alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Pileg 2019: Suara Golkar Diprediksi Anjlok, Ini Daftar Penyebabnya!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9918d45a516302518b457f/pileg-2019-suara-golkar-diprediksi-anjlok-ini-daftar-penyebabnya

Pileg 2019: Suara Golkar Diprediksi Anjlok, Ini Daftar Penyebabnya!

Pileg 2019: Suara Golkar Diprediksi Anjlok, Ini Daftar Penyebabnya!

Jakarta, IDN Times - Partai Golkar terancam tidak akan masuk dua besar pemilihan umum legislatif yang akan digelar 2019 mendatang. Saat ini elektabilitas Golkar hanya sebesar 11,3 persen. Angka ini membuat Golker berada pada posisi ketiga di bawah PDI Perjuangan dan Gerindra.


1. Bakal menjadi catatan sejarah terburuk Partai Golkar
Pileg 2019: Suara Golkar Diprediksi Anjlok, Ini Daftar Penyebabnya!
Hal tersebut terungkap dari hasil survei yang digelar Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny JA pada Agustus lalu. 

“Bahkan dari 4 kali pemilu, Golkar berhasil merebut juara kedua sebanyak 3 kali yaitu di pemilu 1999, pemilu 2009, dan pemilu 2014,” ujar Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby di Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (12/9).


2. Kader Golkar tidak ada yang menjadi Capres dan Cawapres
Pileg 2019: Suara Golkar Diprediksi Anjlok, Ini Daftar Penyebabnya!
LSI Denny JA sendiri menemukan beberapa faktor penting yang menjadi salah satu pemicu turunnya tingkat elektabilitas partai yang di pimpin Airlangga Hartarto tersebut, antara lain tidak adanya kader Golkar yang maju sebagai capres atau cawapres pada Pilpres 2019.

“Artinya bahwa karena pemilih akan memilih partai politik dan capres di waktu bersamaan ketika di TPS, maka pengaruh asosiasi capres dan cawapres terhadap partai politik akan berpotensi mendongkrak suara partai politik. Dalam studi pemilu, pengaruh seperti ini sering disebut sebagai coattail effect (efek ekor jas),” terang Adjie.


3. Terjegal kasus korupsi E-KTP dan PLTU Riau
Pileg 2019: Suara Golkar Diprediksi Anjlok, Ini Daftar Penyebabnya!
Lebih jauh ia menambahkan, permasalahan lain yang membelit partai yang telah berdiri sejak 1964 ini adalah karena kurangnya faktor kepemimpinan di tubuh Golkar, karena faktor kepemimpinan dalam partai politik juga memainkan peranan penting untuk memajukan partai.

“Selain itu warisan kasus mantan ketua umum, Setya Novanto, dan kasus korupsi baru PLTU (Riau) masih membebani partai Golkar dan memberikan sentimen negatif terhadap image partai. Sentimen negatif yang terus menimpa Golkar nampaknya belum diimbangi dengan mobilisasi sentimen positif, sehingga berpeluang menurunkan dukungan terhadap Partai Golkar,” pungkasnya.

Sementara itu yang akan berpotensi untuk menjadi juara di pemilu 2019 adalah PDIP dengan elektabilitas sebesar 24,8 persen lalu disusul dengan Partai Gerindra sebesar 13,1 persen. Jika tidak ada gebrakan perubahan besar yang dilakukan, maka pemilu 2019 akan menjadi “kuburan” bagi partai Golkar sebagai partai besar atau partai utama.


Sumber : https://www.idntimes.comnews/indones...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Pileg 2019: Suara Golkar Diprediksi Anjlok, Ini Daftar Penyebabnya! Prabowo Sandiaga Bertemu SBY di Mega Kuningan

- Pileg 2019: Suara Golkar Diprediksi Anjlok, Ini Daftar Penyebabnya! Pimpin Rapat Perdana Erick Thohir Ingin Hindari Kata Pertarungan

- Pileg 2019: Suara Golkar Diprediksi Anjlok, Ini Daftar Penyebabnya! KPU Temukan Kejanggalan Dalam Kasus Data Ganda



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di