alexa-tracking

Pelemahan Rupiah Sebabkan Harga Buku Naik

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9a33d096bde6803e8b4568/pelemahan-rupiah-sebabkan-harga-buku-naik
Pelemahan Rupiah Sebabkan Harga Buku Naik
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS turut berdampak pada industri penerbitan yang berujung pada kenaikan harga buku.

Pelemahan rupiah langsung berpengaruh pada bahan baku kertas yang diperoleh dengan cara impor.

"Kertas itu kalau dollar-nya tinggi, pasti juga ikut melambung. Ada komponen (kertas) yang mesti diimpor dari luar negeri," kata Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia ( Ikapi) Rosidayati Rozalina usai membuka Indonesia International Book Fair (IIBF) 2018 di Jakarta Convention Center, Rabu (12/9).

Wanita yang akrab disapa Ida ini menjelaskan, anggota Ikapi yang adalah penerbit selama ini punya strateginya masing-masing dalam menyikapi tren pelemahan rupiah. Salah satunya, ada penerbit yang memilih untuk go digital sehingga tidak lagi bergantung pada bahan baku kertas.

Meski begitu, pilihan mengubah produknya jadi digital masih dirasa tidak terlalu efektif. Hal itu dikarenakan penulis tidak terlalu yakin untuk melakukan hal tersebut serta belum adanya model bisnis yang pas jika beralih ke produk digital ketimbang tetap mencetak buku seperti biasanya.

"Buku digital belum ketemu model bisnis yang menguntungkan oleh penerbit. Justru yang berkembang e-commerce-nya, tapi yang dijual tetap buku fisik," tutur Ida.

Adapun strategi lain penerbit dalam menghadapi pelemahan rupiah adalah menunda mencetak buku yang sudah jadi.

Pilihan ini tentu akan berdampak langsung pada target penjualan, karena penulis melakukan seleksi serta buku yang seharusnya sudah bisa dicetak jadi tertunda.

"Mudah-mudahan ada langkah strategis dari stakeholder kertas," ujar Ida. Dalam sepekan terakhir, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS bergerak pada kisaran Rp 14.800 hingga Rp 14.900.

Berdasarkan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari Rabu, tercatat nilai tukar rupiah terhadap dollar AS mencapai Rp 14.863 dan menguat dengan pelemahan paling dalam terjadi pada Rabu (5/9/2018) sebesar Rp 14.927.

https://m.kontan.co.id/news/pelemahan-rupiah-sebabkan-harga-buku-naik

emoticon-Entahlah
mau bakso naik jd 15 rb semangkok,
ttp aja dibeli emoticon-Big Grin
awalnya doang bacot.
lama2 jg biasa aja

emoticon-Ngakak
Reply to yesknow's post
image-url-apps
Quote:


emoticon-Entahlah
KASKUS Ads
buku2 harusnya di pdf in aja, biar bisa dibaca di tablet ama ipad. gue lihat indonesia masih kurang dalam penyediaan buku2 digital.
Pelemahan Rupiah Sebabkan Harga Buku Naik
image-url-apps
Quote:
ane yakin september 2019 rupiah stabil di kisaran Rp 16.000
Quote:


bener juga gan emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


supply n demand msh tinggi brayy. blon lg bahan2 pulp dari dalam negeri yg msh minim. harusnye klo bs dipenuhi dr dlm negeri harga bs turun. itu ajh simpel. klo buku2 digital mah nasbung gak bakal ngerti. hp ajh msh nyicil emoticon-Leh Uga
Reply to Koncong's post
image-url-apps
Quote:


nasbung emoticon-Leh Uga
Reply to Koncong's post
Quote:


weis ane bukan nasbung /nastak . emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

banyak merk2 tablet yg murah.

yang susah yah buku tulis sebenearnya. buku tulis digital ada sih rocketbook , cek guggle. satunya bisa buat beli 100 buku tulis emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
image-url-apps
Harga di 1001 bakalan naik juga sepertinya nih...
Waduh...
image-url-apps
Quote:


sistem pendidikan msh blom maksimalin ntu brayy. serba salah pemerintah ntr ngurangin produksi buku demi ebook bs2 jd bahan colik nasbung. serba salah kan brayy emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Jangan buku. Obat saja naik. Mmg rejim yang terus meroket
positif thinking bre
banyak orang indonesia yang suka baca buku emoticon-2 Jempol
makin banyak orang pinter emoticon-Big Grin
image-url-apps
pelemahan rupiah karena sistem hot thread berubah
image-url-apps
sekarang turun lagi bray
+++
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di kurs acuan menguat hari ini. Dolar AS kini berada di bawah Rp 14.800 untuk kali pertama sejak awal September.

Pada Kamis (13/9/2018), kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor berada di Rp 14.794. Rupiah menguat lumayan signifikan yaitu 0,46% dibandingkan perdagangan hari sebelumnya.
bakso naik gak ? emoticon-Imlek
image-url-apps
Quote:

makasih bray infonya bahay tuh klo supportnya ditembusemoticon-Salaman


ehh resisten apa support ya disitu juga ada pola hammer memanjang ya siap2 aja klo di tembus
×