alexa-tracking

Mitos-mitos Angkat Beban yang Bikin Motivasi Hilang

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9a31a2582b2e16698b4572/mitos-mitos-angkat-beban-yang-bikin-motivasi-hilang
icon-hot-thread
Mitos-mitos Angkat Beban yang Bikin Motivasi Hilang
Whaddap!?

Halo agan-agan, udah pada sobek-sobek belon ototnya? Tapi, yang paling penting sebenernya adalah motivasi gan. Itu yang perlu dijaga.
Paling susah juga soalnya, jujur aja deh emoticon-Big Grin

Memang, ngejaga motivasi atau bahkan buat memulai itu menjadi tantangan banget. Pun, ketika udah ada motivasi, ada aja hal atau omongan yang bisa bikin demotivasi semangat. Entah itu kondisi atau sebuah argumen yang terucap, namun cuma didasarin dari spekulasi dan 'katanya'.

Kalo agan pernah lagi nongkrong ngomongin soal kebugaran, tau sendiri obrolan bisa berubah jadi liar, atau bahkan ujung-ujungnya curhatin cewek. Kadang ada selipan-selipan argumen dari mulut temen yang bilang kalo misalnya: "Ah, lari mah gak lebih ngaruh daripada sepedaan," "Jangan diet itu bro, gak ngaruh," dan semacamnya.

Jika argumen itu berdasarkan data, bisa saja jadi benar, tapi tetep tidak seratus persen. Agan bisa anggep argumen invalid itu sebagai tanda ekspresi mitos yang bertebaran tentang kebugaran tubuh.

Ini ane mau share mitos weightlift dan bodyweight yang bisa bikin motivasi agan sirna.

Yang pertama, mitos: "Gak mungkin otot terbentuk dan kekuatan bertambah dengan latihan bodyweight."

Mentahin dengan: Kalo ada kemauan, pasti ada jalan. Emang gak akan langsung bisa terbentuk kalo baru pertama kali, semua orang tau ini, tapi kadang lupa. Ketika udah bisa khatam semua gerakan, baru lah ditambahin bebannya. Atau bisa ganti variasi gerakan yang berfungsi untuk menambah kekuatan. Agan bisa nambah power dengan melakukan gerakan yang lebih cepat dan menyelesaikan latihan dengan upaya yang maksimal. Tingkatkan volume latihan dan seimbangkan dengan kalori yang dibutuhkan, sehingga otot juga bisa semakin gede.

[img]Mitos-mitos Angkat Beban yang Bikin Motivasi Hilang[/img]
Ini apa namanya kalo bukan strength gan? emoticon-Big Grin


Kedua, mitos: "Angkat beban bikin badan tebek (Betawi dari: tebal, Inggris: Bulky)

Mitos-mitos Angkat Beban yang Bikin Motivasi Hilang
Well, I don't think so...


Mentahin dengan: Betul emang bisa banget, tapi itu pun kalo emang agan maunya gitu, tergantung sama program dan asupan kalori. Tapi bukan berarti angkat beban PASTI bikin badan tebel, di mana-mana yang bisa bikin badan tebel gitu adalah makanan, workout atau enggak. Ada program latihan buat nambah ukuran otot. Tapi ada juga kok, program yang naikin kekuatan bahkan selaras dengan daya tahan otot, tanpa nambah ukuran otot.

Intinya apa yang dimakan sih, bukan angkat bebannya yang bikin badan tebek. Mungkin, karena yang lebih sering dilihat itu atlet-atlet angkat beban atau bodybuilder, jadi seolah praktik angkat beban bikin otot jadi gede.

Lalu, mitos: "Angkat beban gak baik buat persendian."

Mentahin dengan: Justru sebaliknya malah bagus banget buat sendi. Karena repetisi gerakan yang dilakuin itu bikin macam-macam jaringan tubuh yang nyambung ke sendi jadi lebih kuat. Kalo emang tiba-tiba punya masalah sendi, sebaiknya diperiksakan, jangan coba dirawat sendiri. Dan gak selamanya juga workout jadi terapi. Pokoknya pisahin dulu mitos-mitosnya deh.

Mitos-mitos Angkat Beban yang Bikin Motivasi Hilang


Terakhir, mitos: "Segala jenis latihan beban bakal ngasih hasil yang sama."

