alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Filantrop Dunia Sumbang Rp 6 T Buat Lindungi Hutan Termasuk di RI
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b98fcb79e7404764b8b4567/filantrop-dunia-sumbang-rp-6-t-buat-lindungi-hutan-termasuk-di-ri

Filantrop Dunia Sumbang Rp 6 T Buat Lindungi Hutan Termasuk di RI

https://m.detik.com/news/dw/d-4208256/filantrop-dunia-sumbang-rp-6-t-buat-lindungi-hutan-termasuk-di-ri


Filantrop Dunia Sumbang Rp 6 T Buat Lindungi Hutan Termasuk di RI

Amsterdam - Sekumpulan filantrop internasional berkomitmen menyumbangkan ratusan juta Dolar AS untuk menyelamatkan hutan tropis, termasuk di Indonesia. Dana yayasan ini akan lebih mudah dicairkan ketimbang dana bantuan negara maju.

Sehari menjelang Pertemuan Puncak Iklim Global yang akan dihadiri oleh 4.500 delegasi dari seluruh dunia, sembilan yayasan mengumumkan komitmen penghijauan kembali senilai 459 juta Dolar AS selama empat tahun ke depan.

"Ketika Bumi menghangat, banyak negara yang bergerak sangat lambat. Jadi kami sebagai filantrop harus bertindak," kata Darren Walker, Presiden Ford Foundation.

Jumlah dana bantuan tersebut dikumpulkan secara urunan oleh 15 organisasi, ditambah pemerintah Norwegia yang menyumbang 33 juta Dolar AS untuk proyek di Indonesia dan Brasil.

Charlotte Streck, Direktur Climate Focus di Amsterdam, mengatakan jumlah dana yang digalang oleh yayasan-yayasan tersebut menjadikan mereka donatur terbesar program perlindungan hutan.


Baca Juga: Sinarmas Kehilangan Sertifikat Ramah Lingkungan

Norwegia sendiri setiap tahun menganggarkan dana bantuan senilai 500 juta Dolar AS untuk membantu negara-negara tropis. Namun menurut Sterck, dana yang disiapkan gabungan yayasan itu lebih "fleksibel dan cair" ketimbang dana dari pemerintahan.

"Duit yang disiapkan sejumlah negara seperti Norwegia, Jerman dan Inggris, kebanyakan berupa dana perwalian yang dikelola Bank Dunia dan PBB. Jadi dananya tidak bisa cair dengan mudah," imbuhnya.

Seringnya "sebuah proyek kekurangan 20.000 dollar AS atau 50.000 dollar AS hanya untuk mengerjakan satu hal atau mengembangkan sebuah studi atau menyewa konsultan," kata Sterck merujuk pada kakunya sistem pencairan dana bantuan negara maju. "Dengan dana yayasan duit itu bisa dikucurkan."

Dana tersebut antara lain akan lebih banyak digunakan untuk membantu penduduk asli setempat yang menggantungkan hidup dari hutan. Mereka akan dibantu mengamankan sertifikat tanah agar tidak bisa diperjualbelikan kepada perusahaan swasta tanpa persetujuan mereka.

"Perusahaan-perusahaan ini datang ke desa kami, ke hutan kami dan bilang 'kalian harus pergi karena kami punya lisensi dari pemerintah'," kata Rukka Sambolinggi, Koordinator Internasional Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN).

"Bukti-bukti menunjukkan komunitas pribumi adalah pihak yang bisa menjaga lahan yang mereka huni dengan paling efektif," kata Darren Walker, Presiden Ford Foundation. "Dengan cara itu mereka memastikan level gas rumah kaca tidak mengancam manusia dan planet Bumi," imbuhnya.

Baca Juga: Ingin Restorasi Gambut, KLHK Malah Berpeluang Percepat Laju Deforestasi

Selain membantu suku asli setempat, dana bantuan penghijauan hutan itu akan disalurkan untuk membantu perlindungan, restorasi dan perluasan lahan hutan, serta menyokong komunitas untuk menggunakan hutan secara berkelanjutan.

