alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
3 Segitiga di Langit Kita
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b98fea31cbfaab50f8b4568/3-segitiga-di-langit-kita

3 Segitiga di Langit Kita

3 Segitiga di Langit Kita
Hai semua pada hari Rabu (12/9/2018) malam ini, langit para agan akan dihiasi oleh pemandangan dari planetVenus, Jupiter, dan Bulan yang terlihat sangat terang. Ini bukan fenomena langka tetapi karena kecerlangan benda-benda langitnya, fenomena ini menjadi sayang untuk dilewatkan. emoticon-Matabelo


Mutoha Arkanuddin dari Jogja Astro Club mengatakan, tiga benda paling terang yang akan terlihat malam ini adalah Venus, Jupiter, dan Bulan. Menurutnya, Venus tampak sangat terang karena sedang berada pada sudut terjauh dengan matahari. "Buat orang-orang yang suka astrofotografi bisa mengabadikan peristiwa nanti," katanya saat dihubungi Kompas.com, hari ini. Magnitudo Venus mencapai -4,5. 

Magnitudo mencerminkan kecerlangan benda langit. Semakin kecil angkanya, semakin terang. “Venus ada fasenya, seperti bulan, ada purnama, baru, sabit, Venus juga kadang ada di depan matahari, di belakang matahari, kadang terjauh dari matahari,' katanya. "Malam ini kira-kira Venus seperti bulan separuh karena dia cukup jauh dari matahari sehingga cahayanya terlihat paling terang." 

Sementara itu, Jupiter akan tampak dengan magnitudo -1,87, cukup terang untuk dilihat dengan mata telanjang. Begitu juga bulan. Yang menarik, ketiganya akan membentuk bangunan serupa segitiga hingga dua hari ke depan dan tampak dengan mata telanjang. 

Untuk dapat menikmati fenomena ini, Anda dapat memantau langit barat dua puluh menit setelah matahari terbenam. Mutoha menjelaskan, ketiga benda langit ini tetap dapat terlihat dengan mata telanjang baik dari perkotaan atau di pedesaan. “Meskipun di Jakarta, dengan mata telanjang, masih bisa terlihat, lah,” jelas Mutoha saat dihubungi melalui sambungan telefon Rabu (12/09/2018). 

Khusus untuk Venus, puncak kecerlangannya akan terjadi pada 25 September 2018 mendatang. Hanya saja, ia menekankan, semakin hari posisi Bulan akan semakin ke timur, sehingga akan menjadi sulit untuk venus bersama Jupiter dan Bulan dalam satu pandangan. Selagi bisa dan mumpung langit cerah, luangkan waktu selepas senja untuk menikmati fenomenanya.

Ayooo liat 3 objek langit yang akan terlihat pada malam ini. Kapan lagi kita dapet fenomena kaya giniemoticon-Motret
Ane tinggal di desa jd gampang banget ngeliatnya emoticon-Matabelos
Yg ane bingungin kok bisa mancarin cahaya ya? Kan bukan bintang? emoticon-Bingung (S)
Balasan post saya.introvert
Quote:

Pantulan cahaya matahari kan?
Apalagi atmosfer Venus itu diselimuti awan tebal asam belerang, jadi pantulan cahaya mataharinya tinggi, sekitar 70 persen.
Sebagai perbandingan, bulan kalau gak salah cuma memantulan 10 persen cahaya matahari, karena permukaannya brupa batu vulkanik gelap.
Balasan post shinhikarugenji
Quote:


Thx jawabannya emoticon-Shakehand2
Balasan post saya.introvert
iya gan karena dekat dengan matahari dengan jarak sekitar 108.000.000 km, terus lapisan atmosfernya dilapisi oleh awan yang dapat memantulkan cahaya matahari lebih tinggi dibanding bulan.

Suhu permukaannya aja −220 °C (−364,0 °F) dan suhu permukaan maksimal 420 °C (788 °F) Ga kebayang kalo tinggal disana auto masak dah dan malemnya wkwkwk ga bisa dibayangin.emoticon-Leh Uga
Diubah oleh trikunprayoga
Ga keliatan
Balasan post ahdiethya
Coba senja gan nanti keliatann kok emoticon-Jempol
Diubah oleh trikunprayoga
Tiga titik d langit, "Three Kings"

jadi ingat Film Transformers 2 : Revenge of The Fallen, si three king jadi penunjuk lokasi emoticon-Big Grin


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di