Mentahin dengan: Tiap otot punya beberapa fungsi yang berbeda, dan ini bisa dikembangkan dengan latihan beban. Misal, otot bisa dibentuk untuk lebih kuat, tebal, cepat, tangkas dan bisa bikin kamu punya stamina lebih. Sangat memungkinkan untuk melatih otot-otot secara spesifik dan terpisah.

Riset tentang kebugaran dalam bidang olahraga menyatakan otot yang dilatih secara spesifik punya dampak yang lebih terlihat. Jumlah set dan repetisi, beban dan teknik yang memadai, sangat mungkin bisa menumbuhkan volume otot, menambah kekuatan, atau kecepatan, kelincahan, koordinasi dan daya tahan.

Mitos-mitos Angkat Beban yang Bikin Motivasi Hilang


Ada lagi mitos kalo angkat beban bisa bikin badan pendek gan, dan yang paling santer adalah mitos anak-anak bisa terhalang pertumbuhannya karena angkat beban. Kalo ditanya "Kok bikin pendek?" Jawaban simpel, "Ya karena bebannya nahan tubuh bahkan jadi bikin badan pendek."

Banyak faktor tumbuh kembang, dan angkat beban itu bukanlah penyebabnya, tapi memang bisa dikorelasikan. Lempeng epifisis yang terletak di ujung tulang panjang punya andil mempengaruhi pertumbuhan anak. Genetik juga ngaruh, kalo emang gennya pendek, mau gak angkat beban pun segitu segitu aja. Korelasinya di angkat beban hanya karena itu sebagai salah satu aktivitas fisik. Teknik yang salah bisa bikin cidera, atau pun otot tidak berkembang semestinya. Dan aktivitas fisik gak cuma angkat beban kan.

Lengkapnya bisa agan lihat di sini.

Semoga motivasi agan gak hilang ya, anggeplah mitos-mitos itu karena orang iri kalo ente punya waktu buat bagusin bentuk badan. Jadi sekarang agan juga bisa balikin ke bisik-bisik iblis, pastinya tambahin dengan riset agan sendiri.

Jan lupa emoticon-Cendol (S) gan.
image-url-apps
Kedua, mitos: "Angkat beban bikin badan tebek (Betawi dari: tebal, Inggris: Bulky) yg ini bikinemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


dulu ane masa bodoh amat gak percaya ama yg no.2, dan sekarang badan ane beneran tebek (jdi kelihatan pendek)emoticon-Nohopeemoticon-Nohopeemoticon-Nohopeemoticon-Hammer
Ngangkat beban masa lalu itu paling sakit gan emoticon-Sorry
KASKUS Ads
image-url-apps
Ane msh berjuang trus nih bre emoticon-Cool
image-url-apps
ngangkat beban keluarga bre yg begitu berat emoticon-Ngakak
image-url-apps
Mitos-mitos Angkat Beban yang Bikin Motivasi Hilang
Mitos-mitos Angkat Beban yang Bikin Motivasi Hilang
image-url-apps
apapun olahraganya mau angkat beban atau bukan, yang pasti body itu bisa di bentuk, olahraga itu bagus buat kesehatan, dan olahraga apapun itu membentuk badan itu sudah pasti....

yang ada hanya kemalasan manusia itu doang sih emoticon-Angkat Beer
image-url-apps
yang penting olahraga aja deh..
image-url-apps
Quote:


nah ini setuju
Wah nice share banget bre'
image-url-apps
nais inpoh bgt bre, ane hoby gym neh mayan buat referensi
image-url-apps
Angkat beban nanti bisa jadi pendek dan kontet. emoticon-Takut
Ane sudah engga pernah nge-gym soalnya serem banyak mAhok-nya, emoticon-Betty
image-url-apps
Quote:


pengen jd yg di angkat si eneng euy..
image-url-apps
klo pengen ngelakuin ya lakuin aja
gag usah peduliin mitos2
image-url-apps
Quote:


Aku tidak tergoda emoticon-Marah
image-url-apps
Quote:


Seger Bro
image-url-apps
Mitos-mitos Angkat Beban yang Bikin Motivasi HilangMitos-mitos Angkat Beban yang Bikin Motivasi HilangMitos-mitos Angkat Beban yang Bikin Motivasi Hilang sundul gan
kalo kelebihan angkat beban bisa nyeri bagian bola bawah laki laki apalagi sampe ngejepit rasa nya
image-url-apps
mantap gan..
Bonus cowo roti sobek
Mitos-mitos Angkat Beban yang Bikin Motivasi Hilang
×