Meski saat ini hampir separuh luas hutan di Bumi dikelola oleh suku asli, hanya 15% yang diakui milik mereka secara sah. Ilmuwan meyakini hutan membantu mengurangi 30% emisi karbondioksida dari atmosfer Bumi setiap tahunnya. Namun penggundulan hutan demi kegiatan industri, terutama pertambangan dan perkebunan, melumat kawasan hutan seluas 50 lapangan bola setiap menitnya.
rzn/ap (rtr,ap)


Apakah Tony Stark termasuk? emoticon-Request
orang2 arab sibuk bangun bangunan tinggi, beli super car, hidup hedon, beli senjata dll
orang indo malah sibuk demo dan meneror minoritas

sementara disebelah sana orang2 kafir dan atheis sibuk memelihara alam, menampung para imigran dan pengungsi, membantu negara negara miskin dll

ya begitulah dunia
kaum bigot akan selamanya jadi bigot
Memang harus dilindungi hutan-hutan di Indonesia.

Terutama hutan-hutan di kalimantan.

Stop pengembangan kebun-kebun kelapa sawit.

Terimakasih sumbangan 6 trilyun nya untuk menyetop manusia-manusia serakah dan jahat yang mengembangkan kebun-kebun kelapa sawit.
Diubah oleh app.developer
Balasan post hebatpart18
Quote:


Yah, di barat sana hutannya dah byk dibabat lebih duluan sebelum ada isu global warming . . .
wah lumayan nih dana nya bisa pake buat bikin jalan tol
Balasan post beli03
Quote:


lebih bagus hutan hutan di eropa malah dibanding hutan disini
di sana pengelolaan lahan sangat terpadu. daerah yg masuk wilayah hutan sama sekali gak boleh diusik.
uu uni eropa ttg pemeliharan hutan yg terketat di dunia.

di indon yg mana hutan, yg mana lahan produksi, yg mana tanam nasional, yg mana hutan industri, tidak jelas.
Diubah oleh hebatpart18
Sombong amat pamer nih pada emoticon-Mad
Kek si unyol dong kasi liat $1k doang gituh emoticon-army
Mantap om2... Lanjutkan! emoticon-Cendol Gan
Indonesia itu punya senjata mematikan bagi kelangsungan dunia.

kalau ada negara macam2 sama indonesia solusinya simpel, ancam bakar seluruh hutan indonesia dijamin kiceup, trus negara bersebrangan akan mendapat tekanan dari negara2 lain untuk mengalah

emoticon-Leh Uga

mau lu sesak napas kalau paru2 dunia habis?

emoticon-Ultah
Harus diingat di negeri ini ada budaya yg sudah mendarah daging yakni korupsi ,ngingetin aja takut sia2 ntar emoticon-shakehand
Kapir goblok...
Sampe kapanpun dan sebaik apapun kalian itu ga akan dianggap baik sama mereka...
Goyim Dungu...
:dor :dor :dor
perkebunan, penambangan dan pembabatan hutan paling bertanggung jawab atas rusaknya alam indonesia

dunia harus menghentikanya karena orang sini serakah
Balasan post hebatpart18
Wkwk . .kalo indo, maklum gan ..
Selama pejabat kebanyakan mental bobrok, ya gini gini aj . .
Itulah ironis nya dunia
sayangi hutan dengan memakai sewajar nya produk olahan dari pohon seperti tisu,dsb.kadang yg jones kn suka boros tisu emoticon-Hammer2
Diubah oleh krx48
Balasan post 4141525
Quote:


Berarti harus ada penjajahan dalam bentuk kolonialisme lagi nih?

emoticon-Leh Uga
BujuBuneng.... kemane aje itu duitnye....?!?
emoticon-Takut (S)
jadi mereka gak cuma ngomong"jangan bakar hutannya dong"tapi turut ngasih dana(aksi nyata),
Quote:


ndak harus gitu juga kali, hasil hasil maling dihutan juga larinya keluar semua,. kalau cuma menuhin kebutuhan dalam negri dan dikelola dengan benar ndak separah itu kerusakanya..



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di