alexa-tracking

Jalan-Jalan Ke Kinugawa Onsen, Side Trip Populer Dari Nikko Dan Tokyo

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b984aa6902cfeea018b4567/jalan-jalan-ke-kinugawa-onsen-side-trip-populer-dari-nikko-dan-tokyo
icon-hot-thread
Jalan-Jalan Ke Kinugawa Onsen, Side Trip Populer Dari Nikko Dan Tokyo
Sekilas tentang Kinugawa Onsen


Kinugawa Onsen merupakan sebuah resort onsen yang terletak di tepi sungai Kinugawa, sebuah sungai yang berawal dari rawa Kinu di Nikko (di dalam Nikko National Park) dan mengalir ke sisi selatan. Jadi, secara teknis Kinugawa Onsen ini masih termasuk dalam wilayah Nikko walau jaraknya tidak bisa dibilang dekat dengan pusat Nikko (kira-kira berjarak 30 menit dari Nikko). Sedangkan jika dilihat dari Tokyo, Kinugawa Onsen ini berlokasi kira-kira 130 kilometer di sebelah utara Tokyo yang kira-kira bisa ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan menggunakan kereta.


Jalan-Jalan Ke Kinugawa Onsen, Side Trip Populer Dari Nikko Dan Tokyo

Kinugawa Onsen [foto: wikimedia]


Kinugawa Onsen ini sudah memiliki sejarah yang cukup panjang, walau beberapa onsen dan ryokan besar baru beberapa dekade ini saja dibangun. Namun di antara onsen-onsen baru tersebut terdapat onsen-onsen lama yang sudah sering dikunjungi oleh para daimyo dan shogun jauh sebelum periode Edo dimulai. Itulah mengapa Kinugawa Onsen ini populer dikunjungi oleh wisatawan khususnya bagi yang memang ingin mencoba berbagai onsen sambil menikmati keindahan alam di Kinugawa.


Kinugawa Onsen saat ini


Walau disebut pembangunan onsen dan ryokan besar cukup banyak beberapa dekade ini, tak sedikit yang menutup bisnisnya karena satu dan lain hal, dan akhirnya meninggalkan banyak bangunan kosong yang terbengkalai di sekitar sungai. Untungnya akhir-akhir ini gerakan untuk memelihara keindahan tepi sungai Kinugawa sudah dimulai. Banyak bangunan kosong yang akhirnya dihancurkan dan diubah menjadi taman, jalur pejalan kaki, maupun pemandian air panas, yang akhirnya justru menarik minat wisatawan yang memang mencari suasana indah dari Kinugawa ini.


Jalan-Jalan Ke Kinugawa Onsen, Side Trip Populer Dari Nikko Dan Tokyo

Kinugawa Onsen [foto: Masashi Yanagiya/wikimedia]


Yang menarik dari Kinugawa Onsen


Di antara berbagai resort onsen yang ada di Jepang, Kinugawa Onsen ini mungkin termasuk salah satu yang paling menarik. Itu karena resort onsen ini tak melulu bicara tentang pemandian air panas dan ryokan, namun karena tak jauh dari resor onsen ini terdapat beberapa theme park yang menarik dan atraksi/obyek wisata non-onsen yang juga tak kalah menariknya. Tapi tetap, kita jalan-jalan dulu ke daya tarik utama dari resor onsen ini yang tak lain dan tak bukan adalah onsen-nya.


Jalan-Jalan Ke Kinugawa Onsen, Side Trip Populer Dari Nikko Dan Tokyo

Tobu World Square, salah satu theme park populer di Kinugawa Onsen [foto: Jiang Dong-Qin/wikimedia]



Kinugawa Onsen memiliki beberapa onsen menarik. Sebagian diantaranya menjadi bagian dari ryokan, sebagian lainnya berupa pemandian umum yang bisa dikunjungi oleh siapa saja. Namun jika teman-teman tidak berminat untuk berendam air panas, di resort ini juga banyak terdapat footbath, alias onsen khusus untuk kaki, yang beberapa diantaranya bisa diakses secara gratis. Itulah mengapa banyak wisatawan sengaja memilih menginap 1 malam di ryokan di Kinugawa Onsen, sekalipun tempat ini hanya 30 menit dari Nikko, yaitu agar lebih puas menikmati suasana di Kinugawa dan juga ragam onsennya.


