alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Rupiah Dinilai Tangguh Hadapi Dolar AS
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b99e274947868e3248b4569/rupiah-dinilai-tangguh-hadapi-dolar-as

Rupiah Dinilai Tangguh Hadapi Dolar AS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kurs rupiah dinilai masih cukup kuat di tengah pelemahan mata uang sejumlah negara. Bahkan rupiah termasuk paling tangguh dibandingkan mata uang enam negara anggota G-20.

Deputi Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Ekonomi Strategis Kantor Staf Presiden (KSP) Denni Puspa Purbasari menegaskan pelemahan rupiah tidak akan mencapai titik krisis moneter seperti 1998.

Pemerintah tidak panik, tetapi lebih mawas diri dalam mengobservasi data market Indonesia serta berbagai perkembangan terkini di dunia internasional. "Situasi Indonesia ini jauh berbeda dibandingkan kondisi pada 1998 atau 2008. Satu hal yang pasti cadangan devisa kita jauh lebih kuat, lima kali lebih kuat dibanding 1998," kata Denni melalui siaran pers, Rabu, (12/9).

Cadangan devisa Indonesia, kata dia, per akhir Juli 2018 mencapai 118,3 miliar dolar AS. Sementara saat terjadi krisis ekonomi tahun 1998, cadangan devisa Indonesia hanya sebesar 23,61 miliar dolar AS.

Indikator positif lainnya, kata Denni, Bank Indonesia (BI) mencatat adanya aliran masuk modal asing sebesar 4,5 miliar dolar AS ke Indonesia. Selain itu, pertumbuhan ekonomi juga solid serta tidak ada masalah dengan peringkat surat utang pemerintah.

"Sehingga kita masuk dalam investment grade yang bagus atau layak investasi menurut lima lembaga pemeringkat ekonomi,” ungkapnya.

Baca juga, Rupiah Kembali Melemah, Ini Penjelasan Sri Mulyani.

Ia menambahkan, dalam situasi seperti saat ini, penting adanya independensi BI. Situasi ini berbeda dengan negara lain seperti Turki dan Argentina yang juga tengah mengalami krisis. “Hal ini beda dengan intervensi yang dilakukan pemerintah Turki dan Argentina terhadap bank sentralnya. Dengan begitu ada hambatan ketika bank sentral ingin menaikkan suku bunga, misalnya,” jelasnya.

Denni menambahkan, Indonesia juga memiliki hubungan baik dengan bank sentral negara lain. Di antaranya Jepang, Cina, Korea Selatan, dan Australia.

Terkait pelemahan nilai rupiah terhadap dolar AS, Denni mengingatkan, sebagai negara pengekspor minyak dan beberapa komoditas lain, pemerintah juga mendapatkan windfall berupa kenaikan PNBP. Keuntungan tersebut di antaranya digunakan untuk mensubsidi solar agar dapat menstimulasi produktivitas di bidang industri, khususnya transportasi barang dan jasa.

Berdasarkan data Bloomberg, terhitung sejak awal tahun hingga pertengahan Agustus 2018, nilai tukar rupiah lebih mampu menahan penguatan dolar Amerika Serikat (AS) jika dibandingkan dengan mata uang Turki, Argentina, Rusia, Brasil, Afrika Selatan dan India. Dalam sepekan terakhir pun, nilai rupiah belum menyentuh Rp 15 ribu per dolar AS.

Sejak awal tahun ini hingga pertengahan Agustus 2018, rupiah melemah 7,7 persen terhadap dolar AS. Sementara Lira Turki melemah 80,43 persen dan Peso Argentina (56,90 persen). Rupiah juga lebih kuat jika dibandingkan rubel Rusia yang melemah 17,62 persen, Real Brasil melemah 16,66 persen, rand Afrika melemah sebanyak 16,65 persen, serta rupee India melemah 9,66 persen.

Data Reuters juga menunjukkan pelemahan nilai tukar rupiah tidak terlalu dalam jika dibandingkan enam negara anggota G-20. Dari awal tahun hingga akhir Agustus 2018 atau year to date (ytd), rupiah melemah 8,4 persen.

https://republika.co.id/berita/ekonomi/keuangan/18/09/12/pexvlj377-rupiah-dinilai-tangguh-hadapi-dolar-as?utm_source=dable

Cuman kampret aja yg ribut dollar naik. Padahal dibanding dengan banyak negara, rupiah tergolong tangguh menghadapi dollar.
semoga dolar makin turun
Ngaco banget...emoticon-Embarrassment
hoax membangun kata cebong
ane kecewa rupiah ga naek lagi.. kan ga jadi nuker duit lagiemoticon-Hammer2

ane apresiasi kinerja pemerintah bikin rupiah bertahan, bahkan menguat ini tadiemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol
yang ngomong ini >>>Deputi Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Ekonomi Strategis Kantor Staf Presiden (KSP) Denni Puspa Purbasari emoticon-Ngakak
Ya Tuhan.....nastak kok goblok-goblok banget ya

ampe segitunya bela junjungannya

emoticon-Wkwkwk
Balasan post tujuh.tahun
Quote:


Nastak bebal
tangguh apaan?????

Ringgit tambah mahal

Hongkong dollar tambah mahal

Thailand bath tambah mahal

Sing dollar tambah mahal

Yen jepang tambah larang

Kalo komparasinya ama yg nyungsep ya emang kelihatan tangguh
Diubah oleh MIXMAXMUX
cadev udh abis brp buat intervensi?
hoax membangun, hahaha
1 ringgit = 3500
1 kina = 4500
1 $ sing = 10500
1 riyal = 3900

emoticon-Malu

itu dibilang kuat ?

emoticon-Malu

Diubah oleh tgl.12.12.12
Oposisi: rupiah hilang wibawa emoticon-Smilie
Apakah trit ini akan menjadi HT seperti halnya trit nastak tentang pesawat herkules?
Ada baiknya kita tunggu saja pemirsah emoticon-Cool
republika sdh menunjukan kesopanannya kepada pemilik saham


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di