alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
6 Rahasia Sukes Bisnis Kuliner Akhirnya Terungkap
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b9869d7529a4566438b458d/6-rahasia-sukes-bisnis-kuliner-akhirnya-terungkap

6 Rahasia Sukes Bisnis Kuliner Akhirnya Terungkap

6 Rahasia Sukes Bisnis Kuliner Akhirnya Terungkap

Anda seorang pelaku bisnis kuliner dan penjualan Anda belum mengalami peningkatan yang signifikan? Atau dagangan kuliner Anda kurang laku terjual? Hal tersebut sering dialami oleh banyak pelaku bisnis kuliner. Namun Anda tidak perlu kawatir karena saat ini telah terungkap rahasia sukses menjalankan bisnis kuliner sebagai berikut ini:

1. Cita rasa makanan

Rahasia pertama adalah cita rasa makanan itu sendiri. Tidak dapat dipungkiri bahwa makanan yang memiliki cita rasa yang enak selalu menjadi buruan para penggemar makanan. Hal tersebut adalah wajar, mengingat seseorang lebih menyukai makanan yang enak. Semakin enak suatu makanan, maka semakin laris karena selalu menjadi buruan penggemarnya.

Lantas, seperti apa cita rasa makanan yang enak? Tentunya pelaku bisnis kuliner ini tidak bisa menyajikan makanan yang sesuai dengan selera orang masing-masing, karena setiap orang memiliki selera makanan yang berbeda-beda. Ada yang suka pedas, ada yang suka gurih, ada yang suka manis, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, solusi terbaik adalah membuat standar rasa dari makanan yang disajikan ke pelanggan, dengan opsi yang bisa disesuaikan dengan selera pelanggan.

2. Lokasi berjualan

Rahasia kedua adalah lokasi berjualan yang dekat dengan pelanggan. Juga tidak dapat dipungkiri bahwa pelanggan lebih menyukai membeli makanan yang enak dan dekat dengan tempat tinggalnya, atau lokasi bekerjanya. Hal tersebut dikarenakan pelanggan mungkin memiliki waktu yang terbatas untuk makan (seperti karyawan kantor) atau terkendala masalah transportasi.

Selain lokasi yang dekat dengan pelanggan, juga pelanggan lebih menyukai lokasi berjualan yang menyediakan fasilitas untuk parkir kendaraan. Saat ini, banyak pelaku bisnis kuliner yang memiliki lokasi berjualan yang dekat dengan pelanggan, namun tidak memiliki tempat parkir kendaraan yang memadai sehingga menyulitkan pelanggan yang membawa kendaraan. Hal tersebut dapat berdampak buruk bagi kelangsungan bisnis kuliner, karena jika pelanggan kesulitan untuk memarkirkan kendaraannya, kemungkinan besar mereka akan memilih penjual lainnya yang memudahkan mereka untuk parkir kendaraan.

3. Harga yang bersahabat

Rahasia ketiga adalah harga yang bersahabat dengan kantong pelanggan. Tak dapat dipungkiri bahwa harga makanan dapat menentukan banyak sedikitnya jumlah pelanggan. Hal tersebut adalah wajar, karena pelanggan lebih menyukai makanan yang enak, mudah dijangkau pelanggan serta harga yang sangat bersahabat dengan kantongnya. Oleh karena itu, harga yang bersahabat menjadi salah satu cara menarik pelanggan untuk membeli.

Adapun cara terbaik agar harga yang Anda berikan bisa bersahabat dengan kantong pelanggan, adalah dengan memiliki pemasok yang tepat, sebisa mungkin dari produsennya langsung atau dari distributor utamanya. Hal tersebut dikarenakan harga yang dikenakan oleh produsennya langsung atau distributor utamanya, biasanya akan memberikan harga yang lebih murah. Harga dari pemasok yang lebih murah dapat menurunkan harga jual tanpa harus menurunkan margin keuntungan yang diinginkan.

4. Kebersihan Tempat Makan

Rahasia keempat adalah kebersihan tempat. Banyak pelanggan yang menginginkan kebersihan di tempat makan. Hal tersebut dikarenakan kebersihan tempat makan dapat memengaruhi selera mereka untuk makan. Nah, sekarang Anda bayangkan jika Anda makan di tempat yang tidak bersih, tentunya selera makan Anda kan turun dan mungkin Anda tidak akan berselera lagi untuk makan.

Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan selalu menjaga kebersihan tempat makan. Yang pertama adalah selalu sediakan tempat sampah tertutup berukuran cukup sehingga memudahkan pelanggan untuk membuah sampah. Yang kedua adalah selalu membersihkan meja dan kursi yang telah selesai digunakan pelanggan untuk makan, sehingga pelanggan berikutnya merasa nyaman untuk makan.

5. Promosi yang unik

Rahasia kelima adalah promosi yang unik. Unik dalam artian bukan promosi yang aneh sehingga menyulitkan pelanggan untuk memahaminya, melainkan promosi dengan cara yang berbeda dari umumnya. Ada yang memberikan tester makanan agar calon pelanggannya bisa merasakan sensasi dari makanan yang dijual. Atau ada yang mengadakan program-program tertentu yang menarik pelanggan, misalkan 1.000 porsi makanan gratis selama 7 hari. Hal tersebut tentunya sangat menarik minat pelanggan. Hal ini dikarenakan, sebelum membeli, pelanggan memiliki keinginan untuk mencicipi terlebih dahulu makanan yang dijual.

Adapun membuat promosi yang unik bisa dengan berbagai cara, namun hal utama yang harus diperhatikan adalah promosi tersebut harus bisa menarik minat calon pelanggan. Untuk bisa menarik minat calon pelanggan, maka setidaknya harus bisa membangun rasa ingin tahu pelanggan untuk mencobanya.

6. jaringan pelanggan

Rahasia keenam adalah jaringan pelanggan itu sendiri. Seorang pelaku bisnis kuliner seyogyanya memiliki jaringan pelanggan yang bagus, karena hal tersebut dapat mempertahankan kelangsungan bisnis kulinernya. Semakin banyak jaringan pelanggan yang dimilikinya, akan semakin besar peluang keberlangsungan bisnis kulinernnya.

Cara terbaik untuk membangun jaringan pelanggan adalah dengan memiliki pelanggan tetap, menjalinkerjasama dengan banyak instansi (bisa instansi pemerintah atau swasta) agar menggunakan produk kuliner Anda di setiap acara mereka. Akan lebih bagus lagi jika Anda sebagai pelaku bisnis kuliner memberikan perlakuan yang istimewa terhadap pelanggan tetap atau instansi yang membutuhkan produk kuliner Anda dalam acara mereka.

Link lengkapnya gan:

http://adityahermawan.com/6-rahasia-...rnya-terungkap

 

-- SEMOGA BERMANFAAT --
Diubah oleh hermawanaditya
piara jin peludah nggak ada brayemoticon-Leh Uga
Quote:


hahaha ... yang halal halal sajalah ... emoticon-Cape d...


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di