alexa-tracking

Tambal defisit APBN, pemerintah terbitkan surat utang lagi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b99f0b598e31b025c8b4570/tambal-defisit-apbn-pemerintah-terbitkan-surat-utang-lagi
Tambal defisit APBN, pemerintah terbitkan surat utang lagi
Tambal defisit APBN, pemerintah terbitkan surat utang lagi
Ilustrasi utang
Pemerintah kembali menerbitkan surat utang negara (SUN) demi menambal defisit Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2018.

Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR), Kementerian Keuangan akan menerbitkan SUN untuk agar defisit APBN sesuai target sebesar 2,19 persen dari Produk Domestik Bruto atau setara Rp325,9 triliun.

"Iya, kami akan penuhi target defisit sampai akhir tahun," kata Direktur Strategi dan Portofolio Pembiayaan Scenaider Siahaan kepada detikFinance, Jakarta, Rabu (12/9/2018).

Scenaider melaporkan bahwa defisit anggaran yang sudah dipenuhi oleh pemerintah mencapai Rp150 triliun atau 1,02 persen dari target yang ditetapkan. Tahun ini, hingga 31 Agustus 2018, APBN sudah defisit Rp150 triliun. Defisit ini lebih rendah dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencapai Rp220 triliun.

Jika target defisit sebesar Rp325,9 triliun, maka masih ada sekitar Rp175 triliun bagi pemerintah untuk memenuhi defisit anggaran di 2018.

SUN adalah surat berharga yang berupa surat pengakuan utang dalam mata uang rupiah dan asing yang dijamin pembayaran bunga dan pokoknya oleh negara sesuai dengan masa berlakunya.

SUN adalah bagian dari Surat Berharga Negara (SBN). SUN terdiri dari Obligasi Negara (ON) dan Surat Perbendaharaan Negara (SPN). Obligasi adalah SUN dalam bentuk mata uang rupiah dengan kupon atau dengan pembayaran bunga secara berkesinambungan dalam jangka waktu lebih dari 12 bulan.

Penerbitan SUN kali ini adalah bagian dari SBN yang rencananya akan diterbitkan tahun ini sebesar Rp212 triliun.

Scenaider menuturkan, penerbitan SBN sekitar Rp212 triliun tersebut antara lain untuk memenuhi penyertaan modal negara (PMN) yang biasanya dijadikan suntikan modal dari pemerintah buat BUMN.

"Penerbitan SBN itu bukan hanya untuk defisit, tetapi juga untuk refinancing utang plus untuk pembiayaan antara lain PMN, jadi lebih kurang Rp212 triliunan sampai akhir tahun ini," jelas dia.

Scenaider menjelaskan SBN ini bakal diterbitkan dalam mata uang rupiah. "Penerbitan SBN valuta asing sampai akhir tahun sepertinya nggak ada lagi, karena semuanya di SBN rupiah," kata dia.

Target SBN ini adalah investor ritel, private placement dengan institusi domestik dan lelang secara reguler.

Penerbitan SBN dalam bentuk rupiah ini juga menjadi pilihan tepat. Saat rupiah melemah dan agar porsi kepemilikan investor asing terhadap SBN jangan makin membesar.

Pada Januari lalu, porsi kepemilikan investor asing terhadap SBN terus meningkat. Data Kementerian Keuangan menyebut saat ini porsi asing di SBN sebesar 40,34 persen dari total surat utang yang dapat diperdagangkan.

Jumlah itu meningkat dibanding 2017 sebesar 39,82 persen dan akhir 2016 yang berada di posisi 37 persen.

Lelang SUN selama ini selalu laris manis. Dari 15 transaksi penjualan SUN, hanya dua kali penawaran yang masuk lebih rendah dari target indikatif.
Tambal defisit APBN, pemerintah terbitkan surat utang lagi


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...rat-utang-lagi

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Tambal defisit APBN, pemerintah terbitkan surat utang lagi Ari Ashkara, dari Pelindo kembali ke Garuda Indonesia

- Tambal defisit APBN, pemerintah terbitkan surat utang lagi Kebakaran gunung Sindoro-Sumbing dan perkakas misterius

- Tambal defisit APBN, pemerintah terbitkan surat utang lagi Risiko terjadinya krisis mata uang di Indonesia dinilai kecil

×