alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Medcom.id /
Kualitas Air Ciliwung Mencemaskan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9a1203d9d770e1508b4589/kualitas-air-ciliwung-mencemaskan

Kualitas Air Ciliwung Mencemaskan

Kualitas Air Ciliwung Mencemaskan

Jakarta: Kualitas air sungai Ciliwung masuk dalam kategori mengkhawatirkan. Berdasarkan laporan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, kadar bakteri E coli sudah mencapai 40 ribu per 100 mililiter.


Jumlah tersebut naik 40 kali lipat berdasarkan batas aman baku mutu air, yakni 1.000/100ml. Tren kualitas sungai dari 2014 hingga 2017 sungai dari hulu, yakni Bogor, Depok, dan Tangerang, disebut telah tercemar berat.


'Jadi, dari segi kasat mata kali atau sungai di Jakarta sudah oke, Tapi ternyata berdasarkan kualitas air, ini mengkhawatirkan,' kata Wakil Kepala DLH DKI Jakarta Ali Maulana di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis, 13 September 2018.


Dari 20 sungai, ada 90 titik yang diukur Dinas LH DKI Jakarta. Dari situ ditemukan sebanyak 61% titik tercemar berat, 27% titik tercemar sedang, dan 12% titik tercemar ringan.


20 sungai yang menjadi titik ukur adalah Sungai Ciliwung, Cipinang, Angke, Mokevart, Grogol, Sunter, Krukut, Cengkareng, Buaran, Petukangan, Kali Baru, Banjir Kanal Timur, Cakung, Cideng, Mampang, Tarum Barat, Kamal, Pesanggrahan, Sungai Sepak, dan Blencong.


Ali mengaku sedang berupa agar sungai kategori tercemar ringan dan sedang tidak naik menjadi berat. Selain kerja sama antarsatuan kerja perangkat daerah, penanganan kali juga perlu dikerjakan bersama daerah penyangga.


Baca: Mimpi Sungai Jakarta seperti di Korsel Masih Jauh


'Upayanya kita harus ada kerja bersama antara daerah penyangga, kota-kota atau pemkot yang ada di sekitar kota Jakarta. Kedua, kita petakan penyebabnya,' pungkas dia.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menginginkan kali Ciliwung seperti Sungai Cheonggyecheon, Seoul, Korea Selatan. Keinginannya itu ia sampaikan setelah blusukan ke sungai yang menjadi tempat favorit warga Korea itu. 


'Sungai Cheonggyecheon sebuah inspirasi yang sangat bagus, kalau di Jakarta ada Ciliwung bisa jadi bersih seperti ini, wow, dan itu bisa,' kata Jokowi di Seoul, Selasa, 11 September 2018.


Sumber : http://news.metrotvnews.com/metro/VN...ng-mencemaskan

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Kualitas Air Ciliwung Mencemaskan Banyak Kotoran Manusia, Kali Krendang Batal Diperbaiki

- Kualitas Air Ciliwung Mencemaskan Kementerian LHK Petakan Titik-titik Sampah di Sungai Jakarta

- Kualitas Air Ciliwung Mencemaskan Ciliwung dan Pasukan Oranye

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di