alexa-tracking

Perusahaan di Cina Ramai-ramai Tinggalkan Negaranya, Ada Apa?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9a3daed675d4e6038b4567/perusahaan-di-cina-ramai-ramai-tinggalkan-negaranya-ada-apa
Perusahaan di Cina Ramai-ramai Tinggalkan Negaranya, Ada Apa?
Suara.com - Perusahaan yang berada di Cina memilih hengkang dari negaranya sendiri. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari pengenaan tarif impor dari Amerika Serikat terhadap produk asal Cina yang terus mengalami kenaikan.
Fenomena ini dikhawatirkan bisa menciptakan kelangkaan lapangan pekerjaan.
Para perusahaan tersebut memilih untuk memindahkan sentra produksi mereka ke luar negeri seperti Vietnam, Serbia dan Meksiko.
Kedua negara adidaya ekonomi itu terlibat dalam perang dagang menyusul peningkatan bea masuk sebesar 25 persen untuk produk buatan Cina yang digagas Presiden AS, Donald Trump.
Dilansir dari News18.com, untuk menghindari tarif tersebut perusahaan Cina yang memproduksi komponen kendaraan bermotor, ban, plastik dan tekstil memindahkan fasilitas produksi ke luar negeri agar tetap bisa mengekspor ke Amerika Serikat.
HI Corp, produsen suku cadang kendaraan di Shenzen, misalnya sudah mengumumkan akan hijrah ke Vietnam.
“Adalah hal terelakkan jika tarif baru mendorong perusahaan mengkaji ulang rantai pemasoknya di seluruh dunia. Karena daya saing mereka akan berkurang sebanyak 25% dalam semalam," kata Christopher Rogers dari Panjiva, lembaga analisa perdagangan di Amerika Serikat.
Fenomena perpindahan rantai suplai dari Cina ke luar negeri sebenarnya sudah dimulai sejak beberapa tahun silam, ketika ongkos produksi dan upah buruh di Cina meningkat pesat. Tarif baru AS, kata pelaku usaha dan pengamat ekonomi, hanya mengobarkan api yang lebih besar.
Saat ini sudah banyak perusahaan asing yang memindahkan produksi dari Cina, mulai dari produsen mainan anak Hasbro, merek kamera Olympus atau produsen sepatu Deckers.
Kini langkah serupa ditiru perusahaan lokal, seperti Zhejiang Hailide New Material yang selama ini memproduksi barang kebutuhan pabrik di provinsi Zhejiang, Cina.
“Saat ini semua sentra produksi kami berada di Cina. Untuk menghindari risiko anti-dumping dan kenaikan tarif, perusahaan kami memutuskan membangun pabrik di Vietnam," kata seorang pejabat eksekutif bulan lalu.
"Kami berharap bisa mempercepat pembangunan dan di masa depan bisa memasok untuk pasar Amerika Serikat."

https://googleweblight.com/i?u=https://m.suara.com/bisnis/2018/09/13/062504/perusahaan-di-cina-ramai-ramai-tinggalkan-negaranya-ada-apa&hl=en-ID

AHYAN: kekuatan Cina akan mengalahkan dominasi Amerika!

Trump betot kapital dr luar negeri dan hajar pk tarif.

Kelabakan mindahin pabrik

emoticon-Ngakak
percuma menghina
China itu udah kalahkan amerika & kuasai perusahaan terbesar di dunia
https://www.kaskus.co.id/thread/5371...erbesar-dunia/
232 Perusahaan China Kuasai Daftar Perusahaan Terbesar Dunia
https://www.kaskus.co.id/thread/554d...erbesar-dunia/
image-url-apps
Fenomena perpindahan rantai suplai dari Cina ke luar negeri sebenarnya sudah dimulai sejak beberapa tahun silam, ketika ongkos produksi dan upah buruh di Cina meningkat pesat.

....


Dr dulu menang buruh murah dan banyak sahaja.
KASKUS Ads

Perusahaan-perusahaan AS Keberatan dengan Kebijakan Tarif Trump
https://ekonomi.kompas.com/read/2018...Sticky_Dekstop
Sejumlah perusahaan AS menyatakan bahwa kebijakan tarif yang diterapkan Presiden Donald Trump melukai industri di Negeri Paman Sam tersebut.

perusahaan amerika di china yg tinggalkan china
https://ekonomi.kompas.com/read/2018...ng-menyakitkan
trump tariff is the key emoticon-Matabelo
nah... sudah ane sebutin berkali2 kalo bakal terjadi PHK besar2an di china. cara trump menyelesaikan masalah dengan china memang bukan siapa yang menang dan siapa yang kalah. tp bagaimana cara memukul GDP china

500milyar memang keliatann kecil kalo diliat dari segi kacamata negara. namun dari segi bisnis 500 millyar dollar itu besar dan kalo 500 milyar itu digunakan untuk mmbeli "tenaga kerja china" itu setara dengan 30 juta lapangan pekerjaan.

duh seandainya indonesia bisa tarik itu pengusaha
bakalan tercipta banyak lapangan kerja
×