alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Sejarah Panjang Simbol Scudetto
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b993a99162ec2cb238b4567/sejarah-panjang-simbol-scudetto

Sejarah Panjang Simbol Scudetto

Agan dan sista pecinta Serie A. Tentu kalian udah tahu kan apa itu scudetto. Udah paham lah ane rasa scudetto itu lambang klub terbaik di Liga Italia yang meraih juara pada musim kompetisi. 

Wujud scudetto berupa perisai bendera Italia hijau putih dan merah dengan pinggiran perisai berwarna emas. Biasanya lambang scudetto ini tersemat di jersey klub yang juara pada musim sebelumnya. emoticon-Shutupemoticon-Ngacir Tubrukanemoticon-Wink

Tapi gan, ternyata munculnya konsep cukup panjang ceritanya. Pengusul konsep scudetto semua setuju yakni Gabriele D'Annunzio, seorang penyair dan dramawan Italia. 

Nah pada 1920-an, kala itu gan Italia menganeksasi wilayah bekas kota Fiume yang masuk wilayah Austria-Hungaria. D'Annunzio mengajukan ide agar tim sepak bola lokal memakai perisai berbendera Italia pada jersey mereka. Maksud D'Annunzio kala itu, perisai itu sebagai simbol kedaulatan Italia atas kota Fiume.

 Sejarah Panjang Simbol Scudetto 

Ide perisai scudetto itu menarik perhatian Federasi Sepakbola Italia. Pada 1924 gan, federasi ini menyetujui konsep memberikan penghargaan lambang perisai itu pada jersey mereka. 

Nah sejak itulah, perisai scudetto menjadi simbol juara bertahan pada tiap olahraga di Italia, bukan cuma sepak bola doang. 

Menurut catatan sejarah, Genoa CFC pada 1924 merupakan klub pertama yang mengenakan perisai scudetto pada jersey mereka. 

Tak diduga gan, konsep perisai scudetto diadopsi oleh olah raga lain di Negeri Pizza tersebut. Hemm jadi gitu ya gan.

Terima kasih ya gan, info sekelas eh sekilasnya. By by agan dan sista.  

emoticon-Menangemoticon-Menangemoticon-Menangemoticon-Menangemoticon-Menang

 


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di