alexa-tracking

[COC] THE GATHERING #AslinyaLo

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b97eb0f60e24b217c8b4567/coc-the-gathering-aslinyalo
icon-hot-thread
[COC] THE GATHERING #AslinyaLo
Judul Buku: The Gathering

Penulis: Anne Enright

Penerjemah: Rika Iffati Farihah

Penyunting: Reni Indardini

Penerbit: Voila Books 

Cetakan I: November 2009

Tebal: 371 halaman

ISBN: 978-979-3714-52-3


[COC] THE GATHERING #AslinyaLo


****


"Aku ingin menuliskan apa yang terjadi di rumah nenekku pada musim panas ketika aku berusia delapan atau sembilan tahun, tetapi aku tidak yakin apakah peristiwa itu benar-benar terjadi."


Begitulah aku membuka kisah ini, kisah mengenai nenekku, tetapi aku pun mengisahkan tentang ayah dan ibuku pun suamiku, yang kutuliskan secara tidak beraturan, berputar berdasarkan penggalan ingatan namun selalu kembali mengisahkan tentang saudara lelakiku, Liam, yang tewas dengan cara menenggelamkan dirinya di laut, Brighton, Irlandia.

Kematiannya dan duka yang mendekam di hatiku yang menggerakan jari jemari ini untuk mengambil pena dan menuliskan aib keluargaku. Ayah dan ibuku memiliki dua belas anak, entah aku harus merasa bersyukur menjadi satu di antara kedua belas anak itu, sebab ayahku menjaga jarak dari anak-anaknya, dan aku mendengar tawa setiap kali kami duduk di gereja, serupa tangga, kata mereka, pun aku bertanya-tanya, apa yang ibuku rasakan setiap kali ia mengalami keguguran, tujuh kali keguguran, yang mengakibatkan ia depresi.

Aku pun mengenang suatu masa di mana kakekku, Charlie Spillane, si Charlie yang tidak suka mengakhiri, dia bahkan tidak suka mengawali. Ketika dia akhirnya jatuh cinta, itu hanya karena dia mendapati bahwa cinta itu sudah hendak terlepas dari genggamannya, cintanya kepada nenekku, Ada Merriman. Apakah aku terdengar seperti seorang cucu yang gemar menggerutu dan menyalahkan kakekku? Keputusannya untuk mendekati nenekku mengakibatkan lahirnya ibuku, dan malapetaka yang harus Liam hadapi, dan ketika aku dan Liam serta saudaraku yang lain dititipkan di rumah nenekku, ini, inilah awal mula penyebab Liam gemar minum-minum, dan kebencianku yang mendalam pada keluargaku.

Aku bersyukur memiliki dua anak perempuan dan suami yang cukup mapan. Aku sempat bercinta dengan suamiku pada malam sebelum pemakaman Liam. Akan tetapi, sesuatu yang melitihkan perlu aku tanggung seorang diri, mengabarkan perihal kematian Liam kepada saudara-saudaraku, perjumpaan kami pada acara pemakaman Liam, dan bagaimana cara kami mengabarkan berita ini pada ibu kami, yang rapuh dan... 

****


Cukuplah, Veronica, kau boleh pergi.


Quote:


CUKUP! Kau hanya akan mengacaukan ulasan buku ini. Kau hanya akan menulis ulang semua yang telah kau tulis! Terima Kasih, Veronica Hegarty, saya pinta kau pergi, kembali ke rumahmu di Irlandia, kepelukan suamimu, Tom, dan bergembiralah bersama anak-anakmu yang cantik dan lucu.


****


Saya, SuperLamhot, mengambilalih pena. Saya tidak akan meminta maaf atas ulasan Saya yang buruk ini, sebab bagi Saya memang seperti ini cara yang paling tepat untuk mengulas buku yang menurut Saya, hampir tanpa plot dan tanpa pendalaman tokoh, berpusat pada kenangan dan ingatan tokoh utama, Veronica Hegarty, yang dalam beberapa bagian ia pun ragu apakah kisah yang ia tuliskan benar terjadi atau tidak.


Sang Penulis, Anne Enright, menulis dengan sudut pandang orang pertama dengan gaya lyrical. Buku ini memiliki prosa yang sederhana namun suram, dan menyimpan kemarahan dari sudut pandang tokoh perempuan yang membenci keluarganya, dan kebencian itu semakin menghitam sejak meninggalnya saudara lelakinya, Liam Hegarty, dan bagi Saya, Anne Enright sangat cemerlang dan berhasil menunjukan itu semua.


Dengan The Gathering, Anne Enright menempatkan dirinya dijajaran penulis Irlandia yang paling tersohor saat ini. Dengan buku ini pula, ia mendapatkan Man Booker Prize pada tahun 2007, tahun yang sama ketika buku ini diterbitkan pertama kali oleh Jonathan Cape.


Saya menyukai buku ini, Saya beri 4 dari 5 bintang(beginikah cara menilai sebuah buku?). Saya suka dengan gaya Enright bercerita (Saya akan mencari buku-bukunya yang lain), walau demikian buku ini sepertinya bukan untuk semua orang, andai Anda telah terbiasa dengan buku-buku yang memiliki tokoh dan plot yang jelas dan kuat, dan menolak untuk membaca kisah yang kelam. Akan tetapi, Saya tetap rekomendasikan buku ini apabila Anda ingin membaca kisah keluarga dan melihat dunia dari jendela yang berbeda, dan begitu menyenangkan, rasa-rasanya, bahwa di suatu negara yang berbeda dari Indonesia, permasalahan keluarga terasa sama pilunya. 


Dan izinkan Saya menutup ulasan ini dengan kalimat Veronica Hegarty:


"Tuhan, aku benci keluargaku, orang-orang yang tak pernah kupilih untuk kucintai, tetapi tetap saja kucintai."


×