alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Seorang Introvert
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9a283fdad770d00a8b4567/kelebihan-dan-kekurangan-menjadi-seorang-introvert

Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Seorang Introvert

Salam agan-agan semua. Izinkan saya kembali membagi sebuah cerita dalam kehidupan saya dalam rangka untuk mendapatkan saran dan masukan dari agan-agan semua.


Saya termasuk orang yang memiliki sifat pemalu dan pendiam gan, yang dalam istilah ilmu psikologi (mohon dikoreksi jika saya keliru) dikenal dengan nama Introvert. Saya mengakui ketika kecil, proses interaksi sosial saya kurang berjalan dengan  baik, karena orang tua saya dulu sangat overprotektif (mengekang) saya dengan melarang saya berteman atau bergaul dengan orang lain. Seringkali orang tua saya melarang saya berteman dengan si A atau Si B karena berbagai macam alasan, yang kemudian membuat saya lebih banyak melakukan aktifitas di dalam rumah saja. Oleh karena itu saya tidak banyak bergaul dengan orang lain dan memiliki sifat pemalu dan pendiam yang terbawa pada saya hingga memasuki masa sekolah, universitas, dan dunia kerja. Setelah itu saya menjadi tipe orang yang hanya berbicara pada waktu-waktu tertentu saja.  Saya lebih menyukai aktivitas dalam ruangan seperti membaca, menulis, berselancar di dunia maya, mendengarkan musik melalui gawai, dll. Teman saya juga tidak terlalu banyak, karena saya sangat jarang nongkrong seperti anak-anak muda pada umumnya. Banyak orang yang menganggap saya sombong, bahkan aneh, karena saya pendiam. Padahal saya memang tidak sedang ingin bicara, dan saya memang lebih senang mengungkapkan pemikiran saya melalui sebuah tulisan daripada lisan. Saya sempat mendapatkan "teguran" dari berbagai pihak yang meminta saya untuk berubah. Namun, sangat sulit gan bagi saya untuk berubah secara drastis, karenannya saya mencoba pelan-pelan berubah dengan lebih "bersosialisasi" karena tuntutan pekerjaan saya yang memaksa untuk bertemu bekerja sama dengan orang lain.

 

Terus terang saya sangat senang ada forum seperti kaskus ini, karena saya mendapat kesempatan untuk menulis pengalaman hidup saya dan mendapatkan berbagai macam saran dan masukan dari agan-agan sekalian. Nah, yang ingin saya tanyakan kepada agan-agan disini, apakah ada agan-agan atau teman agan ada yang memiliki juga sifat introvert seperti saya? Bagaimanakah agan-agan memandang sifat introvert itu sebenarnya? Apakah kelebihan dan kekurangan menjadi seorang introvert menurut agan-agan? Terima Kasih sebelumnya.

klo ane tergantung situasi dan kondisi bisa intro nisa ekstro
Koreksi, pemalu dan pendiam itu bukan introvert. Introvert itu adalah jenis kepribadian yang mengisi energu dengan berada dalam kesendirian. Sebaliknya kalau banyak berinteraksi dengan orang, energinya habis

Pendiam pemalu itu bukan ciri orang introvert.
Meski emg ada orang intro yg pendiam n pemalu.
Simpel nya kamu tau dia intro ato enggak itu gampang koq.
Misal nya serelah kamu beraktivitas (kerja, jalan, sekolah,kuliah) yg ketemu orang lain, kamu akan ngerasa pingin menarik diri. Ngerasa capek lalu pingin me time.
Me time itu bebas, membaca ngegame tidur ngaskus or lazy time.
Yg penting pingin sendiri aja.
Klo me time nya gak terpenuhi biasanya bakal uring uringan sendiri.
Dan introvert gak ansos.

Aq intro.
Kelebihan or kekurangan introvert kayaknya di "me time".
Jeleknya klo udah me time itu malas ketemu orang or menarik diri dari kehudupan sosial.
Kakak ku (ekstro)sering komplain klo ngajak aq keluar.
Banyak alasan dari sakit capek bosan malas ga ada duit.
Kelebihan nya, asik dengan dunia sendiri.
Misalnya kamu me time nya tidur ya seharian tidur terus.
Pingin ngegame ya ngegame seharian.
Wkwkwk
Diubah oleh enam.kehendak
Kelemahan orang goblok ansos : "menyalahi introvert terhadap dirinya di dalam realita"


salam flat earth
entah agan intro atau ekstro, tdk bisa disimpulkan dr cerita agan

krn agan mengalami mental blocking, ya krn trauma masa lalu
bkn salah agan juga sih,,

klo agan bisa menghancurkan tembok yg bernama mental blocking, bisa definisi ulang nanti apakah agan intro atau ekstro, atau ambivert...

ya krn agan sudah tau akar masalahnya ane rasa gampang, tinggal agan mau apa enggak aja..

gak ada kata terlambat buat blajar bersosialisasi sih, cmn mau apa enggak, itu aja emoticon-Big Grin

ho iya, blajar gak harus selalu berhasil, kegagalan hal yg lumrah~
Quote:


Biasanya yg di kekang begini jadi nya anti sosial gan.

