alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Siapa sangka, selain unik tumbuhan ini juga bermanfaat lho
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b99de2694786859058b4568/siapa-sangka-selain-unik-tumbuhan-ini-juga-bermanfaat-lho

Siapa sangka, selain unik tumbuhan ini juga bermanfaat lho

Siapa sangka, selain unik tumbuhan ini juga bermanfaat lho

Pohon Dinamit (Dinamit Hura Brasiliensis) yaitu sejenis pohon yang tumbuh di hutan tropis daerah amazon amerika selatan. Pohon ini juga sering disebut pohon neraka. Bentuknya yanag unik dan memiliki duri di batangnya terlihat semakin menyeramkan.

Siapa sangka, selain unik tumbuhan ini juga bermanfaat lho

Pohon ini juga memiliki buah berwarna kemerah-merahan. Namun jika buah ini telah masak ia akan meledak dengan sendirinya dan ledakannya bisa berbahaya bagi manusi dan hewn yang berada disekitar pohon ini. jadi, jika kamu sedang melewati pohon harap berhati-hati ya.

Siapa sangka, selain unik tumbuhan ini juga bermanfaat lhoSiapa sangka, selain unik tumbuhan ini juga bermanfaat lho

Pohon ini juga memiliki duri di sekujur batangnya duri ini besar dan sangat tajam sekali. serta getah dari pohon ini juga beracun lho. Konon katanya getah pohon ini sering dimanfaatkan warga sekitar untuk melumasi ujung anak panah yang akan diluncurkan ke musuh. Sehingga mereka bisa melumpuhkan musuh dengan mudah. Namun apabila keracunan getah ini, kita dapat menghilangkan efeknya dengan menggunakan susu dan gula yang dicucikan ke wajah sebagai penawarnya.

Siapa sangka, selain unik tumbuhan ini juga bermanfaat lho

Selain itu, pohon ini tumbuh dengan tinggi sekitar 30 meter dan berada di hutan tropis.  Jika Indonesia pohon ini seperti pohon randu dan jarak. Dan daunnya sedikit mirip dengan pohon durian.
Tanaman ini berasal dari Amerika. Daerah penyebarannya sampai negara-negara di Asia. Jenis tumbuhan ini akan tumbuh dengan baik di tanah liat berpasir dengan intensitas  sinar matahari penuh dan pada daerah dengan ketinggian 0-400 m di atas permukaan laut. Sesuai dengan sifat hidupnya yang menyukai daerah lempung berpasir, jenis tumbuhan ini banyak ditemukan di daerah pantai.

Buah roda mempunyai kegunaan sebagai tumbuhan obat dan yang pasti baik untuk kesehatan. Di Pulau Jawa buahnya yg sudah diubah menjadi bubuk atau yang sudah dilembutkan biasanya digunakan untuk mengobati puruh yang menahun. Di Yogyakarta dan Solo, biji yang di bakar setengah matang di kupas atau di bentuk pil dicampur dengan madu sebagai bahan pencahar. Kegunaan lainnya dapat ditemukan di Hawai, kayu buah roda digunakan sebagai bahan bangunan dan kotak kemasan. Kulit batang yang dimemarkan dan getah kayu digunakan sebagai racun ikan. Di Baturaja, Prabumulih, sampai Palembang di Propinsi Sumatera Selatan, buah roda dijadikan tanaman peneduh di sepanjang jalan utama. Di Pulau Jawa, kebanyakan tumbuhan ini dijadikan sebagai tanaman hias.[/size]


Baca juga :
Pernah Gak Sih Kaki Tiba-Tiba Gatal Waktu Olahraga?
Awas, Inilah 4 Masalah dari Kebiasaan Main Smartphone Sebelum Tidur
Diubah oleh godbli
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di