alexa-tracking

State of capitalism ? ( Ekonomi dan politik )

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b99ccc4dcd770ee058b4572/state-of-capitalism---ekonomi-dan-politik
State of capitalism ? ( Ekonomi dan politik )
State of capitalism ? ( Ekonomi dan politik )
Sejak rontok nya Wallstreet yang dipicu oleh bangkrutnya Lehman Brothers, negara liberal seperti AS dan Eropa mulai kembali menempatkan State capitalism dalam kebijakan ekonominya. Mengapa ? Suksesnya China dan Rusia , Singapore lepas dari jerat krisis ekonomi karena kebijakan state capitalism yang begitu besar dalam perekenominan negara. State companies (di Indonesia dikenal dengan BUMN) mengambil proporsi 80% dari perekonomian China. China (Sinopec Group, China National Petroleum Corporation dan State Grid) masuk dalam sepuluh peringkat perusahaan dengan pendapatan terbesar melawan hanya dua perusahaan dari Eropa (Royal Dutch Shell dan British Petroleum). Juga Rusia selalu perkasa menghadapi badai krisis karena 62% dari total kapitalisasi asset di Rusia. Bahkan Singapore mencapai 90% dikuasai oleh BUMN nya.

Cina dan Rusia yang telah mengembangkan formula state capitalism dalam beberapa dekade belakangan ini. State capitalism saat ini mempunyai alat-alat yang lebih sophisticated dibanding state capitalism saat dulu. Negara modern mempunya peran yang lebih kuat dibanding sebelumnya seperti Chinese Communist Party yang memiliki jumlah pengikut yang sangat besar. Walaupun umumnya partai penguasa sering menggunakan cronies dalam pemberian kekuasaan sehingga mempunyai kemungkinan penggunaan modal tidak berjalan dengan baik tetapi partai komunis Cina menggunakan manager professional bahkan bila perlu impor dari luar sehingga perusahaan dapat berjalan dengan baik. Jadi kekuatan yang besar (negara), dana yang besar (anggaran negara), nasionalisme dan profesionalisme nantinya akan menjadi kekuatan sistem ekonomi yang baru yaitu state capitalism.

Apa yang di lakukan era Jokowi adalah menjalankan konsep state capitalism itu. Peran BUMN bukan hanya sebagai pencetak laba dan pelaksana Public service obligation tapi juga sebagai agent of development. Dengan adanya BUMN maka ekspansi anggaran melalui PMN tidak menjadi terbuang begitu saja dan lebih transfarance karena mudah di audit. Dan yang lebih penting lagi dana PMN itu akan meningkat berkali kali melalui leverage sehingga dapat mempercepat penarikan dana publik dalam pembiayaan infraastruktur maupun jasa untuk kepentingan publik. 

Jokowi berhasil membenahi PERTAMINA dari yang tadinya selalu kesulitan likuditas menjadi BUMN berkelas dunia dengan peringkat mengalahkan raksasa TNC sejenis. Ketika perusahaan Minyak dunia merugi justru PERTAMINA mencetak laba. PLN juga berhasil di restruktur permodalannya melalui program revaluasi asset sehingga PLN menjadi qualified masuk pasar uang global untuk meleverage asset nya bagi keperluan pembangunan pembangkit listrik.

Juga PELINDO, Angkasa Pura, Jasa Marga yang tadinya lesu darah bergerak mengeskalasi pertumbuhan perbaikan layanan, di Era Jokowi kini telah tampil digaris depan menyediakan sarana bandara dan pelabuhan, jalan toll diseluruh Indonesia dengan dana minimal dari APBN namun kinerja maksimal. Masih banyak lagi kinerja hebat BUMN di era Jokowi. Namun kembali lagi bahwa itu semua orientasinya bukan hanya sosial tapi sosial capitalism. 

Dengan persepsi bahwa pertumbuhan dan perluasan layanan publik karena bisnis yang berorientasi laba. Dari laba inilah perbaikan layanan dan perluasan layanan dengan skema sudsidi silang dapat diterapkan. Dan ini hanya mungkin bila semua di kelola oleh negara melalui BUMN. Dengan adanya state capitalism negara terhindar dari proyek yang tidak efisien dan terbuang percuma. Semua ada nilai sosial dan ekonomi yang dapat di pertanggung jawabkan secara bisnis.

Itu sebabnya porsi asing dalam perekonomian indonesia kecil sekali. Hampir semua hal dikuasai oleh negara lewat BUMN/D. Data dari UNCTAD membuktikan bahwa penanaman modal langsung oleh asing (direct foreign investment) hanya sekitar 5 persen dari keseluruhan pembentukan modal tetap bruto (gross fixed capital formation/GFCF). Dibandingkan dengan malaysia, philipina, indonesia masih jauh lebih rendah soal hegemoni asing. Mengapa ? Karena UUD 45 pasal 33 belum pernah diubah. 

