alexa-tracking

Pengamat Indef: Sulit bagi kita berharap rupiah kembali ke asumsi APBN sebelumnya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b97dc85ddd7709c5f8b4567/pengamat-indef-sulit-bagi-kita-berharap-rupiah-kembali-ke-asumsi-apbn-sebelumnya
Pengamat Indef: Sulit bagi kita berharap rupiah kembali ke asumsi APBN sebelumnya
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Secara fundamental maupun eksternal, agak sulit bagi kita untuk berharap rupiah akan kembali stabil ke level yang di asumsikan oleh pemerintah di APBN sebelumnya.

Karena besaran rasio hutang luar negeri Indonesia dan cadangan devisa di bawah 100%, saat ini Indonesia hanya memiliki cadangan devisa sebesar 72%.

Dengan cadangan devisa yang hanya 72%, hal itu tidak sebanding dengan kewajiban pembayaran hutang luar negeri Indonesia. Karena faktor itu, Indonesia termasuk ke dalam negara yang rentan mengalami krisis ekonomi.


Memang kondisi perekonomian Indonesia dalam arti bahaya itu tidak selalu berpotensi krisis. Tetapi, bahwa ini akan menjadi warning untuk meningkatkan mitigasi Indonesia.

“Perekonomian Indonesia dipengaruhi oleh nilai tukar. Hal itu yang harus diwaspadai,” ujar Enny Sri Hartati, Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Selasa (11/9).

Selain itu Indonesia juga harus lebih berhati-hati dalam mengelola hutang, terutama hutang luar negeri. Proyek-proyek pembangunan infrasruktur yang nantinya tidak bisa meningkatkan ekspor atau penerimaan devisa, sebaiknya ditunda dahulu.

“Kita jangan mengambil hutang yang denominasinya menggunakan dollar. Karena konsekuensi dari hutang luar negeri, Bunga dan cicilannya kan harus dibayar dengan dollar,” ujarnya.

Maka dari hal itu, Indonesia harus mengkalkulasikan terlebih dahulu perhitungan sebelum mengambil hutang luar negeri, bahwa apakah hal tersebut dapat mendukung peningkatan ekspor dan atau menambah penerimaan devisa masuk ke Indonesia. Agar terjadi keseimbangan, antara hutang luar negeri dengan cadangan devisa yang dimiliki.

Asal tahu saja, dengan adanya beban hutang luar negeri hal itu tentunya akan memberikan efek terhadap APBN Indonesia. Artinya, beban bunga dan cicilan hutang tentu akan meningkatkan beban APBN Indonesia. Sehingga jika bunga dan cicilan mengalami kenaikan, maka Pemerintah harus mengambil langkah untuk mengurangi pengeluaran negara yang lain.

Di sisi lain, dengan adanya tekanan eksternal hal ini memiliki kemungkinan Federal Funds Rate (FFR) akan mengalami kenaikan hingga dua kali untuk kedepannya. Serta dampak adanya perang dagang juga berpotensi terjadinya pelemahan harga komoditas.

“Dampak perang dagang antara Amerika dan China sudah pasti berpeluang untuk melemahkan harga komoditas,” kata Enny.

Dalam artian, jika harga komoditas turun, ekspor Indonesia tidak akan berjalan optimal, dan juga akan mengalami penurunan. Hal ini tentu saja akan menjadi ancama untuk trade devisit atau neraca perdagangan Indonesia.

Dengan neraca perdagangan yang turun, maka akan terjadinya capital outflow atau pelemahan rupiah. Sehingga neraca pembayaran Indonesia juga akan berpotensi mengalami devisit. Artinya, jika transaksi luar negeri Indonesia mengalami devisit, berarti kita akan lebih banyak membutuhkan dollar, dari pada memiliki persediaan dollar.

