alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ada Jalankah agar Pak Eko Bisa Masuk Rumahnya?
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b99d91e14088d8f6c8b4568/ada-jalankah-agar-pak-eko-bisa-masuk-rumahnya

Ada Jalankah agar Pak Eko Bisa Masuk Rumahnya?

Ada Jalankah agar Pak Eko Bisa Masuk Rumahnya?
Bandung - Rumah Eko Purnomo (37) yang tak memiliki akses jalan masuk mulai menemukan titik terang. Eko ternyata seharusnya memiliki akses jalan berupa gang sesuai denah Badan Pertanahan Nasional (BPN). Tapi lahan itu dibangun sebuah rumah.

Denah berupa berita acara pengukuran itu sebenarnya sudah didapat Eko dari BPN sejak tahun lalu. Dia memang sengaja meminta BPN untuk meninjau ulang rumahnya agar dia memiliki akses jalan. BPN akhirnya menerbitkan berita acara pengukuran. 

Denah itu juga ditunjukkan Eko di kantor Kecamatan Ujungberung saat musyawarah dengan tetangga Eko kemarin, Rabu (12/9/2018). Dalam denah tersebut, terdapat gambar diarsir yang merupakan akses gang menuju rumah Eko. 

"Dari pengukuran BPN, ada rumah dibangun di lahan yang sebelumnya gang. Itu fasos (fasilitas sosial) dan fasum (fasilitas umum)," ujar Eko.

Eko mengetahui rumah yang menutupi akses jalannya itu. Menurut dia, lahan tersebut dibangun oleh mantan RW Saldi yang digunakan oleh Ibu Rohanda. 

Rumah yang menutupi akses jalan itulah yang dituntut oleh Eko saat ini. Eko berpegang teguh pada hasil peninjauan yang dilakukan oleh BPN.

"Iya itu yang saya tuntut, karena itu hak saya. Kalau ke Pak Rahmat ya mengetuk hati nuraninya apakah bisa memberikan akses jalan," kata Eko.

Soal adanya akses gang ini juga diamini oleh Koordinator Wilayah Ujungberung Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Bandung, Enay Darso. Menurutnya berdasarkan denah BPN, Eko memiliki akses jalan yang kini jadi bangunan rumah.

"Dalam aturan yang sudah dibuat BPN itu ada tanah yang diarsir. Memang itu dalam siteplan seharusnya memang untuk fasum, untuk gang," kata Enay.

Dalam pertemuan itu juga Rahmat Riadi tetangga depan rumah Eko hadir. Rahmat membantah rumahnya disebut memblokade akses jalan Eko. 

Rahmat juga punya bukti surat sertifikat beserta denah BPN. Denah tersebut juga serupa dengan milik Eko.

"Memblokade dari mana? Jelas-jelas dari sertifikatnya kita sesuai. Eko punya akses jalan tapi memang sekarang sudah ada rumah di depannya, rumah Ibu Rohanda," kata dia.

Sementara Saldi (68) mengklaim lahan yang diarsir tersebut merupakan tanah milik pribadi. Dia juga menyalahkan BPN atas penerbitan denah arsir yang disebut fasos dan fasum.

"Itu sebenarnya tanah milik. Makanya saya menyalahkan kenapa disebut fasum dan fasos, kenapa BPN menerbitkan fasum, kan itu tanah milik, surat ada. Sekarang sudah dibangun, kenapa enggak dari dulu," kata Saldi.

Namun saat ditanya sertifikat, Saldi menyebut memang lahan tersebut tak bersertifkat. Surat-surat hanya berupa akta jual beli (AJB). 

"Sertifikat tidak. AJB, sebab waktu itu di ayudikasi tahun 1998 tidak mengikuti," kata dia.

Pertemuan yang dilakukan kemarin tak berbuah hasil. Camat Ujungberung Taufik menyerahkan permasalahan itu diselesaikan antara Eko dan tetangganya.

Tapi dalam pertemuan itu, Taufik mengambil tiga kesimpulan yang bisa diselesaikan.

"Pertama apakah tanah Pak Eko akan dibeli oleh Pak Rahmat atau Pak Yana dengan harga Rp 150 juta. Kedua apakah legowo dengan memeberikan jalan. Ketiga, Pak Eko mau membeli lahan untuk jalan. Itu hasil mediasi yang kita fasilitasi pagi tadi," ujar Taufik.

