alexa-tracking

LPS kerek suku bunga pinjaman, bunga kredit bakal ikut naik

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b98fed512e25750668b4581/lps-kerek-suku-bunga-pinjaman-bunga-kredit-bakal-ikut-naik
LPS kerek suku bunga pinjaman, bunga kredit bakal ikut naik
LPS kerek suku bunga pinjaman, bunga kredit bakal ikut naik
Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah (tengah) saat mengunumkan kenaikan suku bunga penjaminan LPS di Jakarta, Rabu (12/9/2018).
Rapat Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sepakat menaikkan tingkat bunga penjaminan untuk simpanan dalam rupiah dan valuta asing di bank umum serta simpanan dalam rupiah di bank perkreditan rakyat (BPR).

Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah menjelaskan simpanan dalam rupiah di bank umum sebesar 25 basis points (bps) menjadi 6,5 persen. Untuk bunga penjaminan BPR dikerek 25 bps menjadi 9 persen. Sedangkan untuk valuta asing di bank umum mengalami kenaikan 50 bps menjadi 2 persen.

"Penetapan bunga penjaminan simpanan didasarkan pada pertimbangan jika bunga simpanan masih menunjukkan tren kenaikan dan berpotensi untuk berlanjut sebagai bentuk respons atas kenaikan suku bunga kebijakan moneter," kata Halim dalam konferensi pers di Kantor LPS, Jakarta, Rabu (12/9/2018), seperti dikutip dari financedetik.

Ada tiga pertimbangan LPS mengerek suku bunga ini. Pertama, Suku Bunga Simpanan perbankan masih menunjukkan tren naik dan berpotensi untuk berlanjut sebagai respon atas kenaikan suku bunga kebijakan moneter.

Pertengahan Agustus lalu, Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan sebesar 25 bps menjadi 5,5 persen.

Kedua, kondisi dan risiko likuiditas saat ini masih relatif stabil. Tapi ada kecenderungan meningkat di tengah tren kenaikan bunga simpanan dan membaiknya penyaluran kredit. Ketiga, stabilitas sistem keuangan (SSK) tetap terjaga walau ada tekanan penurunan nilai tukar dan volatilitas di pasar keuangan.

Bunga penjaminan ini berlaku sejak 13 September 2018 hingga 12 Januari 2019.

Kenaikan ini sesuai dengan Peraturan LPS (PLPS) nomor 2 Tahun 2014, LPS menetapkan tingkat bunga penjaminan 3 kali dalam setahun. Yakni pada pekan kedua Januari, Mei, dan September. Kecuali terjadi perubahan pada kondisi perekonomian dan perbankan yang signifikan.

Halim berpesan, jika bank menjanjikan kepada nasabah suku bunga simpanan melebihi Tingkat Bunga Penjaminan ini, maka simpanan mereka tidak dijamin LPS. Ia menjelaskan LPS akan tetap memantau dan evaluasi kebijakan tingkat bunga penjaminan.

"LPS akan berupaya melakukan penyesuaian terhadap kebijakan tingkat bunga penjaminan sesuai dengan perkembangan data bunga simpanan perbankan dan hasil evaluasi atas perkembangan kondisi ekonomi serta stabilitas sistem keuangan," kata dia.

Rabu (18/7/2018) lalu, LPS juga telah menaikkan suku bunga penjaminan, pada tiga jenis simpanan di atas masing-masing sebesar 25 bps. Kenaikan suku bunga dari LPS ini, biasanya akan diikuti dengan kenaikan suku bunga kredit.

Paul Sutaryono, pengamat perbankan mengatakan dengan kenaikan suku bunga penjaminan saat itu, akan memberikan restu kepada bank untuk segera menaikkan bunga deposito. "Ujungnya suku bunga kredit segera naik kuartal III," kata Paul kepada kontan.co.id, Kamis (19/7/2018).

Dengan penaikkan dikuartal III, maka suku bunga kredit di kuartal IV bisa ikut naik.
LPS kerek suku bunga pinjaman, bunga kredit bakal ikut naik


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...akal-ikut-naik

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- LPS kerek suku bunga pinjaman, bunga kredit bakal ikut naik Dimas Kanjeng batal pamerkan soto dan rawon dari balik jubah

- LPS kerek suku bunga pinjaman, bunga kredit bakal ikut naik Polemik tayangan pembangunan bendungan Jokowi di bioskop

- LPS kerek suku bunga pinjaman, bunga kredit bakal ikut naik Izin PO bus maut di jalur Cikidang bakal dicabut

×