alexa-tracking

Rhenald Kasali Ilmuwan, Diajak Bicara Dollar AS Saja Tidak Berani

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b99d634ddd770202e8b4568/rhenald-kasali-ilmuwan-diajak-bicara-dollar-as-saja-tidak-berani
Rhenald Kasali Ilmuwan, Diajak Bicara Dollar AS Saja Tidak Berani
JAKARTA, KOMPAS.com - Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Rhenald Kasali menyebut banyak pihak yang memahami fenomena pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS sepotong-sepotong atau tidak utuh. Hal itu akan membuat orang menjadi cemas, terlebih jika ada pihak-pihak tertentu yang sengaja memanfaatkan hal tersebut untuk kepentingan tertentu.

"Saya adalah seorang ilmuwan di Fakultas Ekonomi. Saya diundang media untuk berbicara dollar AS saja saya tidak berani. Saya ahli bisnis melihat hanya sepotong, dari satu aspek. Saya tidak mengerti kalau ada orang yang merasa ahli segala-galanya," kata Rhenald kepada Kompas.com saat ditemui di Jakarta Convention Center, Rabu (12/9/2018).

Rhenald menjelaskan, untuk memahami tentang dollar AS dan pengaruhnya ke mata uang negara lain, harus dilihat secara komprehensif dari berbagai sudut pandang. Tidak bisa dari satu atau dua sudut pandang saja, misalkan dari kacamata moneter dan fiskal, namun juga harus lihat dari sudut pandang sektor perdagangan, perubahan teknologi, hingga bidang lain seperti hubungan antarnegara dan sebagainya.

Menurut Rhenald, dirinya mendapati banyak orang yang merasa sudah paham tentang pelemahan nilai tukar dan hanya memahami dari sudut pandang tertentu saja, kemudian langsung membuat kesimpulan. Hal itu membuat masyarakat jadi lebih khawatir, tanpa tahu apa yang sebenarnya sedang terjadi di tataran global.

"Bayangkan kalau masyarakat hanya melihat dollar dari kacamata Indonesia saja, terjadi depresiasi, dikaitkan lagi dengan psikologi tahun 1998, kita keliru," tutur Rhenald.

Jika dibandingkan dengan negara berkembang lain, Rhenald menyebut Indonesia termasuk negara yang tahan terhadap ketidakpastian global, terutama dalam hal pelemahan nilai tukar.

Dia pun mengajak agar masyarakat yang mengikuti isu tersebut lebih banyak mencari referensi terkait dan dari sumber yang terpercaya, serta tidak mudah membuat kesimpulan berdasarkan sumber yang minim.

"Ini terjadi di seluruh dunia, dan Indonesia salah satu negara yang dampaknya kecil dibandingkan di negara-negara lain. Ini penyebabnya AS melakukan kebijakan, sehingga dollar-nya pulang kampung. Sama seperti Lebaran kemarin, pembantu kita pulang kampung, kita harus bayar (pembantu) infal yang mahal," ujar Rhenald.

Dalam menghadapi pelemahan nilai tukar rupiah, pemerintah telah menempuh sejumlah kebijakan, di antaranya mengendalikan impor barang konsumsi, peningkatan devisa dari sektor pariwisata, hingga menunda proyek infrastruktur yang memiliki komponen impor yang tinggi.

Selain itu, Bank Indonesia selaku otoritas moneter juga mengantisipasi dampak tersebut dengan menaikkan suku bunga acuan dan melakukan intervensi ganda, baik di pasar valas dan beli SBN (Surat Berharga Negara) yang dilepas investor di pasar sekunder.

Sumber : https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/12/192021226/rhenald-kasali-saya-ilmuwan-diajak-bicara-dollar-as-saja-tidak-berani

===================================

Kemarin gara-gara Pilkada DKI semua jadi belajar agama dan ayat-ayat untuk saling serang.... Semoga dengan kondisi nilai Dollar yang tinggi semua juga belajar ekonomi untuk berdebat.....


Selalu ada manfaat dari setiap kejadian....
ada ahli segala-galanya tuh si rockygraung emoticon-Big Grin emoticon-Leh Uga:
image-url-apps
Quote:


Apapun "Masalahnya" Ratna Sarumpaet "Bintang-nya"

emoticon-Ngakak
KASKUS Ads
image-url-apps
yahh , tetap saja , waspada juga dilakukan .

apalagi kalau pihak sebelah " menggoreng isu " dan bandingin dengan SBY tanpa tahu penyebab kenapa jaman SBY dollar di indonesia masih selamat .

image-url-apps
Nasbung mana paham. emoticon-Ngakak
image-url-apps
Ahli2 dadakan
apakabar T3U pak ? yg ngasih masukan dibilang antek changi emoticon-Leh Uga
Quote:


Sempat terjadi pelemahan dan berkurangnya devisa saat SBY hanya waktu itu media dan semua para ahli menyebut dengan istilah "Krisis Global"
image-url-apps
menurut gw org2 yg jadi ahli dadakan itu bagus biar pemerintah mawas diri.
Bodoh dan goblok kalau merasa dollar turun karena pemerintah tidak becus , tapi politik itu jahat bos .. sekecil apapun sebuah riak kalau di lemparin batu terus bisa menjadi gelombang juga emoticon-Kaskus Radio
nasbung tak bisa mencerna hal seperti itu.

emoticon-Toast
image-url-apps
POKOKNYA DOLLAR NAIK SALAH PKS!!! POKOKNYA DOLLAR NAIK SALAH ANIES!!! KHAS NASTAK BANGET!!! emoticon-Ngakak emoticon-Wkwkwk
Reply to temonoid's post
image-url-apps
Quote:


Ada beritanya ya gan? Coba gan di share disini
image-url-apps
Bila seorang ilmuwan ekonomi menjadi dosen ekonomi itu adalah hal yang wajar.
Quote:


Maksud ane, nastak ga berani dikoreksi. selalu nyalahin pihak lain. Pihak external lah, bilang UMAT kebanyakan demo lah. Padahal gara2 impor yg terlalu banyak. Dan ga mau dikoreksi. emoticon-Najis
image-url-apps
rocky gerung dan mca ahli ekonomi ulung, pak prof
Reply to temonoid's post
image-url-apps
Quote:


Ohhhh kirain PKS mau play victim lagi merasa dan menggambarkan seakan dizolimi dituduh terus sebagai penyebab anjloknya Rupiah...

Ternyata itu perumpamaan ya...???? Hehehehe tadinya ane sudah mau kasihan sama PKS.....

Ehhh iya bawa2 ummat itu capresnya sholat Jumat ga??? Masa Ummat disuruh pilih capres yang gak sholat???
image-url-apps
klo mau komprehensif cuma pemerintah yang punya wewenang menjelaskan

Masalahnya adalah setiap ditanyakan selalu bilang tenang sampe kemudian menembus level psikologis baru 15rb.

Akhirnya terusiklah orang2 yg juga paham ekonomi makro. Berkembanglah semua teori.

Ini kejadian juga pada saat rupiah tembus level 14rb

Jadi masalah utama adalah turunnya kepercayaan kepada pemerintah.
Reply to temonoid's post
image-url-apps
Begitulah nastak dongok. Gitu aja ga ngerti. emoticon-Big Grin

Ga tau. Yang penting kepentingan UMAT didahulukan. Apalagi di belakangnya ada PKS. PKS MENANG, INDONESIA BERKAH!!! emoticon-shakehand
image-url-apps
Quote:


dude get a life
×