alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
KPAI Temukan Sekolah Swasta Semimiliter Lengkap dengan Sel Tahanan
3.25 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b98ef7831e2e6a87b8b4567/kpai-temukan-sekolah-swasta-semimiliter-lengkap-dengan-sel-tahanan

KPAI Temukan Sekolah Swasta Semimiliter Lengkap dengan Sel Tahanan

KPAI Temukan Sekolah Swasta Semimiliter Lengkap dengan Sel Tahanan

https://nasional.kompas.com/read/201...an-sel-tahanan

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menemukan praktik tindak kekerasan ala militer di sebuah SMK swasta di Batam, Kepulauan Riau.

Bahkan, sekolah tersebut juga memiliki sel tahanan untuk menghukum para muridnya. Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti mengatakan, ini kali pertama KPAI menemukan kasus seperti ini.

"KPAI dan KPPAD Kepulauan Riau (Kepri) menerima laporan mengejutkan terkait adanya siswa yang dimasukkan dalam sel tahanan di sebuah SMK swasta di Batam," kata Retno saat konferensi pers di Kantor KPAI, Jakarta Pusat, Rabu (12/9/2018).

"Dalih penahanan seorang anak diduga atas nama mendisiplinkan karena ada pelanggaran yang dilakukan siswa di sekolah tersebut," lanjut dia.

Kronologi kejadian berawal saat korban yang berinisal RS (17) dituduh mencuri uang saat melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Korban mengatakan tidak melakukan hal tersebut, tetapi dipaksa untuk mengakuinya.

Hal itu membuatnya melarikan diri. Akhirnya, dia kembali ke Kota Batam melalui Bandara Hang Nadim dan dijemput paksa oleh pelaku berinisial ED.

Sang pelaku merupakan anggota kepolisian dan pemilik modal sekolah tersebut.

Saat penjemputan paksa tersebut, RS diborgol sehingga disaksikan publik, dan dipukul oleh pelaku ketika sudah berada dalam mobil.

Setelah itu, RS dijebloskan ke "penjara" di sekolah dan kembali menerima tindak kekerasan.

"Pada 8 September 2018 yang lalu, RS mendapatkan hukuman fisik, disuruh berjalan jongkok di perkarangan sekolah yang beraspal dalam kondisi tangan masih diborgol dan disaksikan teman-temannya yang lain," ujar Retno.

Kejadian tersebut disebarkan oleh oknum pelaku melalui media sosial dan aplikasi pesan instan kepada sanak keluarga korban.

Perundungan tersebut membuat RS mengalami trauma berat sehingga ia membutuhkan penanganan medis dan psikis.

Retno mengatakan, proses belajar di sekolah tersebut juga tidak maksimal karena lebih banyak menerapkan pelatihan ala militer.

"Menurut informasi yang diterima, proses belajar mengajar tidak berjalan sebagaimana mestinya karena kurang porsi jam belajar dengan guru lainnya. Siswa tidak fokus belajar, tapi fokus latihan semimiliter," ujar Retno.


"Siswa-siswa diajarkan menembak dengan senapan angin. Selain itu juga mengemudikan mobil dalmas milik sekolah," lanjut dia.

Atas ditemukannya kasus ini, KPAI berencana menempuh jalur hukum agar kasus serupa tidak terulang.

bs lolos dr pengawas diknas, pasti ad ap2 dg pihak sekolah emoticon-Traveller
Diubah oleh kaskus.infoforum
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 7
Semoga tidak menjurus kaderisasi teroris
emoticon-No Hope
Udah jelas tuh dinas pengawasan kurang ketat malah mungkin ah tahu sendiri lah...emoticon-Big Grin
wah serem amat sekolahannya
Jurusan apa yak?
itu sekolah swasta nya udah ada dari tahun berapa?
Diubah oleh noisscat
siap perang emoticon-Takut
siap kerangkemg para penista
Prison School?emoticon-Wow
"Sang pelaku merupakan anggota kepolisian dan pemilik modal sekolah tersebut."

Bakal madesu si anggota dah.. (kalau bener anggota).
Diubah oleh khayalan
nih sekolah mau bikin lulusan sipil ato militer ya ?
punya "penjara" pula
Dari berita-berita hari ini kok Riau jadi serem yak? emoticon-Bingung
Kan... Wereng direzim jaman now makin menggila kelakuannya... emoticon-Najis:
Quote:


Koreksi.. anggota yg blangsak makin susah buat cari aman.. emoticon-shakehand
Dulu di pesantren ane waktu smp juga ada penjara. Yang cowok dibotakin terus dimasukin je sel yang keliatan jelas sama orang lalu lalang, yang cewek dipenjara di kolong panggung. Gak tau deh kalau sekarang.
1. pasti keluar lagu lama: yg melakukan pemukulan hanya 'oknum'
2. lambat laun berita menghilang

Waduh.. ala film Battle Royale dong? emoticon-Takut
Ini sekolah apa akademi militer? Ato mau niru sekolah kedinasan kek ipdn?



Jangan2 menjadi pembibitan untuk makar atau mengganti dasar negara? emoticon-Bingung
kayanya kebablasan ngajarin disiplin, sekolah gini mah cocoknya buat remaja bermasalah
mau jadi taruna Nusantara ala ala yah emoticon-Mad (S)
Halaman 1 dari 7


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di