Lantas apa jalan keluar agar Pak Eko bisa masuk rumah? (dir/ern)

https://m.detik.com/news/berita-jawa...masuk-rumahnya
Halaman 1 dari 5
LOMPAT...... PAK EKO....
Emang si eko nya ga punya pintu belakang ? emoticon-Bingung
Quote:


Terkepung gan, bukan tertutup
Ada Jalankah agar Pak Eko Bisa Masuk Rumahnya?
runtuhkan "tembok gaza" itu pak ekooo... semangatt ngat... ngat... emoticon-Games
Kasihan pak eko , mungkin pak eko bisa gali terowongan lalu di jadiin jalan supaya bisa keluar masuk emoticon-Kaskus Radio
itulah pentingnya sertifikat tanah, jangan hanya berlandaskan AJB langsung merasa sudah memiliki hak atas tanah itu
pelajaran penting bagi semua orang untuk tertib administrasi
pusing pak eko pusing!!!
Tetangganya ga mau jual tanahnya buat jd jalan atau gmn gtu biar sama2 enak
Klo secara hukum, jelas Pak Eko harus dapet jalan dan rumahnya Bu Rohanda mesti d bongkar sedikit utk akses jalan tersebut. Walaupun di klaim sm Pak Saldi tuh tanah milik pribadi, tp nyatanya gk pnya sertifikat cuma punya akta jual beli (AJB). kalah kuat buktinya secara hukum emoticon-Cool

win2 solution, tuh rumah pak eko d jual aj, dan d beli sm orng yg rumahnya mepet dg rumah pak eko. Harga murah, rumah tambah gede lgi emoticon-Cool

atau paksa bongkar rumahnya Bu Rohanda dg ganti rugi yg sepantasnya oleh pak eko emoticon-Cool

ada ... suruh kasih jalan ke pak eko ato gusur bangunan tetangganya oleh pemkot emoticon-Big Grin
secara bangunan tanpa imb adalah liar & bisa digusur kalo menyalahi aturan walopun ada ditanahnya sendiri
seperti melanggar garis sepadan & tidak ada ijin dari tetangga

salah satu syarat imb keluar adalah ijin dari tetangga sekeliling rumah yg akan dibangun
karena tanpa imb maka sudah jelas tanpa ijin tetangga aka melanggar aturan main
kalo pake imb jelas pak eko gak akan mau ttd sebelom urusan akses rumahnya jelas

unsur penting rumah adalah akses masuk
walopun rumahnya ada di dalem tetangga yg terakhir gak boleh bangun sampe menutup jalan
wajib kasi akses minimal lebar 1m dgn ato tanpa ganti rugi
kalo gak imb gak keluar & gak bisa bikin rumah
kalo dipaksa rumah bisa dibongkar karena menyalahi aturan emoticon-Big Grin
jual aja tanah nya. beli di tempat lain
hal seperti ini kan seharusnya tidak terjadi kalau antar tetangga pada rukun.

ini hanya dugaanku, yang namanya Eko ini agak kurang akur dengan warga sekitar
berantakan banget, kayak ngasal bangun rumah.
Balasan post kinonotabi
Quote:


saya mecah tanah kebon aja diminta sama orang BPN buat tetap dibikin jalan kok 2,5 meter ke tanah kiri 2,5 meter ke tanah kanan dari batas.
Quote:


Baik pak Eko maupun tetangganya emang sama2 ga punya IMB emoticon-Big Grin
pak ekoo iki sopo toh tak...
Balasan post kenteliyon
Quote:

ane juga kepikiran demikian emoticon-Big Grin
secara dalam kampung kalo ada yg kelakuannya miring pasti diboikot bareng2
mungkin ngasih pelajaran dgn di blokade 4 sisi kek gaza
tapi bagaimanapun juga gak bisa itu ... aturan maennya gak boleh maen blokir seenaknya kalo digugat secara hukum bisa kena gusur berjamaah tetangga2nya emoticon-Big Grin

bisakah bangunan yg melanggar imb digusur? banyak emoticon-Big Grin
di sby bangunan2 mewah yg makan brangang digaruk sama pemkot
ruko2 yg makan gsb juga dipapras mukanya sama excavator
adakah tim kampanye yg sudi buat jadi solusi? Lumayan naikin populeritas.

Masuk pengadilan aja, biayanya ditanggung pemprov atau pemda
Balasan post stealth.mode
Quote:

bener ... pencegahan awal dari sertipikat
utk bikin sertipikat walopun bpn itu lelet & penuh misteri kapan jadinya & berapa ongkosnya tapi secara teknis ada sop yg dilakukan secara teliti
mulai pengukuran lahan sampe validari histori tanahnya dari kelurahan & kecamatan setempat
kalo ada tanah dikepung tetangga2nya tanpa jalan akses pasti dibuatkan jalan di salah satu tanah terdekat jalan waktu pengajuan sertipikat dijadikan fasum jalan
Quote:

tinggal kasi tawaran aja ... ngasi jalan ato digusur paksa karena gak punya imb emoticon-Big Grin
masalah pak eko & tetangga2nya gada imb itu sudah umum di kampung2
tapi dengan adanya kasus ini kan bisa ditekan tetangganya dgn imb walopun kalo didata sekampung itu juga palingan gak punya imb semua emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 5


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di