alexa-tracking

Lucid Dream

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b990e7ed44f9fc4778b4567/lucid-dream
Lucid Dream
Lucid Dream atau dalam bahasa indonesianya disebut mimpi sadar adalah kondisi di mana kita sebenarnya bermimpi tapi kita sadar bahwa kita sedang bermimpi. Hehe..aneh memang, mana ada orang yang bermimpi tapi mereka sadar kalo lagi bermimpi. Tapi ini memang ada soalnya lucid dream sudah diakui secara ilmiah, maksudnya lucid dream dapat dibuktikan secara ilmiah.

Meskipun diakui secara ilmiah tapi topik ini sebenarnya cukup menjadi kontroversi loh, terlebih terkait kredibilitas dan fenomena lain yang juga cukup menjadi kontroversi misalnya deja vu itu juga seolah diragukan karena masalah serupa dan mungkin hanya placebo semata.

Pada dasarnya lucid dream itu memang mimpi seperti mimpi-mimpi pada umumnya saat kita bermimpi tetapi lucid dream membawa sensasi dan pengalaman mimpi yang berbeda dengan mimpi-mimpi kayak umumnya. Bahkan dalam kondisi tertentu pemimpi mampu berpartisipasi secara aktif dengan mimpi mereka dan bahkan juga mengendalikan mimpi tersebut.

Mimpi sendiri merupakan kondisi yang terjadi pada saat tidur pada kondisi REM dan lucid dream biasanya memang sering terjadi pada kondisi ini.

Banyak orang yang mungkin mengalaminya secara tidak sengaja dan mungkin juga banyak yang ketakutan hehe..soalnya proses lucid dream terkadang memang mengerikan. Misalnya seperti fenomena yang disebut dengan tindihan serta sleep paralysis.

Selain itu pengalaman mimpi yang dihadirkan juga terkadang seperti pengalaman nightmare atau mimpi buruk tetapi menurut saya jelas ini berbeda soalnya pengalaman mimpi buruk memiliki frekuensi maupun intensitas yang lebih buruk dan masif.

Mimpi memang menjadi subjek penelitian yang dikaji lebih spesifik akhir-akhir ini. Terlebih karena didukung oleh teknologi yang lebih maju serta cakupan subjek penelitian juga yang lebih luas.

Pertanyaannya apakah bisa kita melakukan lucid dream?

Sebenarnya bisa saja sih karena lucid dream memang bisa dilatih tapi menurut saya apa manfaatnya coba. Buat apa harus capek-capek melatih diri agar bisa membuat mimpi yang indah, berinteraksi di dalamnya dan masih banyak lagi aktivitas menarik lain. Itu kan cuma mimpi sedangkan kita tidak hidup di mimpi.

Meskipun begitu lucid dream memang ada manfaatnya juga misalnya sebagai terapi, melatih imajinasi dan kreativitas. Contohnya nih bagi kita yang suka kehabisan ide atau daya imajinasi yang rendah bisa melatihnya nih melalui lucid dream. Hehe..siapa tahu ada yang cocok pakai cara ini.

Salah satu metode yang sering digunakan adalah dengan membuat jurnal mimpi. Nah, apa lagi ini coba. Mana bisa mimpi dibuat jurnal, hehe..

Maksudnya adalah membuat catatan tentang mimpi yang dialami, sensasi apa yang dirasakan serta pengalaman lain yang dialami. Hal ini mungkin sulit karena kita pasti jelas akan kesulitan mengingat lagi mimpi yang baru kita alami. Tetapi ini juga untuk melatih kesadaran dan kemampuan ingatan kita atau cara lainnya nih dengan menyiapkan alat perekam atau hpnya buat ngerekam saat tidur biar tahu apa saja yang dialami saat tidur.

Alternatif lain adalah dengan melakukan meditasi dulu sebelum tidur. Hal ini tentu saja agar tubuh lebih rileks tentunya dan pikiran jadi lebih fokus atau bisa juga bermain gim video meski cara ini belum bisa dibuktikan loh. Cara lain bisa dengan bantuan suplemen-suplemen tertentu seperti galantamin atau vitamin B, mereka efektif menginduksi mimpi sadar.

Dan yang paling penting tentunya membuat kebiasaan-kebiasaan yang bisa memicu lucid dream tentunya. Contohnya nih dengan melakukan pengecekan realita secara berulang atau biasakan terbangun saat tengah malam. Hal ini tentu saja disesuaikan dengan kondisi tentunya karena tiap orang beda-beda caranya hehe...

Oke, itu saja postingan kali ini. Buat yang berminat dengan lucid dream saran saya jangan keseringan karena kalau sudah ketagihan malah bisa jadi bahaya soalnya dikhawatirkan jadi tidak bisa membedakan lagi antara realita dan mimpi. Hehe..mimpi memang indah apalagi jika mimpi yang bisa dibuat dan dikendalikan sendiri. Tapi itu kan cuma mimpi.

Jangan lupa baca artikel nggak penting lainnya di sini hehe...Mungkin bermanfaat.
reality check itu bukannya buat astral projection ya. misal kita merasa bisa melihat dunia dalam keadaan tidur. ketika kita mengira "tubuh etheric" kita telah meninggalkan raga kita lihat jam. terus balik lagi ke badan. dan bangun. dan lihat apakah ada kecocokan.

btw ini bahasan termasuk pseudosains ?
image-url-apps
lucid dream ilmiah masbro. banyak penelitian yang mendukungnya. sedangkan astral projection itu terkait out of body experience. reality check atau pengecekan realita itu termasuk teknik lucid dream nggak ada hubungannya sama astral projection.
KASKUS Ads
image-url-apps
lucid dream ilmiah masbro. banyak penelitian yang mendukungnya. sedangkan astral projection itu terkait out of body experience. reality check atau pengecekan realita itu termasuk teknik lucid dream nggak ada hubungannya sama astral projection.
×