Introvert gak harus pemalu, introvert ada yg bisa jadi penyanyi, pemimpin perusahaan, dancer, bahkan komika stand up jg ada yg introvert.

1. Introvert lebih nyaman sendiri tapi sanggup memiliki hubungan baik dengan orang lain sedangkan ansos tidak mampu berhubungan dengan orang lain dalam cara yang sehat

2. Introvert adalah kepribadian sedangkan ansos adalah masalah kesehatan mental.

3. Orang ansos bisa jadi sangat ekstrovert dan terbuka sedangkan introvert tidak bisa menjadi ekstrovert

4. Introvert menikmati hubungan dengan orang yang dekat dengannya, sedangkan ansos tidak punya rasa empati.

5. Introvert tidak perlu disembuhkan atau diubah sedangkan ansos butuh diubah

6. Introvert bisa ramah dengan siapa saja sedangkan ansos menganggap semua orang adalah musuh.

7. Introvert menghabiskan waktu dengan melakukan apa yang dia suka sedangkan ansos menghabiskan waktunya untuk berpikir bagaimana caranya memanipulasi orang lain.


https://www.google.co.id/amp/s/www.i...perbedaannya-1

Bedakan antara introvert dan anti sosial gan.
Ane termasuk yang introvert sih
Sering ngerasa capek aja gitu komunikasi dengan banyak orang, lebih baik sendiri aja

Di pekerjaan juga begitu
Dulu kerja di perusahaan besar, yang cabang nya dimana2. Tapi kagak betah. Karena ketemu banyak orang, atasan, perlu sosialisasi dan basa basi tingkat tinggi emoticon-Cendol Gan

Akhirnya resign.. dapet kerjaan di perusahaan kecil, karyawan nya gak begitu banyak (mengurangi drama yang nggak perlu), lebih homey aja
ini kebiasaan para orang2 minder dan ansos, selalu bersembunyi dibalik bayang introvert
Setau gw kelebihan introvert itu bisa bernafas kekurangannya ga bisa terbang
introvert selalu memperhatikan ekstrovert..... ekstrovert tidak peduli siapa itu introvert
Please jangan mengkotak-kotakkan diri dalam sekat introvert atau ekstrovert....
Lantas dengan mengaku-ngaku jadi introvert agan mendapatkan pembelaan untuk berlaku "anti sosial" gitu?
Kalau agan merasa ga nyaman dengan keadaan agan yg skrg dan ingin berubah ya berubahlah... Gak perlulah mengklaim diri sebagai seorang introvert kemudian berlindung dibalik istilah tersebut...
Be your best version, not intro or ekstro!
gapapa gan, gue juga gitu
nyamanin aja, kalo agan ga nyaman yasudah berubah hehe
ane dulu type introvert gan, jarang banget bersosialisasi, dulu waktu kecil ane tinggal di lingkungan yg isinya pecandu obat2n terlarang, dari situ orang tua ane ngelarang bergaul sama anak2 komplek, jadi sehari2 ane abisin waktu dirumah...


Setelah masuk dunia kerja, ane dan keluarga pindah ke kota lain, dsnilah sifat introvert ane mulai hilang, tuntutan pekerjaan yg membuat ane hrus banyak bergaul dengan orang lain, caranya kok bsa sih gan?

Yups bisa, karena ane sadar kalau jdi orang pendiam pasti ente ga bakalan bisa menjadi orang. Mau ga mau ente harus keluar dari zona tersebut...
Dan masa2 kuliah yg membuat ane benar2 lepas dari sifat introvert, ane sibukin gaul sana sini cari banyak teman, karena ane yakin teman ini yg akan menjadi link kesuksesan ane di waktu yg akan datang emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh o.best
Ga penting kali... mau intro ekstro.
Jalanin hidup dengan baik dan lakukan kebaikan untuk orang sekitar.
Kalau itu buat hidup kamu merasa nyaman yah gpp,

tapi sekali kali coba deh hal hal baru atau bertemu orang baru yg sifatnya beda sama kamu
Dukung dan ramaikan AsianParaGames kawan emoticon-Smilie emoticon-Smilie emoticon-Smilie
..........
introvert apa kuper? emoticon-Bingung (S)
Yang seperti saya selalu sampaikan bahwa terkadang kita tidak mengetahui secara mendalam apa itu introvert. Hanya karena pendiam dan pemalu bukam berarti dia introvert.

Yang anda alami bisa jadi hanya karena kebiasaan saja. Kebiasaan di rumah jadi enaknya ya di rumah. Larangan orang tua untuk main dengan teman anda memang punya pengaruh tapi dengan berjalannya waktu dan usia anda, saya pikir anda bisa cari jalan keluarnya.

Suka di rumah, lebih suka berkegiatan sendiri, menurut saya bukan sesuatu yang aneh kok. Itu pilihan. Sama juga memilih sekali kali ketemu orang untuk ngobrol.

Biasa saja.

Good luck.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di