alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Megacity, Gelar Superior Jakarta dan Satu-Satunya di Indonesia
4.33 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b992310dac13ea8528b4567/megacity-gelar-superior-jakarta-dan-satu-satunya-di-indonesia

Megacity, Gelar Superior Jakarta dan Satu-Satunya di Indonesia

Megacity, Gelar Superior Jakarta dan Satu-Satunya di Indonesia

 

Teknologi boleh saja maju dengan robotisasi dan penggunaan kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari. Rekayasa biologi memang semakin mengagumkan dengan ditemukannya AbioCor, device yang dapat menyerupai fungsi jantung dan dapat ditanam di tubuh manusia. 



Quote:


 Ya, kemajuan sebuah kota adalah parameter akumulatif sebuah peradaban. Kalau mau lihat sejauh mana peradaban sebuah bangsa, maka tengkolah kota-kotanya. 


Megacity, Gelar Superior Jakarta dan Satu-Satunya di Indonesia


Bicara soal kota sebagai sentrum pembangunan dan tonggak capaian peradaban di Indonesia, maka ingatan kita selalu digiring ke Jakarta.  


Secara material, belum ada yang mampu melampaui pencapaian Ibu Kota. Demikian juga bila bicara keberagaman warna, kepentingan dan problematikanya. Jakarta super komplit. Makanya, Jakarta menyandang semua gelar yang layak diberikan kepada kota modern.


Quote:



Megacity, adalah gelar yang hanya disandang oleh Jakarta, satu-satunya kota di Indonesia.  Megacity,  khusus disematkan kepada kota berpredikat metropolitan dan kota global sekaligus, namun memiliki size populasi di atas 10 juta jiwa. Tahun 2016, Jabodetabek sendiri diperkirakan berpopulasi 32 juta jiwa.


"Jakarta dinobatkan sebagai megacity terbesar ketiga di dunia setelah Tokyo dan Shanghai"









Spoiler for Konsekuensi Megacity:




Pemukiman, Kebutuhan Dasar yang Jadi Kebutuhan Mewah (Lux)




Kebutuhan primer umat manusia adalah sandangan, pangan dan papan. Makanan, pakaian dan hunian. Tapi di Jakarta, hunian itu kebutuhan mewah (luxury). Meski nyempil di dalam gang. Tapi jangan sedih dulu. Masalah hunian ini juga jadi problem megacity yang lain kok.


 

Spoiler for Tren Rumah Hijau di Megacity:


Tantangan Industri



Tak ayal, sektor industri turut menghadapi tantangan pembangunan di megacity. Berbagai sektor yang berjibaku dalam system ekonomi megacity harus bisa membangun harmoni dengan dinamika kot agar dapat survive.

Didang konstruksi misalnya, kita mengenal inovasi produk Super Cement. Material bangunan yang diproduksi oleh Siam Cement Group (SCG) berteknologi nano yang diklaim hemat air sehingga lebih ramah lingkungan.

Perusahan konstruksi yang terlibat membangun MRT dan LRT Jabodetabek ini mengatakan produk-prduknya yang mengusung aplikasi teknologi dan mendukung pembangunan berkelanjutan terilhami oleh tantangan membangun di kota-kota besar. Termasuk di megacity macam Jakarta.

“Setiap area dan ruang publik di kota harus dirancang secara seksama untuk mengakomodasi kebutuhan sosial masyarakat yang terus bertumbuh sambil menawarkan solusi untuk mengatasi permasalahan lingkungan. Sejalan dengan semangat “Passion for Better”, kami selalu melakukan inovasi untuk menghadirkan solusi yang mampu mengimbangi kebutuhan yang terus berubah dan mampu menyelesaikan tantangan di masa depan.” Nantapong Chantraku (Sumber : arsitektur.asia)

Megacity, Gelar Superior Jakarta dan Satu-Satunya di Indonesia

Intuk informasi saja, sebagai megacity, pembangunan MRT dan LRT Jakarta merupakan keniscayaan. Dua moda transportsi massal didaualt sebagai moda andalan Ibu Kota. Diyakini efektif mengurai kemacetan dan mendorong moblitas warga Jakarta.

