alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Cuma Butuh 5 Bahan, Bikin Deodoran Alami Sendiri Yuk!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b98c4a6582b2e015d8b4570/cuma-butuh-5-bahan-bikin-deodoran-alami-sendiri-yuk

Cuma Butuh 5 Bahan, Bikin Deodoran Alami Sendiri Yuk!

Cuma Butuh 5 Bahan, Bikin Deodoran Alami Sendiri Yuk!

Biar tampil percaya diri, kita harus memperhatikan penampilan dari kepala sampai ujung kaki. Gak cuma pakaian dan aksesoris yang matching, parfum juga aspek penting buat menunjang penampilan. Minimal pakai deodoran jika kurang menyukai parfum semprot.

Deodoran yang tersedia di pasaran terbuat dari campuran bahan-bahan kimia industri dan tambahan zat aditif. Kadar basa dalam deodoran komersil biasanya cukup tinggi, belum tentu cocok dengan semua jenis kulit.

Nah, biar lebih sehat dan aman, kamu bisa lho bikin deodoran sendiri di rumah. Cuma butuh 5 bahan baku saja dan bisa diberi aroma sesuai selera. Penasaran cara membuatnya? Yuk, siapkan bahan-bahannya lebih dulu.


1. Virgin Coconut Oil (VCO)
Cuma Butuh 5 Bahan, Bikin Deodoran Alami Sendiri Yuk!
Bahan pertama yang kamu butuhkan adalah VCO atau virgin coconut oil. Bahan baku VCO sama seperti minyak goreng, dari daging kelapa yang diolah lalu diekstraksi. Bedanya, proses pembuatan VCO lebih alami dan bahan bakunya segar.


2. Soda kue
Cuma Butuh 5 Bahan, Bikin Deodoran Alami Sendiri Yuk!
Berikutnya siapkan soda kue dengan perbandingan 1:1 dengan VCO. Biar lebih mudah membuat takarannya, ukur berat VCO dengan timbangan. Karena soda kue yang dijual di pasaran biasanya berbentuk serbuk.

Timbang 30 gram soda kue untuk 30 gram VCO, simpan di wadah terpisah. Nah, soda kue ini berperan sebagai bahan pemadat dan bersifat basa. Kulit sensitif biasanya mudah iritasi jika terkena bas. Terus, gimana solusinya?

Tenang, soda kue bisa diganti dengan campuran lilin lebah dan minyak jarak dengan perbandingan 1:1. Biar lebih aman lagi buat kulit sensitif, tambahkan 1 kapsul vitamin E ke dalamnya. Kepadatan deodoran yang dihasilkan gak akan beda jauh kok.


3. Shea butter
Cuma Butuh 5 Bahan, Bikin Deodoran Alami Sendiri Yuk!
Pernah mendengar produk kecantikan bernama shea butter? Sekilas wujudnya seperti lotion atau body cream, tapi sedikit lebih padat. Nah, shea butter ini bisa menambah sensasi lembut pada deodoran alami buatanmu.

Siapkan sekitar 15 gram shea butter, bisa dari merek apapun yang banyak tersedia di pasaran. Biasanya harga shea butter yang dijual secara online lebih murah, beberapa di antaranya hasil produksi dalam negeri.


4. Ararut (tepung maizena)
Cuma Butuh 5 Bahan, Bikin Deodoran Alami Sendiri Yuk!
Untuk memadatkan semua bahan agar tercampur rata, siapkan ararut atau tepung maizena sejumlah 1:1 dengan shea butter. Kandungan dalam tepung maizena juga berperan penting dalam mengikat keringat dan menyerap bau kurang sedap.


5. Essence oil favoritmu
Cuma Butuh 5 Bahan, Bikin Deodoran Alami Sendiri Yuk!
Keempat bahan di atas sebenarnya sudah cukup untuk menghasilkan deodoran alami. Tapi, baunya hambar alias gak tercium wewangian apa pun.

Biar kamu tampil makin percaya diri, tambahkan essence oil atau minyak atsiri favoritmu. Kalau cewek-cewek biasanya menyukai aroma lembut seperti rose atau lavender. Siapkan 2-3 tetes saja, boleh lebih jika kamu menginginkan aroma kuat.


6. Yuk, simak cara membuatnya!
Cuma Butuh 5 Bahan, Bikin Deodoran Alami Sendiri Yuk!
Setelah semua bahan siap, ikuti langkah pembuatannya berikut ini:

  1. Lelehkan shea butter dalam panci bersama VCO dengan api kecil. Aduk terus agar tercampur, lalu matikan kompor setelah adonan mulai menyatu
  2. Tambahkan tepung maizena dan soda kue ke dalam adonan, lalu aduk cepat sebelum campuran mengeras
  3. Teteskan juga essence oil secepatnya setelah adonan tercampur, sebelum mengeras dan aromanya jadi kurang merata
  4. Adonan deodoran sudah siap, tinggal kamu cetak sesuai selera.

7. Deodoran alami lebih aman dan sehat buat kulit lho
Cuma Butuh 5 Bahan, Bikin Deodoran Alami Sendiri Yuk!
Deodoran buatan sendiri ini bisa dicetak menjadi bentuk semi padat atau padat. Untuk semi padat, simpan adonan dalam toples kecil lalu biarkan mendingin di suhu ruang. Cara penggunaannya tinggal kamu oles dengan jari lalu diusapkan di ketiak.

Nah, untuk deodoran padat membutuhkan cetakan dan lemari pendingin. Gunakan cetakan es lilin atau plastik kecil, tuang adonan ke dalamnya lalu masukkan ke freezer sampai mengeras.

Proses pembuatannya mudah kan? Praktekkin yuk di rumah!


Sumber : https://www.idntimes.comlife/diy/dia...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Cuma Butuh 5 Bahan, Bikin Deodoran Alami Sendiri Yuk! 7 Pilihan Highlighter Kece untuk Tampilan bak Seleb Korea

- Cuma Butuh 5 Bahan, Bikin Deodoran Alami Sendiri Yuk! 8 Dekorasi Unik buat Rumah dari Celana Jeans Bekas Gampang Dibikin

- Cuma Butuh 5 Bahan, Bikin Deodoran Alami Sendiri Yuk! 5 Facial Cleanser Drug Store Mulai dari Rp16 Ribu Aja Nih



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di