https://m.kontan.co.id/news/pengamat-indef-sulit-bagi-kita-berharap-rupiah-kembali-ke-asumsi-apbn-sebelumnya/


org waras mah mending cari selamat aja, fundamental ekonomi kuat pala loe emoticon-Traveller


http://palembang.tribunnews.com/2018/09/11/pengusaha-biro-perjalanan-umroh-kelimpungan-mereka-terpaksa-lakukan-cara-ini


https://www.cnbcindonesia.com/market/20180911083032-17-32572/rupiah-vs-dolar-as-3-bulan-ke-depan-rp-14800-rp-15200-us-


http://jabar.tribunnews.com/2018/09/11/imbas-rupiah-melemah-berdampak-ke-pengusaha-bakso-ilham-terpaksa-naikkan-harga

https://m.republika.co.id/berita/nasional/politik/18/09/11/pevupr428-sandi-tak-usah-banyak-kritisi-janji-presiden-rakyat-tahu
image-url-apps
Indonesia kebanyakan hedon upeti ke Padang pasir paling besar malah bangga padahal.artinya budak yang paling banyak diperas.
buru2 ke toko emas dan money changer, ngenthodlah dengan rupiah emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
KASKUS Ads
Reply to slider88's post
image-url-apps
Quote:


Maksud elo apa nulis gitu????naik haji elo bilang upeti????itu kewajiban umat islam buat melaksanakan bila sudah mampu..kaga ada make uang pemerintah buat naik haji..semua uang pribadi..
Reply to Shula08's post
image-url-apps
Quote:


Lah pemulung aja mampu masak loe nggak mampu. Lagipula perhitungan kekayaan dan hutang gak cuman ngitung hutang negara tetapi hutang rakyat juga. Indonesia 98 kolaps karena hutang swasta atau rakyat bukan negara.
image-url-apps
Quote:
image-url-apps
Quote:


Femerasan itu berarti ada unsur faksaan didalamnya..fix ente dangkalemoticon-Imlek
image-url-apps
indef .... makar ...

ratakan kantornya dengan tanah

persekusi orangnya ....

sudah 10th berpuasa ... sekarang saatnya tunjukkan siapa yg berkuasa
image-url-apps
@napibautai loe masuk ignore list gw nggak bisa gw quote
Kalau kewajiban itu bukanya pemaksaan ya? Kan ada ancaman atau hukuman kalau gak dikerjakan.
image-url-apps
Quote:


Kewajiban beda dengan femerasan dunguemoticon-Ngakak
image-url-apps
Klo misalkan kewajiban loe bayar pajak 2000% bukan pemerasan ya? Si dungu nubitol atas gw?
Reply to slider88's post
Quote:


eh tong! lu stop dulu makan minum di starbak dan semua resto asing dan aseng baru boleh ngomong pergi haji = setor upeti ke arab saudi , somplak pikiran ente yang primitip emoticon-Blue Guy Bata (L)
Reply to slider88's post
image-url-apps
Quote:


Heh anjiiing kapir nastak idiottttt

Org brngkat haji itu udh antri dari 10 yhn yg lalu. Duit nya tp udh diambil duluan ama kemenag,
Makanya kmrn kodok make duit haji buat bangun jalan,
Udh jelas kita defisit dagang, ngerti ngk jing, neraca impor kita lbh gede dari ekspor

Lu anjing ngerti ngk? Heh kapir haram jadah, nk ush ketawa lu,

Ketawa tu liat mamak lu di gangbang anjiiieng n jadi lu

emoticon-Wakaka
image-url-apps
Ga usah ngarep dolar 13 ribuan lagi. Normalnya udah di 14 rb, itupun nanti bukan sekarang. Sekarang lagi ancang2 ke atas 15 rb lewat dikit dulu.
image-url-apps
Quote:


Kewajiban itu ada unsur kesefakatan...beda ama femerasan..dunguemoticon-Ngakak
Quote:


Lah yang ngomong anwar nasution kok anggota nasboong sendiri kok gw disalahin. Hadeh si idiot bocah tk ini kalau bacot tak berotak.
Quote:

Import memang kebutuhan ada barangnya dan manfaatnya lain ma Plesiran gak ada manfaatnya sAma sekali itu juga nasbung yang bilang cek tritnya gw.
×