Onsen di Kinugawa tak hanya terdapat di area kota-nya saja. Beberapa onsen terletak jauh di dalam lembah, namun populer untuk dikunjungi karena pesona keindahan alam dan juga sejarahnya. 2 onsen terpencil yang cukup populer adalah Okukino Onsen yang memiliki beberapa onsen outdoor dengan pemandangan fantastis; dan Yunishigawa Onsen yang populer dengan festival musim dinginnya. Ngomong-ngomong, Yushinagawa Onsen ini sudah terkenal sejak lama lho. Konon klan Taira (atau klan Heike) dulu sering mampir ke daerah sini untuk bersembunyi. Jadi jangan heran jika di daerah ini terdapat museum terbuka, Heike no Sato, yang menggambarkan suasana kehidupan dan juga sejarah dari klan Heike.


Kinugawa Onsen ini juga memiliki beberapa atraksi menarik. Salah satunya adalah menyusuri sungai Kinugawa dengan perahu kayu berlantai datar. Di sepanjang perjalanan wisatawan dapat menikmati keindahan sungai Kinugawa, khususnya sisi-sisi yang belum disentuh oleh manusia, begitu juga dengan bebatuan dengan formasi yang unik. Teman-teman juga dapat melihat Kinugawa dari ketinggian dengan naik Kinugawa Hot Spring Ropeway untuk mencapai puncak Gunung Maruyama, dan di sepanjang perjalanan wisatawan dapat melihat keindahan pegunungan Nasu Kogen dan Sungai Kinugawa. Jika lebih tertarik untuk melakukan hiking, coba sempatkan untuk menjelajah lembah di Kinugawa Onsen. Beragam pemandangan indah yang memiliki wajah berbeda di keempat musim siap untuk membuat wisatawan merasa betah dan rindu untuk kembali lagi.


Jalan-Jalan Ke Kinugawa Onsen, Side Trip Populer Dari Nikko Dan Tokyo

Kinugawa Hot Spring Ropeway [foto: Nyao148/wikimedia]


Ngomong-ngomong, 2 theme park besar yang ada di Kinugawa Onsen, yaitu Tobu World Square dan Nikko Edomura (Edo Wonderland) sengaja nggak saya bahas disini karena saya ingin mengulas lebih detail dalam tulisan terpisah.


Cara mencapai Kinugawa



Jika berangkat dari Tokyo, salah satu cara termudah adalah menggunakan Tobu Nikko Line dari Stasiun Tobu Asakusa ke Stasiun Kinugawa Onsen. Biayanya kira-kira 1550 yen* dengan lama perjalanan 140 menit, dan rute ini di cover oleh berbagai Tobu Nikko Free Pass.


Alternatif lainnya, naik kereta limited express yang dioperasikan atas kerjasama Japan Railway (JR) dan Tobu Railway. Dengan menggunakan kereta tersebut, teman-teman dapat mencapai Stasiun Kinugawa Onsen dalam waktu 2 jam perjalanan dari Stasiun Shinjuku (biaya 4000 yen*). Rute ini di cover oleh JR East Pass.


Sedangkan jika berangkat dari Nikko, bisa naik Tobu Nikko Line dan turun di Stasiun Kinugawa Onsen (transfer di Stasiun Shimoimaichi). Lama perjalanan 30 menit, biaya 310 yen*, dan rute ini di cover oleh Tobu Nikko Free Pass. Bisa juga dengan naik shuttle bus yang disediakan oleh berbagai theme park yang ada di Kinugawa Onsen.


Jalan-Jalan Ke Kinugawa Onsen, Side Trip Populer Dari Nikko Dan Tokyo




















cantik emoticon-Peluk
image-url-apps
ingat masih banyak saudara yang belum makan
KASKUS Ads
recomend dong tempat yg cocok saat winter
×