Jadi siapapun jadi presiden tidak akan bisa membuat asing dominan di Indonesia, apalagi sampai memiliki asset strategis. Peran BUMN/D sangat besar sekali di Indonesia. Hampir semua sektor ada BUMN/D , bahkan di era Ahok, BUMD ikut distribusi daging. Hebat, kan. Jadi kalau PS bilang fundamental ekonomi indonesia rapuh, karena ekonomi dikuasai asing, jelas dia engga baca data. Kita terlalu kuat untuk jatuh. Too big to fall. Mengapa? 95% perekonomian kita dikuasai negara.
"Jadi siapapun jadi presiden tidak akan bisa membuat asing dominan di Indonesia, apalagi sampai memiliki asset strategis"

Oh ya ? jangan jumawa kalau sampai wowo berkuasa saya jamin cepat sekali balik ke era lama , lihat saja jakarta , waktu yang dibutuhkan untuk merusak lebih cepat daripada kalau kita membangun , kalau sampai kampreters berkuasa lagi dijamin lebih cepat baliknya ke era lama.

Biang keroknya adalah orde baru yg telah menjadikan BUMN sbg sapi perah untuk kepentingan penguasa dan kroni2nya serta membiarkan BUMN jadi sarang tikus berdasi. Krn itu BUMN indonesia justru menjadi problem. Semoga di era Jokowi ini bisa diperbaiki.

Partai Ngeringga sejak kapan pakai data?... Lihat saja jubirnya, setiap menyerang lawan politik, argumennya berbasis "menurut kami", giliran kena serang (berbasis FAKTA), bilangnya "itu halusinasi". Istilahnya, torrent air dibilang "senjata pemusnah massal", giliran senjata nuklir sebesar gedung, dia bilang "hah? mana?"... namanya juga partai kuda..

Habis dapat suntikan kardus banyak kampret bersliweran ...... 🤣😀
tapi kenapa ada yang bilang bochorrr bochoorrr emoticon-Matabelo
KASKUS Ads
Quote:


Itu asumsi tanpa data bray. emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
Quote:


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
image-url-apps
kata cebong ini baru namanya hoax membangun
image-url-apps
State capitalis merupakan pengembangan dari nilai kapitalisme itu sendiri.

sejarah dan nilai nilai kapitalisme tidak lepas dari proses reformasi gereja protestan.

makanya lahir istilah etika protestan dan nilai kapitalis

para pengembang kapitalis pada umumnya adalah penganut protestan yg saat itu menguasai pemerintahan di negara negara barat seperti usa, inggris dll

kenapa kapitalis disebut sebagai etika kerja protestan?
beberapa penulis dan pengamat berkata bahwa ide kapitalis muncul seiring dgn ide reformasi protestan pada abad dulu di eropa.

gereja protestan itu identik dgn individualis, menghargai privasi, kebebasan, non protekoler, dll
makanya berbeda dgn gereja katolik, dalam protestan siapapun bisa jadi pemimpin gereja, pengkhotbah, atau pelayan gereja. baik wanita, pria, muda, tua. dalam seremoni/ibadahpun dibebaskan apakah pakai jas, kaos, kemeja, gaun, jeans dll yg penting masih dlm tatanan sosial.

ide reformasi protestan inilah yg kemudian melahirkan semangat atau nilai kapitalisme yang jadi penggerak ekonomi negara negara barat waktu itu dan sekarang hampir berlaku diseluruh dunia.

konsep utamanya itu adalah kebebasan. yg namanya bebas itu pasti berkembang. sesuai dgn trek zaman.


ini pulalah alasan kenapa banyak negara non kristen khususnya dunia muslim yg seolah olah anti kapitalis. karena mereka merasa bahwa kapitalis itu adalah alat barat/kristen untuk menyebarkan ideologinya.

padahal konsepnya yg sama yakni menghargai kebebasan dan individu. makanya disebut etika dan semangat kapitalis bukan agama kapitalis.

dan memang fakta membuktikan bahwa ide kapitalis yg bersumber dari etika protestan inilah sistem terbaik saat ini yg paling kredibel.

banyaknya perbedaan didunia baik ras, agama, pandangan politik, selera, suku, dll maka hanya penghargaan thdp individu dan kebebasanlah yg mampu menpersatukan itu semua.

makanya tidak heran ide kapitalis ini mampu diterima semau kalangan
Quote:


Partai Ngeringga sejak kapan pakai data?... Lihat saja jubirnya, setiap menyerang lawan politik, argumennya berbasis "menurut kami", giliran kena serang (berbasis FAKTA), bilangnya "itu halusinasi". Istilahnya, torrent air dibilang "senjata pemusnah massal", giliran senjata nuklir sebesar gedung, dia bilang "hah? mana?"... namanya juga partai kuda..