Namun untuk mewujudkan itu semua, dalam proses pembangunannya, MRT dan LRT menghadapi situasi yang tak mudah sebab di bangun di jalur-jalur vital yang tak mungkin ditutup sebab menjadi urat nadi aktivitas warga Jakarta. Sebab itu, para kontraktor dituntut bekerja secara cermat agar pembangunan MRT dan LRT tetap berjalan tanpa mengusik aktivitas harian warga.

Model pembangunan, kota tumbuh seperti ini, tentu saja hanya kita jumpai di kota-kota besar. Sembari dibangun, kota tetap aktif. Dinamika kota terus berputar. Tak dapat dibayangkan bagaimana bila selama pembangunan MRT dan LRT semua jalan yang dilalui harus ditutup. Ribet jadinya.

Akhirnya, sebagai warga megacity, masyarakat harus bisa memahami dinamika pembangunan kota. Termasuk upaya berbagai pihak untuk menata kota, mewujudkan harapan-harapan warga. Mulai dari ruang terbuka hijau, hingga hunian terjangkau.


Demikian thread original anti copas dari TS kali ini. Mohon maap bila kurang panjang emoticon-Big Grin
Dan Terima Kasih Sudi Mampir Membaca, Semoga Berfaedah.
Diubah oleh hamzahnasution9
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
Megacity? Kirain iklan Meikarta muncul lagi.
Balasan post rausanvikri
Quote:


Wkwk, Meikarta dah almarhum kali emoticon-Wkwkwk
roman romannya promosi

megacity bekasi?
Balasan post ujang.anto91
Quote:


Bekasi mah megacity di galaksi lain gan,


*sorry warga bekasi emoticon-Salaman
Balasan post ujang.anto91
Quote:


ternyata benar bekasi sudah bukan di bumi lagi
Diubah oleh ujang.anto91
Mega = ibu partai.
City = dibaca siti = wanita
Jakarta = ibukota = mamah city = mother wanita
Mega city = mamah mamah = ibu ibu
Sein kanan emoticon-Cool
Ada deh emoticon-Embarrassment
Bicara soal kota sebagai sentrum pembangunan dan tonggak capaian peradaban di Indonesia, maka ingatan kita selalu digiring ke Jakarta.  

Kalau berbicara tonggak pembangunan peradaban di Indonesia saat ini, menurut ane masih ada beberapa kota lain kok yang bisa dijadikan parameter pembantu dalam mengukurnya : Kota Makassar misalnya atau Medan.

Sedangkan, Kalau suatu negara diukur kamajuan peradabannya berdasarkan struktur tata kotanya menurut agan dalam thread ini mengindikasikan kalau Indonesia belum maju sama sekali ( hanya satu bigcity - Jakarta ) dan / atau indikasi lainnya : pembangunan Indonesia terjadi tidak secara merata karena hanya 1 kota saja yang masuk list 'bigcity'
IMHO.
emoticon-rose


Quote:


Sebuah tafsir yang super sempurna



Quote:


Kotanya maju, tapi perilaku masyarakatnya yang amat sangat terbelakang gan. Contoh kecil soal berlalu-lintas dan menjaga kebersihan. Ini juga ekses pendidikan sih. Kalau di kawasan-kawasan Well educated Jakarta dan sekitarnya, yang masyarakatnya kelas menengah atas scr pendidikan, kita melihat ada harapan.

Diubah oleh hamzahnasution9
Wihh pejwan di trit mamahkotaemoticon-Cool
Quote:


Nyebut kata lain kayak makassar atau jogja boleh lah. But please, jangan Medan. Masa gotham city jadi cerminanemoticon-Leh Uga
jakartaansemoticon-Cool
Suka pusing kalau weekday ke Jkt..
bukan orang jakarta sihemoticon-Cape deeehh
Diubah oleh kacangnelor
tapi Jakarta gak bisa kaya Bali, Bali gak bisa kaya Jakarta :ayoindonesia
HT kok sepi ya emoticon-Bingung
Amazing Skyscrapers

Spot Foto Kece Kece Abis

I Love My Hometown Jakarta 😍
Jakarta itu planet mana gan? emoticon-Bingung
Jelaslah pembangunan tidak menyeluruh banyak terpusat di jakarta aja
gemboked
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di