alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Meski Negara Miskin, Ternyata Korut Sudah Punya MRT Sejak Lama Gan!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b992c7d902cfe503b8b4567/meski-negara-miskin-ternyata-korut-sudah-punya-mrt-sejak-lama-gan

Meski Negara Miskin, Ternyata Korut Sudah Punya MRT Sejak Lama Gan!

Bila mendengar nama Korut atau Korea Utara, yang sering terbayang dipikiran kita adalah sebuah negara yang diktator, rakyatnya terkekang, dan punya senjata nuklir. Satu hal lainnya yang sering terpikirkan tentang Korut adalah, sebuah negara yang miskin. 

Kalau dilihat dari pendapatan masyarakatnya, Korut memang tergolong negara yang miskin. Boleh dibilang kondisinya jauh tertinggal bila dibandingkan dengan Indonesia. Namun walau begitu, tidak semua hal tentang negara ini selalu lebih terbelakang dibandingkan Indonesia. Bisa jadi malah kita yang lebih terbelakang dibandingkan mereka. Contohnya dalam hal transportasi.

Kalau Indonesia baru akan memiliki MRT (Mass Rapid Transit) pada tahun 2019 mendatang, Korut sudah memilikinya sejak tahun 1973. Berarti sudah dari 45 tahun lalu mereka memiliki MRT. MRT tersebut dibangun di Kota Pyongyang dan dikenal dengan nama Pyongyang Metro. Bagi yang belum tahu, MRT merupakan sebuah moda transportasi perkotaan berbasis rel yang memiliki kapasitas dan frekuensi yang tinggi. Makanya MRT itu jarang dibangun sejajar dengan jalan raya. Biasanya untuk MRT itu dibuatkan jalur khusus yang melayang (elevated) atau dibawah tanah (subway).

Meski Negara Miskin, Ternyata Korut Sudah Punya MRT Sejak Lama Gan!

Pyongyang Metro (sumber : tongiltours.com)



Pyongyang Metro merupakan sebuah sistem transportasi yang jalurnya dibangun dibawah tanah. Moda transportasi seperti ini dikenal dengan sebutan subway. Jalur Pyongyang Metro ini disebut-sebut sebagai salah satu yang terdalam dan paling misterius di dunia. Kedalamannya mencapai 100 meter dibawah permukaan tanah. Jauh lebih dalam bila dibandingkan dengan jalur bawah tanah MRT Jakarta. Kalau MRT Jakarta jalur bawah tanahnya memiliki kedalaman hanya sekitar 20 meter. 

Pyongyang Metro memiliki panjang total 22,5 km dan terdiri dari 2 jalur. Lebar jalurnya adalah 1.435 mm. Sama seperti lebar jalur yang umum digunakan di dunia. Berbeda dengan MRT yang ada di Jakarta yang memiliki jalur dengan lebar 1.067 mm. Sementara jumlah stasiun yang dimiliki oleh Pyongyang Metro ini adalah 16 stasiun. Kereta dan sistem elektroniknya umumnya diimpor dari China. 

Untuk gambaran seperti apa kondisi Pyongyang Metro ini, berikut adalah beberapa foto dari Pyongyang Metro.

Spoiler for Pyongyang Metro:


Spoiler for Pyongyang Metro:


Spoiler for Pyongyang Metro:


Spoiler for Pyongyang Metro:


Spoiler for Pyongyang Metro:


Itulah sekilas informasi tentang MRT yang terdapat di Korea Utara. Salut juga dengan negara yang satu ini. Kita aja harus menunggu tahun depan untuk memiliki MRT. Sementara mereka, dari tahun 1973 sudah memiliki MRT. Entah kitanya yang telat memiliki MRT, atau merekanya yang kecepatan memiliki MRT. Namun yang pasti hal ini membuka mata kita bahwa belum tentu kita lebih unggul dari negara-negara yang secara perekonomian lebih lemah daripada kita. 
Diubah oleh: arifdoank
Halaman 1 dari 2
negara miskin tapi nuklirnya segudangemoticon-Matabelo
Balasan Post kena.semprot
Quote:

Tapi itu miskin beneran lo gan. Bukan pura2 miskin emoticon-Big Grin
sektor pariwisatanya yg menunjang
lagian g4nja nya juga legal emoticon-Big Grin
Balasan Post heykas
Quote:

Ga juga kok bro. Worang orang asing dibatasi ke sana kok
keren jg ya korut.
Balasan Post uki49
Quote:

Iya, setidaknya tidak seburuk yang dibayangkan
miskin,uang buat beli plutonium dari mana?dari Hongkong?!bisa jadi. emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Tak ada org asing yg Benar" mengenal korut. Tak sadarkah kalian arti negara tertutup. Kebanyakan info yg keluar Itu masih Samar dan penuh praduga. Ditambah mereka Itu musuh amerika. Tahu gak apa yg amerika lakukan pada indonesia saat amerika memusuhi indonesia ? Mungkin kita gak bisa sepenuhnya menyalahkan amerika. Tapi teori konspirasi Itu lebih banyak nyatanya dari pada tanyanya emoticon-Cool
Jangan Tanya lagi. Ane bingung emoticon-Cool
Balasan Post bintanghu
Quote:

Sama aja kayak pakistan gan. Punya reaktor nuklir dan punya senjata nuklir tapi ya perekonomiannya masih lemah.
Disini dipimpin si plonga plongo selama 4 tahun mana punya LRT kek gituan

emoticon-Ngakak

Mendekati kampanye aja baru diselesaikan
Negara yg design bangunannya tetap d pertahankan emoticon-Leh Uga
mantab lah kalo gitu
Quote:


Pencitraan
Balasan Post kamuhajat21
Quote:

Kayaknya akan lebih baik kalau korut jadi negara terbuka kayak tetangganya
Yeahhhhhh
Meski Negara Miskin, Ternyata Korut Sudah Punya MRT Sejak Lama Gan!
Quote:

Benar. Kayaknya. Tapi harusnya gimana gan. Mereka punya alasan untuk tertutup. China juga baru terbuka loh. Tapi mereka negara besar. Jadinya kuat. Sedangkan korut harus mengandalkan bantuan negara lain yg kuat. Jadi ya gitu deh. Setahu yg ane tahu sih korut gak mau negaranya meniru amerika dan barat. Lihat aja kondisi korsel. Apakah korsel menjadi buruk sekarang? Jawabannya tergantung yg menilai. Korut menganggap kemajuan korsel sudah menyimpang dari nilai budaya asli. Dan bagi pendukung korsel, kemajuannya bagus. Karena korsel mampu sejajar.
Yes. Kebaikan Itu relative. Tapi kebenaran Itu mutlak emoticon-Cool
Wah keren ya , udah lama .. INDONESIA baru akan segera menyusul
arsitekturnya kelihatan kokohemoticon-Matabelo
punya MRT atau tidak, bukanlah menjadi standar baku apakah negara itu di sebut kaya atau miskin....
karena MRT itu cuma sarana transportasi
tinggal butuh atau tidak....
kalau misalkan tidak butuh buat apa coba membangun MRT
emoticon-Big Grin
Balasan Post kamuhajat21
Quote:

Benar juga sih gan. Tergantung sudut pandangnya

Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di