alexa-tracking

Kunjungan Jokowi dan perdagangan dengan Korsel

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b97c6a59e74047f358b4568/kunjungan-jokowi-dan-perdagangan-dengan-korsel
Kunjungan Jokowi dan perdagangan dengan Korsel
Kunjungan Jokowi dan perdagangan dengan Korsel
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in (kiri) dan Presiden Indonesia Joko Widodo (kanan) menginspeksi penjaga kehormatan saat upacara penyambutan di istana Changdeokgung di Seoul, Korea Selatan, Senin (10/9/2018).
Saat ini artikel ini ditulis, Selasa (11/9/2018), Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah tiba di Vietnam. Jokowi mengunjungi Vietnam untuk mengikuti World Economic Forum Asean setelah lebih dulu melawat Korea Selatan (Korsel).

Jokowi berada di Korsel sejak Senin (10/9) malam waktu setempat. Ini adalah kunjungan balasan Jokowi setelah Presiden Korsel, Moon Jae-in, bertamu pada November 2017.

Seperti halnya dalam kunjungan Jae-in ke Indonesia, agenda utama Jokowi ke Korsel juga menyangkut hubungan bilateral dalam hal investasi dan perdagangan. Jokowi melalui akun Twitter mengatakan kunjungannya kali ini menghasilkan sejumlah nota kesepakatan (Memorandum of Understanding/MoU) investasi.
Di tengah ketidakpastian global, perdagangan Indonesia & Korea Selatan tahun 2017 naik 20%. Lalu, di Seoul kemarin, ditandatangani sejumlah MoU dengan potensi investasi USD6,2 miliar.Saya terkesan atas antusiasme pengusaha Korsel untuk meningkatkan kerja sama dengan Indonesia. pic.twitter.com/ASnVtmA68i
— Joko Widodo (@jokowi) September 11, 2018
Seperti disebut Jokowi, kesepakatan yang ditangani Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) itu punya potensi nilai hingga 6,2 miliar dolar AS atau sekitar Rp91,76 triliun. Kepala BKPM, Thomas Lembong, menjelaskan nilai itu terbagi ke dalam 15 MoU dan enam komitmen investasi.

Dilansir Tribunnews, kelompok business to business atau kalangan swasta mengikat 5,75 miliar dolar. Sedangkan komitmen investasi total mencapai 444 juta dolar. Jadi secara total mencapai 6,19 miliar dolar.

Secara garis besar, menurut Thomas, kerja sama investasi ini menyentuh sektor industri utama dan otomotif--terutama dengan Hyundai Motor Company.

"...Kerja sama-kerja sama tersebut dapat membidik pasar Asean dan Australia. Hal ini harus kita manfaatkan, ditambah lagi Indonesia akan punya Free Trade Agreement (FTA) dengan Australia," ungkap Thomas.

Sementara menurut laporan KBS, Indonesia dan Korsel sepakat untuk memperluas kerja sama di bidang infrastruktur yang meliputi pembangunan jaringan kereta api, mobil, teknologi informasi, dan pertanian.

Indonesia dan Korsel juga sepakat melanjutkan kerja sama di bidang industri pertahanan seoerti pengembangan jet tempur dan kapal selam.

Adapun 15 MoU yang diperoleh adalah sebagai berikut;
Pengembangan PLTA Teunom 2 dan 3 di Aceh senilai 800 juta dolar.Pengembangan pabrik kimia di Merak, Banten, senilai 200 juta dolar.Pengembangan pabrik mesin diesel senilai 185 juta dolar.Pengembangan properti mixed-use MNC Lido City di Bogor, Jawa Barat, senilai 150 juta dolar.Pembangunan industri kosmetik di Karawang, Jawa Barat, senilai 20 juta dolar.Pengembangan PLTA Pongkeru 50 megawatt (MW) di Luwu Timur, Sulawesi Selatan, senilai 300 juta dolar.Pengembangan PLTA Peusangan 4 di Bireun, Aceh, senilai 430 juta dolar.Pengembangan PLTA Samarkilang 77 MW di Bener Meriah, Aceh, senilai 300 juta dolar.Pengembangan Transit Oriented Development (TOD) di Jakarta.Pengembangan properti City Gate 88 di Jakarta senilai 70 juta dolar.Pengembangan properti Vasanta Innopark di Bekasi, Jawa Barat, senilai 300 juta dolar.Kerja sama strategis di bidang Intelligent Transportation System (ITS).Kerja sama strategis di bidang pengembangan ekosistem perintis (start-up).Engineering, Procurement, dan Constructions of Java 9&10 (2x1.000 MW) Coal Fired Steam Power Plant Project senilai 3 miliar dolar.Kerja sama strategis di bidang pengembangan pusat teknologi alat-alat permesinan di Bandung, Jawa Barat.
Adapun 6 komitmen investasi yang ditandatangani meliputi;
Industri kabel listrik oleh LS Cable & System dan PT Artha Metal Sinergi di Karawang, Jawa Barat, senilai 50 juta dolar.Industri alas kaki oleh Parkland di Pati, Jawa Tengah, senilai 75 juta dolar.Industri tekstil dan garmen oleh Sae-A Trading di Tegal, Jawa Tengah, senilai 36 juta dolar.Industri alas kaki oleh Taekwang Industrial di Subang dan Bandung, Jawa Barat, senilai 100 juta dolar.Industri manufaktur turbin dan boiler oleh World Power Tech dan PT NW Industries di Bekasi, Jawa Barat, senilai 85 juta dolar.Jasa pembiayaan untuk modal ventura oleh Intervest dan Kejora Ventures di Jakarta senilai 100 juta dolar.
Jokowi mengatakan bahwa realisasi transaksi perdagangan Indonesia dan Korsel pada 2017 naik 20 persen menjadi 17 miliar dolar. Dari situ Indonesia mengalami surplus 78 juta dolar. Jadi kesepakatan anyar ini adalah untuk mengejar target baru.

"Kita memiliki target perdagangan sebesar 30 miliar dolar AS untuk tahun 2022," kata Jokowi dalam konferensi pers bersama Jae-in di Istana Kepresidenan Blue House, Seoul, Korsel, Senin (10/9) siang.

Menurut data Kementerian Perdagangan, neraca perdagangan Indonesia dengan Korsel pernah minus pada kurun 2013-2015. Perdagangan itu didominasi impor non-migas.

Namun, sejak 2016 hingga semester I 2018, neraca perdagangan menjadi surplus karena ekspor non-migas Indonesia ke Korsel meningkat.

Selain bidang perekonomian, kunjungan Jokowi juga menghasilkan MoU di bidang legislasi. Seperti dilansir laman Sekretariat Kabinet, ada 6 MoU yang ditandatangani.

Masing-masing adalah keimigrasian, perekonomian, administrasi kepegawaian, legislasi, keamanan, dan peta jalan Revolusi Industri 4.0.

Lantas, kedua pemerintahan juga akan menerapkan sistem permintaan visa secara online dan menggelar dialog pemimpin muda dalam bentuk pertukaran remaja kedua negara.
Kunjungan Jokowi dan perdagangan dengan Korsel


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-dengan-korsel

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kunjungan Jokowi dan perdagangan dengan Korsel Tren mode dan kecantikan dari NYFW 2018

- Kunjungan Jokowi dan perdagangan dengan Korsel Limbah medis kembali ditemukan di Jabar dan Sulsel

- Kunjungan Jokowi dan perdagangan dengan Korsel Sandiaga Uno, eks pejabat dengan simpanan dolar terbanyak

image-url-apps
ekspor non migas ke korsel itu apa aj ya?
mana datanya
×