alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Video Kebo Bule Kiai Slamet Ngamuk usai Dimandikan untuk Kirab Malam 1 Suro
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b993e0d5a51631e658b457e/video-kebo-bule-kiai-slamet-ngamuk-usai-dimandikan-untuk-kirab-malam-1-suro

Video Kebo Bule Kiai Slamet Ngamuk usai Dimandikan untuk Kirab Malam 1 Suro




TRIBUN-VIDEO.COM - Sejumlah kebo bule Kiai Slamet milik Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menjalani serangkaian porosi adat sebelum diarak dalam kirab malam 1 suro.

7 dari 15 kerbau peliharaan keraton yang akan dikirab dimandikan di Kandang Mahesa Pusoko yang berada di Alun-alun selatan Keraton Kasunanan Surakarta hadiningrat.

Pantauan Tribun-Video.com di lokasi, Selasa (11/9/2018), sejumlah Srati (perawat) kebo Kiai Slamet tampak sibuk mengurus kebo-kebo untuk dipersiapkan menjelang kirab malam 1 suro.

Usai dimandikan, Ke-tujuh kerbau diarak untuk dipindahkan dari kandangan di Alun-alun Selatan menuju kandang di Kampung Gurawan yang merupakan kandang asli.

Saat keluar dari kandang, kebo-kebo bule tersebut sempat mengamuk dan lari ke tengah alun-alun.

Mereka tampak ketakukan karena ramainya masyarakat yang menyaksikan prosesi yang dilakukan sebelum kirab pada malam harinya.

Beberapa srati (pawang) tampak mengepung kerbau sembari menyabetkan pecut ke tanah.

Di tengah alun-alun, para srati tampak membujuk kebo-kebo tersebut dan mengarak kebo untuk berjalan keluar alun-alun.

Para srati tampak berhasil membujuk dan membawa kebo-kebo bule tersebut berjalan menuju kandang aslinya di Kampung Gurawan.

Sesampainya di Kandang Gurawan, kebo-kebo bule didoakan dan dilakukan beberapa prosesi adat oleh pihak dari keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Sementara itu kirab malam 1 suro di Keraton Kasunanan Surakarta sendiri diakan pada Selasa (11/9/2018) malam hingga Rabu (12/9/2018) dini hari.

Heri sebagai srati kebo mengatakan kebo-kebo tersebut diistirahatkan di kandang Gurawan hingga menunggu panggilan dari keraton untuk memulai kirab.

"Nunggu perintah dari keraton, diberangkatkan jam berapa nanti nunggu di Bangsal Kamandungan untuk menunggu perintah raja berjalan kirab" tutur Heri.

Untuk kirab malam 1 suro pada tahun ini, pihak keraton hanya akan mengeluarkan 7 dari 15 kebo bule peliharaanya.

"Kebo yang dikirab hanya 7, totalnya sebenarnya ada 15, tapi nggak semua dikirab karena biasanya sesama jantan akan tarung jika disatukan," tutur Heri.

Tujuh kebo bule yang akan dikirab itu bernama Sukro, Apon, Juminten, Mugi, Pahing, Jabu, dan Siam.

Ketujuh kebo tersebut dipilih lantaran sudah jinak dan terbiasa berinteraksi dengan masyarakat.

http://video.tribunnews.com/view/605...aton-surakarta


*Video Kebo Bule Kiai Slamet Ngamuk usai Dimandikan untuk Kirab Malam 1 Suro di Keraton Surakarta


Diubah oleh: kabar.kabur
Halaman 1 dari 2
Quote:
Diubah oleh 54m5u4d183
Kok tumben ngamuk.. emoticon-Confused
Begitu kok di bilang ngamuk emoticon-Big Grin

Klo nyeruduk penonton baru ngamuk emoticon-Cool
Namanya juga hewan, wong kadang manusia yg punya akal pikiran aja bisa ngamuk gak jelas
eh ada sukro emoticon-Ngakak
kiyai macam apa ikut acara suro an

emoticon-Wakaka

goblog.. musyrik..

emoticon-Wakaka
Malam 1 suryo
Nyuci 3000+ aset keramat kemenpora
emoticon-Ngakak
wah..waahh.... alamat ini...
alamat itu kebo blm makan...
takut masuk angin kalo di kirab malem2..

gak pake jaket sih...
Disono udah mikirin climate change
Disini...ahsudahlah
hmmmmm.....
grogi banyak yg nonton
Demam Panggung mungkin yak

emoticon-Toast emoticon-Toast emoticon-Toast
Mungkin murka warga Solo ikut jalan sehat kemaren.
Sementara kebo yang satu lagi malah mewek2, ngira prasasti nya mau diganti

Kebo buluk yg itu, bukan bule emoticon-Big Grin
Kok ya ada yang masih percaya ginian emoticon-Wkwkwk
Balasan Post Pangoentji
Quote:


Ada yg masih percaya,ada yg menilai sebagai budaya,ada yg menilai sebagai daya tarik wisata.
Tinggal diri sendiri menganggap hal kek gni seperti apa.
sebenar nya kebo kiai slamet nya sudah mati...

kebo bule nya bukan kebo kiai slamet...

kiai slamet itu dulu adalah penggembala kebo keraton...

setelah mati di percaya nitis ke se ekor kebo hitam biasa yg punya tanduk melengkung sampai depan mulut nya...

jaman ane kecil kebo hitam itu seakan bertindak sebagai penggembala bagi kebo2 lain nya....

jaman dulu kebo keraton di biar kan aja jalan2 ..sering sampai ke daerah pantai selatan....

cuma aneh nya setiap menjelang kirab pusaka pasti pulang sendiri ke kraton.....dulu sering lewat depan rumah ane......wkwkwk...

cuma setelah kebo item yg di percaya sbg titisan kiai slamet mati....kebo keraton tdk lagi di umbar atau di biarkan jalan2 .....
potong dibikin soto enak tuh
Malem 1 suro kemaren ane juga nyuci pusaka, nyucinya 2x ongkosnya 8 uang merah
dipotong aja
Balasan Post nubihart
Quote:


Penyebab tidak diumbar bukan karena itu..
Jaman sekarang kebo kyak gitu diumbar, yang ada diangkut pake truk sama orangemoticon-Leh Uga

Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di