alexa-tracking

Berkualitas, Ini Rekomendasi Merek Kertas A3 Terbaik

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b98952dd89b093f338b4568/berkualitas-ini-rekomendasi-merek-kertas-a3-terbaik
Berkualitas, Ini Rekomendasi Merek Kertas A3 Terbaik
Berkualitas, Ini Rekomendasi Merek Kertas A3 Terbaik

Urusan mencetak tidak hanya menjadi tanggung jawab mesin atau printer. Melainkan juga ditunjang oleh beberapa faktor lainnya seperti jenis tinta yang digunakan. Atau justru spesifikasi kertas yang dibuat mencetak. Baik mesin, jenis tinta hingga kualitas kertas yang digunakan harus saling mendukung untuk menghasilkan kualitas cetak terbaik. Untuk perkantoran hingga perusahaan, urusan printer dan tinta tentu tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Namun bagaimana dengan kertas yang digunakan?

Kertas A3 sebagai pilihan kertas cetak perkantoran dan perusahaan
Volume aktivitas printing di perkantoran dan perusahaan sangat jauh berbeda dengan di rumah. Selain lebih berat, kebutuhan printing di perkantoran juga membutuhkan detail yang sedikit lebih rumit. Dari mulai penggunaan jenis printernya, tinta hingga kertas yang dipakai. Diantara banyak jenis kertas yang ada, kertas A3 memang yang paling sering dibutuhkan. Mengingat ukuran kertas A3 ini sangat ideal untuk mencetak pekerjaan kantor.

A3 sebagai kertas cetak perkantoran dan perusahaan, dibedakan menjadi dua. Ada A3 standar atau biasa, dan ada kertas A3+ (A3 plus). Keduanya dibedakan berdasarkan ukurannya yang memang salah satunya lebih kecil dibandingkan yang lain. Dalam hal ini A3 memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding A3+. Namun perbedaan ukuran ini juga tidak terlalu jauh, sehingga fungsi keduanya juga tidak jauh berbeda dalam printing perkantoran hingga perusahaan.

Ukuran kertas A3 11,69x16,54 inci. Atau berukuran 297x420 mm2. Ukuran kertas ini sama dengan dua kali lipat ukuran kertas A4. Dalam perkantoran dan perusahaan, kertas A3 digunakan untuk mencetak laporan keuangan hingga pekerjaan lainnya. Sementara dalam dunia digital printing, kertas A3 digunakan untuk mencetak brosur, booklet, pamflet dan banyak lagi. Biasanya perusahaan yang bergerak dalam bidang konstruksi dan sipil, menggunakan A3 untuk kebutuhan desain juga rancang bangun.

Memilih kertas A3 terbaik
Pemilihan kertas A3 harus disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk cetak hitam putih, kertas A3 dengan kualitas standar masih dapat mengakomodir kebutuhan pekerjaan. Terutama untuk kebutuhan internal hingga dokumen arsip, kertas A3 fotokopi dengan ketebalan yang tidak terlalu tinggi masih dapat mengakomodir kebutuhan pekerjaan. Namun tidak dapat ditolerir saat presentasi dengan menggunakan kertas A3 berkualitas buruk.

Untuk kebutuhan eksternal hingga cetak warna, kertas A3 yang memiliki spesifikasi terbaik sangat diperlukan. Kertas A3 dengan spesifikasi terbaik biasanya dibuat khusus cetak dengan ketebalan yang ideal dan warna-warna yang lebih tajam, sehingga untuk cetak depan belakang akan lebih berkualitas.

Rekomendasi kertas A3 terbaik
Ada banyak merek kertas ukuran A3 yang mengakomodir kebutuhan pekerjaan perkantoran hingga percetakan. Salah satunya adalah Fast Print Art Paper A3. Kertas A3 ini memiliki berat 120 gsm. Permukaan kertas glossy atau lebih halus dan licin. Ketebalannya juga lebih baik sehingga kedua sisi depan dan belakang dapat digunakan untuk kebutuhan cetak terbaik. Ukuran kertas A3 ini cocok untuk perkantoran, perusahaan hingga usaha percetakan.

Kertas Fast Print Art Paper A3 ini dibuat dengan formula anti luntur. Artinya dokumen atau gambar yang dicetak menjadi lebih awet dan tidak mudah luntur meski disimpan lama. Penggunaannya tidak hanya untuk mesin fotokopi namun juga ideal untuk printer kertas A3. Selain itu ada juga Paper One kertas fotokopi A3 dengan tingkat keputihan yang lebih terang. Baik fotokopi atau cetak akan menjadi lebih terang dan warnanya tajam.

Selain tingkat keputihannya yang lebih tinggi, Paper One ukuran kertas A3 ini juga memiliki ketebalan yang cukup baik. Tingkat ketebalannya 80 gsm lebih rendah dari Fast Paper, namun kualitasnya tidak perlu diragukan. Memungkinkan kualitas cetak yang lebih baik juga fotokopi yang mumpuni. Hanya saja kertas A3 yang satu ini lebih nyaman digunakan untuk keperluan pekerjaan perkantoran hingga perusahaan namun tidak untuk usaha percetakan.

Gambar: pexels
image-url-apps
dulu zaman sekolah menulis di batu
×