Habis dapat suntikan kardus banyak kampret bersliweran ...... 🤣😀emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
eh ceby
image-url-apps
Quote:


apa sih... gas amat
image-url-apps
gak ngerti kalian ngomong apaan,???
image-url-apps
kenapa perekonomian indo dikuasai oleh negara asing
apa ada hubungan nya dengan capitalism?

ane ngga paham

emoticon-Bingung
image-url-apps
yg jelas ane bete banget sekarang banyak orang2 makin tajir.. mau kemana2 jadi ga enak.. mau nonton bioskop penuh terus, fastfood antrinya naudzubillah, makan diresto mahal juga antri kmaren.. ane ga sukanya dari pemerintah skg gini nih, banyak orang makin mampu, ntar kalo semua tajir yg jadi tukang bersih2 siapa dongemoticon-Hammer2
image-url-apps
Quote:


Sejarang Perekonomian dunia munculnya istilah kapitalis pada masa ekonomi klasik sekitar abad ke 17.
Ekonomi klasik menyatakan bahwa pasar akan mengatur dirinya sendiri jika tidak ada campur tangan dari pihak apapun. Sehingga penawaran dan permintaan dengan sendirinya mencapai keseimbangan.
Disini gw meluruskan aja

Pada zaman sekarang tidak ada negara dengan murni kapitalis baik amerika serikat ataupun negara eropa. AS sendiri menggunakan sistem ekonomi campuran dimana pencampuran antara kapitalis dan sosialis. Balik dimasalalu akibat sistem ekonomi kapitalis AS dilanda Great Depression economic Tahun 1930an.

..ide kapitalis yg bersumber dari etika protestan...

Justru pada zaman Nabi Muhammad sangat mendukung sistem kapitalis dalam mekanisme penerapan harga pasar agar berjalan dengan sendirinya.

“Sesungguhnya Allahlah Zat Yang menetapkan harga, Yang menahan, Yang mengulurkan, dan yang Maha Pemberi rezeki. Sungguh, aku berharap dapat menjumpai Allah tanpa ada seorang pun yang menuntutku atas kezaliman yang aku lakukan dalam masalah darah dan tidak juga dalam masalah harta”.  (HR Abu Dawud, Ibn Majah dan at-Tirmidzi).


Buat ente banyak baca buku teori2 ekonomi. Jangan asal baca blog atau wordpress gk jelas

emoticon-Cool
Quote:


baca dulu apa itu etika protestan dan semangat kapitalisme digugel

ini tidak ada kaitannya dgn ayat agama, doktrin atau kitab

orang tolol macam adek yg sedari kecil dijejelin agama pasti tidak akan bisa menerima segala sesuatu yg bertentangan dgn agama adek.

malah lari ke alloh alohh segala
emoticon-Cape deeehh
image-url-apps
Quote:


Ane hanya meluruskan bukan hanya prostestan saja yg mendukung ekonomi kapitalis.
Ane sarjana ilmu ekonomi hampir semua teori2 ekonomi makanan sehari hari ane. Mungkin ane perlu belajar kepada suhu profesor ekonomi hebatpart18 yang hebat ini...

emoticon-Cool
Quote:


jgn mengaku sarjana
di dumai seseorang mengaku jadi tuhanpun bisa

justru cuma seorang sarjana ekonomi goblok
yg ketika bahas ekonomi malah bawa bawa ayat
emoticon-Cape deeehh

ekonomi gak mengenal ayat, agama atau tuhan. ekonomi ya ekonomi
kecuali situ bicara dari ilmu/forum khusus "ekonomi syariah"

apalagi bicara kapitalis
cuma sarjana ekonomi abal abal atau orang tamatan sd yg mengaku sarjana ekonomi yg gak tahu sejarah kapitalisme
Quote:


tolong kalimat yang terakhir ini, anda dapat darimana data 95% perekonomian kita dikuasai negara? fakta? opini dari diri sendiri gara2 anda baru baca berita BUMD ikut distribusi daging? kalau FDI 5% apakah 95% nya sudah pasti negara? swasta dikemanakan? debtholder ga dihitung? kenapa bawa2 calon presiden? sebenarnya masih banyak pertanyaan2 lain tapi yang paling penting itu anda buzzer darimana ini ngaku2 sarjana ekonomi emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


Emang gitu adanya. Dan itu hadits bukan ayat. Gw ngasih hadits biar memberikan data.
Gw cuman meluruskan bahwa jaman dahulu islam beberapa bagian dalam mekanisme proses pasar sama2 menggunakan ekonomi kapitalis walaupun tidak total dan bukan hanya protestan saja.
Mungkin maksut lu agama protestan menggunakan sistem ekonomi kapitalis sebelum abad ke 15, gw gak tau pasti karna di wilayah eropa masih yang pada zaman abad pertengahan/kegelapan dimana zaman itu pemerintahan dipegang oleh gereja.

Yang gw tau kapitalis mulai digunakan sebagai istilah atau dianggap sebagai sistem ekonomi pada zaman ekonomi klasik oleh adam smith dan beliau dianggap sebagai Bapak Kapitalisme.

Coba lu baca The Evolution of Economic Thought karangan Stanley L Brue

Tuh gw kasih refrensi buku yg dipake gw kuliah biar lu gak tersesat dan wawasan lu luas dikit.

emoticon-Cool
image-url-apps
ngeri dah
×