehatkan kinerja keuangan perseroan pada sisa tahun ini.


”Kami harus kerja keras dengan melibatkan semua pegawai, serikat pekerja, stakeholder, regulator, dan diskusi dengan manajemen lama. Transformasi human capital, bagaimana membuat pegawai happy sehingga nanti membuat pelayanan meningkat kepada pelanggan,” imbuhnya.


Lalu, meningkatkan pendapatan dengan membuat channel-channel baru, memperbaiki yang ada, serta mempertahankan kinerja yang sudah positif. Misalnya, melihat ceruk pasar baru dengan menambah 1 sampai 2 slot penerbangan di Jepang, Tiongkok, maupun rute domestik yang selama ini hanya dimiliki kompetitor.


Pihaknya juga akan meminta regulator untuk diberi slot rute penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma agar bisa bersaing dengan kompetitor yang terbang dari sana. Selain itu, dia akan melakukan redefine cost structure atau merestrukturisasi biaya guna menekan biaya operasional.”Cost-nya Garuda yang NG sama 777 itu kemahalan, harusnya kami memuat struktur cost yang lebih rendah,” ujarnya. Manajemen juga akan negosiasi ulang untuk existing flight narrowbody dan widebody untuk memperpanjang masa sewa agar biaya sewa per bulan bisa ditekan 10–20 persen.

Emiten dengan kode GIIA tersebut juga akan memeriksa potensi-potensi pendapatan dari bisnis yang selama ini dinilai bocor. Manajemen juga melakukan evaluasi terhadap struktur hedging, menyehatkan arus kas dengan reprofiling utang.

Di sisi lain, sejumlah perbaikan kinerja keuangan juga berhasil dilakukan Garuda di bawah kepemimpinan Pahala N. Mansury selama 17 bulan. Pihaknya berhasil menurunkan tingkat kerugian 60 persen. ”Kami bisa meningkatkan diversifikasi pendapatan yang berasal dari auxiliary (di luar tiket, Red) naik sampai dengan 27 persen, kargo juga naik 8 persen,” kata Pahala. Dia berharap program kerja yang telah dicanangkan di masa kepemimpinannya bisa dilanjutkan manajemen baru
https://www.jpnn.com/news/upaya-diru...gan-yang-remuk

Quote:




dibangkrutkan aja sekalian kayak MERPATI ... atau dijual ke Singapore?

emoticon-Ultah
image-url-apps
Quote:
image-url-apps
Visi misi :
"Biar tekor asal nyohor"
emoticon-shakehand
KASKUS Ads
bumn indonesia rugi mulu dah

emoticon-Leh Uga

bpjs, pertamina, pln.

tinggal bank aja yang belom ikutan menjerit

emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Laporan keuangannya berdarah-darah katanya...
Mungkin karyawan bagian keuangan ada yang mimisan, kurang sehat gitu..
image-url-apps
Masih jadi sponsor liverpool ga ne ??
image-url-apps
Korupsi bikin hancur negara.
image-url-apps
Quote:


Semoga semakin baik
image-url-apps
Semoga garuda baik saja. Klo gak ntar lion yg monopoli dgn pelayanan nya
image-url-apps
Bisnis kok rugi mulu, yang GOBLOK siapa??
image-url-apps
sriwijaya air saja masih laba
emoticon-Cape d...
image-url-apps
itu CRJ 1000 buang aja.. ganti sama A319 atau B735 kaya IN
image-url-apps
Quote:


setuju itu jet bombardier kemahalan costnya
image-url-apps
dah bubarin aje!
Biar Liong aje nyang jd maskapai nasional kita!
Swasta kok bs untung...
BUMN malah buntung!
emoticon-Big Grin
image-url-apps
Maksa beli jet jet badan lebar , ambil rute yg ga menguntungkan kayak ke eropa.. mending fokus ke arab noh org indon kan banyak yg umrah/haji kesono.. gw liat malah malaysia airlines yang banyak invest ke penerbangan ke arab... sampe beli a380 segala emoticon-Embarrassment
image-url-apps
koq bisa rugi ?
Reply to nanis69's post
image-url-apps
Quote:


tau darimana? emang tbk?
Reply to sesova's post
image-url-apps
Quote:


selama ini setiap operasionalnya hampir tak pernah BEP

emoticon-Cape d...

dari cgk ada bbrp rute CRJ

semuanya head to head sama JT ID QG SJ atau IN

dan harganya pun sudah terbilang tinggi kecuali ke TJQ

kalo ke BWX atau DTB ya terbilang mahal juga

emoticon-Cape d...

tanpa avod

emoticon-Cape d...

supaya mudah dalam mengelola SDM terutama pilot dan FA ya harus ganti sama pesawat yg sudah umum.. yg kecil ya cuma 735 Winglet ala ala IN atau A319 atau Airbus A220 (a220 barang bombardier juga)

emoticon-Cape d...

kalo ATR ane jujur ga tau belon pernah naek kitiran

emoticon-Malu
image-url-apps
GEMBOG TRIT PESAWAT

×