alexa-tracking

20 Bahaya Kista Bila Tidak Dioperasi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b98681d98e31bb84c8b456b/20-bahaya-kista-bila-tidak-dioperasi
20 Bahaya Kista Bila Tidak Dioperasi
20 Bahaya Kista Bila Tidak Dioperasi

Bahaya Kista Bila Tidak Dioperasi


1. Terasa nyeri di bagian perut bawah

Apabila anda sering merasakan nyeri di perut bagian bawah dan rasa nyeri tersebut terasa sangat menyakitkan, lebih baik anda segeralah periksa kepada dokter. Karena dikhawatirkan kondisi kista yang ada di dalam tubuh anda semakin memburuk. Dan jangan pernah anggap sepele terhadap gejala seperti ini, karena gejala nyeri dibagian perut hampir sama ketika anda sedang haid.

2. Penurunan berat badan

Siapa pun pasti akan bahagia bila mengalami penurunan berat badan, namun harus anda ketahui ternyata terdapat beberapa faktor yang membuat berat badan anda menurun. Salah satunya adalah akibat kondisi kista yang memburuk, karena disaat itu juga anda akan mengalami kekurangan nutrisi dan tidak nafsu untuk makan. Hal seperti itulah yang membuat berat badan anda jadi menurun.

3. Suhu badan meningkat (Demam)

Saat tubuh merasakan ada yang salah atau terdapat gangguan, maka sinyal alami yang diberikan oleh tubuh adalah penyakit demam tinggi. Demam tinggi pun bisa dikaitkan karena adanya perlawanan tubuh atau sistem imun terhadap penyakit kista yang diderita.

4. Sering buang air kecil

Bagi penderita kista ovarium biasanya sering mengalami penyempitan pada saluran ruang kandung kemih yang  mengakibatkan air seni sulit disimpan dalam jumlah yang banyak, sehingga akan sering dikeluarkan melalui buang air kecil secara terus menerus.

5. Nyeri saat buang air besar

Bahaya berikutnya adalah terasa nyeri ketika BAB, hal ini terjadi karena besarnya ukuran kista sehingga menekan lambung, usus, dan saluran kandung kemih. Bila sakit yang dirasa tak kunjung hilang, akan lebih baik secepatnya periksakan ke dokter.

6. Perut menjadi kembung

Perut kembung bisa diakibatkan karena adanya pembesaran kista yang memenuhi ruangan perut, sehingga membuat perut terasa kembung dan membesar. Selain karena ukuran kista yang semakin membesar, perut kembung juga bisa terjadi akibat kista yang pecah. Pecahnya benjolan kista dapat mengakibatkan perut terisi penuh oleh cairan kista, sehingga perut akan terasa penuh, kembung dan begah.

7. Cepat merasa kenyang

bahaya dari kista juga dapat mengakibatkan terganggunya sistem pencernaan yang nantinya akan membuat anda cepat kenyang meski makan dalam porsi kecil, serta tidak mengkonsumsi makanan yang membuat cepat kenyang seperti serat, karbohidrat dan lain-lain. Hal seperti itu disebabkan karena organ pencernaan yang terasa terhimpit, sehingga anda akan mudah merasa kenyang.

8. Pergerakan jantung menjadi cepat

Penyakit kista yang berkaitan dengan darah ternyata juga bisa berhubungan dengan pergerakan denyut jantung. Hal itu belum diketahui secara pasti, namun diperkirakan karena pecahnya kista dapat membuat pendarahan sehingga denyut jantung juga akan bergerak lebih cepat seiring dengan banyaknya darah yang keluar.

9. Ukuran perut membesar

Penyakit kista yang tidak segera mendapatkan pengobatan akan sangat berbahaya bagi kesehatan seseorang. Karena bisa jadi ukuran kista tersebut  semakin hari akan semakin membesar dan sangat berpengaruh terhadap ukuran perut. Perut juga akan mengalami pembesaran seperti orang yang sedang hamil.

10. Sering merasa mual dan muntah

Selain beberapa bahaya di atas kista juga dapat menyebabkan sering merasa mual bahkan bisa sampai muntah. Hal ini juga bisa dipengaruhi akibat pembesaran ukuraan perut sehingga hormonnya juga akan seperti orang hamil.

11. Gangguan pernafasan

Salah satu bahaya akibat dari kista juga bisa menyebabkan gangguan pernafasan, hal ini disebabkan karena organ pernapasan atau paru-paru terhimpit oleh kista yang semakin membesar sehingga akan menyulitkan anda untuk bernapas.

12. Payudara menjadi sensitif

Bahaya kista berikut ini biasanya disertai dengan masa menstruasi yang tidak teratur. Terdapat perubahan hormon di dalam tubuh memang dapat menyebabkan timbulnya kista ovarium hingga payudara menjadi sensitif. Jadi kalau mengalami kejadian seperti ini dan juga pertanda lainnya, maka jangan dibiarkan saja segeralah periksa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

13. Terasa nyeri dibagian persendian

Kista yang tidak segera mendapatkan pengobatan juga bisa menyebabkan bagian sendi anda merasa nyeri yang sangat hebat, seperti sendi pergelangan tangan dan kaki. Bahkan untuk beberapa kasus seperti ini bisa mengakibatkan seseorang mengalami kelumpuhan.

14. Terasa nyeri yang tidak biasa saat berhubungan seksual

Ukuran kista yang membesar akan menyebabkan penyempitan terhadap organ lainnya seperti leher rahim, hal ini juga akan mengakibatkan rasa kurang nyaman atau rasa nyeri saat melakukan penetrasi dalam hubungan seksual terlalu dalam karena ukuran leher rahim yang menyempit.

15. Nyeri dibagian panggul

Selain terasa sakit di perut bagian bawah, penyakit kista juga bisa mengakibatkan rasa nyeri di bagian pinggul serta bagian paha.

16. Nyeri gerak serviks

Untuk bahaya kista yang lebih serius lagi anda bisa merasakan nyeri hebat saat serviks atau leher rahim bergerak. gerakan serviks bisa terjadi saat berhubungan intim serta tubuh yang bergoyang. Jadi saat anda bergerak anda juga bisa merasakan sakit pada bagian perut bawah. Selain merasa nyeri saat serviks bergerak, perut juga akan terasa sakit saat ditekan, jadi hindarilah tidur dengan posisi telungkup karena akan membuat perut merasakan nyeri.

17. Masa menstruasi yang tidak teratur

Penyakit kista ovarium biasanya dapat  mengakibatkan masa menstruasi yang tidak teratur. Dan tidak hanya itu, dalam kista tersebut juga terdapat pertumbuhan sel yang abnormal di dalam rahim hingga menyebabkan darah kotor akan terhambat dan terganggu pembuangannya.

18. Nyeri dibagian punggung dan kaki

Area pada ovarium tidaklah besar sehingga ketika terjadi pembesaran kista, hal ini akan menyebabkan penekanan pada area mana saja, termasuk area belakang atau punggung sehingga menimbulkan rasa sakit di bawah punggung dan bahkan hingga terasa nyeri di kaki saat berjalan.

19. Memicu tumbuhnya kanker

Penyakit kista juga dapat memicu munculnya kanker, akan tetapi hal ini sangat beresiko kecil. Namun tetap saja kita harus terus waspada dengan penyakit kista yang menyerang tubuh kita.

20. Menyebabkan kematian

Walaupun kasus kematian akibat kista sangat jarang ditemukan, tetapi hal seperti ini bisa saja terjadi kepada seseorang penderita kista yang sudah berubah menjadi kanker.
×