alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Mengenal Cheonggyecheon, Sungai "Contekan" Jokowi untuk Ciliwung
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b98a78b620881216c8b4588/mengenal-cheonggyecheon-sungai-quotcontekanquot-jokowi-untuk-ciliwung

Mengenal Cheonggyecheon, Sungai "Contekan" Jokowi untuk Ciliwung

Mengenal Cheonggyecheon, Sungai "Contekan" Jokowi untuk Ciliwung

Presiden Joko Widodo mengawali pekan ini dengan mengunjungi Korea Selatan. Selain membicarakan tentang investasi dan perdagangan, Jokowi dan Ibu Negara, Iriana juga menyempatkan berjalan-jalan di Ibu Kota Seoul. Ia pun memuji tatanan kota tersebut. Salah satu yang menjadi perhatiannya adalah sungai Cheonggyecheon.

Tak seperti sungai di dalam kota pada umumnya, Cheonggyecheon menjadi daya tarik tersendiri karena keindahan dan kebersihannya. Jokowi pun lantas bermimpi menjadikan sungai Ciliwung sekelas Cheonggyecheon. Sebuah impian sulit mengingat kali yang membelah Jakarta tersebut saat ini layaknya tempat sampah raksasa.

Seperti apa sih sungai Cheonggyecheon? berikut fakta-faktanya:


1. Awalnya merupakan sungai kumuh yang ditinggali kaum urban
Mengenal Cheonggyecheon, Sungai "Contekan" Jokowi untuk Ciliwung
Orang mungkin tak akan membayangkan bahwa Cheonggyecheon akan seindah saat ini. Cheonggyecheon sebelumnya, tepatnya sekitar tahun 1950an, merupakan sungai kumuh layaknya Ciliwung.

Di atas sungai tersebut berdiri bangunan-bangunan liar semi permanen milik kaum urban Seoul. Mereka adalah warga dari luar kota yang mengadu nasib usai perang Korea-Jepang. Ledakan penduduk membuat area tersebut menjadi kumuh. Terlebih, di atasnya telah dibangun sebuah jalan layang.


2. Mulai dibuka sejak tahun 2005
Mengenal Cheonggyecheon, Sungai "Contekan" Jokowi untuk Ciliwung
Lebih dari 30 tahun tak terurus, Wali Kota Lee Myung-bak kemudian memulai program restorasi pada tahun 2003. Namun, konsekuensinya cukup besar. Ia harus merobohkan jembatan layang yang sudah dua dekade berdiri. Langkah ini sempat mendapat tentangan dari berbagai pihak. Sebab, dikhawatirkan akan membuat macet.

Dikutip dari The Guardian, sungai itu akhirnya resmi dibuka pada bulan September 2005.  Apa yang ditakutkan nyatanya tak terjadi. Keberadaan sungai justru membuat orang meninggalkan kendaraan pribadi, dan lebih memilih berjalan kaki atau bersepeda di tepian kali sepanjang 6 kilometer tersebut.


3. Mampu menarik 60 ribu pengunjung per hari
Mengenal Cheonggyecheon, Sungai "Contekan" Jokowi untuk Ciliwung
Kini, Cheonggyecheon tak hanya berfungsi sebagai saluran air. Sungai yang direvitalisasi dengan biaya US$900 juta atau sekitar Rp13 triliun itu telah menjadi wisata gratis. Setiap hari diperkirakan ada 60 ribu pengunjung yang menikmati keindahannya. Selain taman, sungai itu juga dilengkapi dengan 22 jembatan penghubung.


4. Ridwan Kamil akan sulap Kalimalang Bekasi seperti Cheonggyecheon
Cheonggyecheon tak hanya menarik perhatian Jokowi. Seolah tak mau kalah, Gubernur Jawa Barat yang baru saja dilantik, Ridwan Kamil berencana menyulap Kalimalang di Bekasi seperti sungai tersebut.

Melalui akun Instagram miliknya, ia mengatakan bahwa sungai yang berada di perbatasan Jakarta-Bekasi itu akan mulai direstorasi minggu depan. Kita tunggu saja ya seperti gimana hasilnya.


Sumber : https://www.idntimes.comtravel/desti...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Mengenal Cheonggyecheon, Sungai "Contekan" Jokowi untuk Ciliwung Kurangi Kecelakaan di Jabar Ridwan Kamil Pasang Road Barrier Tabung

- Mengenal Cheonggyecheon, Sungai "Contekan" Jokowi untuk Ciliwung Mimpi Jokowi Ciliwung Sebersih Sungai Cheongyecheon di Seoul

- Mengenal Cheonggyecheon, Sungai "Contekan" Jokowi untuk Ciliwung Sambangi Korsel Jokowi Ingin Tingkatkan Kerja Sama Generasi Muda

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di