alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Pakar Perkirakan Kota Bangkok, Thailand akan Tenggelam 10 Tahun Mendatang
4.89 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b98a973529a45d7518b4572/pakar-perkirakan-kota-bangkok-thailand-akan-tenggelam-10-tahun-mendatang

Pakar Perkirakan Kota Bangkok, Thailand akan Tenggelam 10 Tahun Mendatang

Pakar Perkirakan Kota Bangkok, Thailand akan Tenggelam 10 Tahun Mendatang
Sejumlah perahu siap mengantarkan wisatawan melintasi Sungai Chao Phraya di Bangkok, Thailand, awal Mei lalu, guna mengunjungi Candi Wat Arun yang tampak dari kejauhan.

KOMPAS.com - Bangkok kini sedang berbenah untuk menjadi tuan rumah konferensi perubahan iklim dunia. Namun, di lain sisi, kota yang berpenduduk lebih dari 10 juta jiwa ini sedang menghadapi tekanan lingkungan sendiri.

Para pakar memperkirakan kota itu mungkin akan tenggelam dalam waktu 10 tahun ke depan, seperti dikutip dari kantor berita AFP.
Pertemuan persiapan tentang iklim itu dimulai Selasa (04/09/2018). Pertemuan puncak perubahan iklim akan diadakan di Polandia pada akhir tahun.

Pertemuan di Polandia bertujuan menetapkan peraturan baru guna mengurangi emisi gas rumah kaca dan bagaimana memberi bantuan kepada negara-negara yang rentan karena naiknya permukaan laut.

Pertemuan puncak untuk melaksanakan perjanjian iklim yang capai di Paris tiga tahun lalu itu makin mendesak. Apalagi seiring dengan peningkatan suhu dan pola cuaca yang kian tidak normal.

Bangkok, yang tadinya dibangun di atas tanah yang hanya satu setengah meter di atas permukaan laut, diperkirakan akan menjadi salah satu kawasan perkotaan yang paling menderita selain Jakarta dan Manila.

"Hampir 40 persen Kota Bangkok akan terendam air menjelang 2030 karena curah hujan yang ekstrem dan perubahan pola cuaca," kata laporan Bank Dunia.

"Kota Bangkok kini sedang tenggelam dengan kecepatan satu sampai dua sentimeter per tahun, dan ada bahaya kota itu akan dilanda banjir hebat dalam waktu dekat," kata Tara Buakamsri dari Greenpeace.

Permukaan laut di Teluk Thailand naik empat milimeter per tahun di atas kenaikan rata-rata global. Menurut Buakamsri, kota itu sebagian besar sudah berada dibawah permukaan laut. Pada 2011, musim hujan menimbulkan banjir terparah ketika seperlima bagian kota itu terendam air. Kawasan bisnis di kota itu bisa diselamatkan dengan pembangunan tanggul-tanggul dengan cepat.

Tapi banyak bagian pesisir Thailand menderita kerugian besar dan jumlah korban tewas menjelang akhir musim hujan tahun itu mencapai 500 orang. Banyaknya pembangunan gedung-gedung bertingkat tinggi ikut menyumbang tenggelamnya kota itu. Banyak pakar menyebut Bangkok telah menjadi korban pembangunannya sendiri.

Tambak-tambak udang dan pengembangan budidaya perikanan, yang seringkali merusak hutan bakau yang melindungi garis pantai dari ombak laut, telah mengakibatkan erosi di pantai yang dekat dengan Kota Bangkok.

"Itu berarti Bangkok bisa terjepit oleh naiknya permukaan laut di selatan dan banjir yang disebabkan hujan di bagian utara negara itu," kata Suppakorn Chinvanno, pakar iklim di Universitas Chulalongkorn.

SOURCE : VOA INDONESIA via KOMPAS.COM
Halaman 1 dari 6
harus bikin giant wall kek jakarta...Ide giant wall udah mulai dari pas jaman pak foke...
Jakarta juga? Buru2 dah keluar dari sana emoticon-Big Grin
emoticon-Matabeloemoticon-Mewek

Bang Cock
Diubah oleh beyoungcarerock
waduh semoga ga kejadian deeh
jakarta duluan baru bangkok ?
serem juga tuh.
harus dibikin kayak yg di belanda
Mesti buru2 pindah negara.
Ngeri juga yak...
emoticon-Takut
sok toy
Set dah ngeri amet, ane cepet2 balik kandang kalo gitu emoticon-Hammer
ngeri kwkww
masih sebatas perkiraan, bisa betul bisa tidak emoticon-Traveller
Quote:

Yoeh...
Quote:

emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
Quote:


emoticon-Ngakak
Quote:


Tull skali gan
ngeri jg ya
Horor sekali gan emoticon-Takut
Huwow emoticon-Matabelo
mungkin mmg mau di binasakan akibat kebanyakan banci..
seperti kisah kaum sodom..
Diubah oleh Legman
gembok
Nyimak dulu bre...
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di