alexa-tracking

Simak! Ini Perbandingan Pelemahan Rupiah 1998 Dengan 2018

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b97ba2b9252337d6f8b4572/simak-ini-perbandingan-pelemahan-rupiah-1998-dengan-2018
Simak! Ini Perbandingan Pelemahan Rupiah 1998 Dengan 2018
Simak! Ini Perbandingan Pelemahan Rupiah 1998 Dengan 2018

Fenomena pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap USD belakangan ini sering dikaitkan dengan krisis ekonomi tahun 1998 lalu. Namun, apakah benar kondisi Indonesia hari ini seperti yang terjadi pada 20 tahun lalu?

Tentu saja, jawabannya adalah TIDAK. Meski nilai tukar dollar AS naik beberapa waktu ini, masyarakat tidak perlu panik. Karena situasi saat ini berbeda dengan tahun-tahun kejatuhan Orde Baru tersebut. Pondasi ekonomi pun juga telah berubah.

Pada tahun 1998 lalu, kenaikan dollar dalam satu tahun sangat drastis dari Rp 3000 menjadi Rp 10.725 atau naik 254%. Sedangkan pada zaman kiwari ini, meskipun nilai tukar dollar itu naik secara global, namun pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap USD pada tahun 2017 ke 2018 hanya sekitar 11%, yaitu dari Rp 13.345 menjadi Rp 14.815.

Kedua hal itu telah membuat perbandingan yang tak seimbang. Jika pelemahan Rupiah ini separah dengan tahun 1998, maka nilai dollar harusnya sudah tembus ke angka Rp 47.241.

Perbedaan kondisi ekonomi antara tahun 1998 dan 2018, juga terlihat dari nilai guna uang tahun yang berbeda. Saat ini, upah pekerja mengalami kenaikan signifikan dibandingkan tahun 1998, sehingga kemampuan membeli mengalami kenaikan drastis.
Kemudian, cadangan devisa negara pada tahun 1998 lalu hanya 22,9 miliar dolar, sedangkan pada tahun ini cadangan devisa mencapai 118,3 miliar dolar.

Dari segi kepercayaan kepada pemerintah juga berbeda. Pada tahun 1998, masyarakat panik sehingga menarik uang dari bank. Sedangkan hari ini, sudah ada LPS yang membuat nasabah dan perbankan merasa aman, dan tak ada fenomena penarikan uang dari bank.

Inflasi pada 20 tahun lalu, naik drastis hingga 78 persen dalam satu tahun, sedangkan sekarang inflasi itu stabil dengan rata-rata di angka 2 sampai 3 % per tahun.

Terakhir, pada tahun 1998 lalu, stok barang di supermarket langka hingga masyarakat sangat panik. Dewasa ini, kita bisa lihat sendiri barang-barang kebutuhan masyarakat itu masih tersedia dan mudah didapat di pusat perbelanjaan masyarakat.

Dengan seluruh pemaparan tersebut, kita bisa menilai sendiri bahwa kondisi bangsa Indonesia hari ini begitu berbeda dibandingkan masa 20 tahun lalu. Pelemahan Rupiah hari ini pun tak sama kondisinya dengan masa krisis pada tahun 1998 lalu.

Oleh karena itu, mari kita stop pernyataan berlebihan di media sosial terkait dengan pelemahan Rupiah saat ini. Jangan sampai kita turut memperkeruh keadaan, di saat pemerintah sedang bekerja mengembalikan rupiah sebagaimana pada posisi semula.
image-url-apps
Simak! Ini Perbandingan Pelemahan Rupiah 1998 Dengan 2018
image-url-apps
ente minta cerdas kok ke nasbung...udh dr spermanya mereka bodoh ...hahaha
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:


astajim, jaka sembung bawa golog, ga ada nasbung yg ga Goblog emoticon-Leh Uga
krena sadar gak ada celah yg lain lagi,
pakai isunya monoton jadi mudah terbaca.

Ada Yg Gembir Gembor Ngak Pemerintahan Dulu Meroket ? Kaga Hutang?

image-url-apps
Simak! Ini Perbandingan Pelemahan Rupiah 1998 Dengan 2018
image-url-apps
gak ush banding2 in dgn krisis 98
yg jelas rupiah melemah jd 15rb,,tidak sesuai dgn omonganny jkw dlu yg janji bakal bikin rupiah menguat ke 10rb.
dan lucunya lagi kata2 jkw dulu yg bilang ekonomi meroket bulan september sampe tahun ini gak terealisasi

yg jelas bagi ane,,pemerintah udh gagal dalam banyak hal. dan janji2 dahulu pun banyak yg tidak ditepati.
bila dollar dianggap suatu barang dengan harga perbiji 15,000
maka harga dolar 15.000 tahun sekarang teramat murah bila dibanding dengan harga dolar tahun 1998
Quote:


presiden mana yang gak pernah ingkar janji?
dari presiden pertama sampai sekarang pasti bercita-cita mensejahterakan seluruh rakyat, tapi rakyat pra sejahtera tetap banyak
fakir miskin katanya di pelihara negara, tapi faktanya dari era sukarno sampai sekarang gimana?
Quote:

nilai uang tahun 1998,2008 ama 2018 berbeda-beda dan selalu berubah
Reply to shoooony's post
Quote:


tiap jam juga berubah, trus point ente apa?
image-url-apps
Quote:


mangkanya gw bilang pemerintah gagal,,masa' gw mesti bilang pemerintahan jkw berhasil.
mestinya gk ush banyak2 janji manis kalo gk yakin bisa menepati apa yg sdh dijanjikan.
sama aja emang dgn pemerintah yg dulu2.
Quote:


makanya sekarang presiden yg ini udah jelas:

1. ingkar janji
2. membuat nilai tukar rupiah lemah, TANPA bisa membalikkannya minimal jadi 12.000 lah

sekarang ente mau pilih 2 periode yg udah jelas-jelas punya 2 poin tadi, atau gambling pilih presiden baru?

sekarang kalau dibandingin dengan kubu presiden baru, disana ada SBY yg pernah menghadapi krisis dollar 2008, lalu tim ekonom, tim pengusaha, dan tim petinggi BUMN yg berbeda

ente udah jatuh di kubangan, mau diem aja tetap di kubangan, atau mau loncat keluar yg punya resiko 50:50 antara keluar dari kubangan atau jatuh lagi?
Quote:



udah gak usah di push lagi bray.. biarin dulu aja bray para nastak ma nastaik mencoba berpikir keras emoticon-Big Grin


mudah²an sisa otaknya yg udah mulai mengkerut masih bisa di fungsikan emoticon-Leh Uga



Simak! Ini Perbandingan Pelemahan Rupiah 1998 Dengan 2018


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:


gambling itu kl.memang belum tau kualitas pengantinya lah ini.sudah ketahuan
ga mau.belajar dari jakarta?
Quote:


trus ente maunya gimana?
image-url-apps
Kalau ada yang lebih baik dari Jokowi, pasti ane kagak milih Jokowi
Prabowo??
Di saat Indonesia krisis malah ke Yordania
Sby?? Berapa banyak kasus korupsi di lingkaran terdekat Sby??
Mega?? Aaah sudahlah......
Amin Rais?? Amit-amit......
Harapan ane 2024 bu Risma nyapres
Quote:


tonton debat capres 2014
kualitas wowo gak ada apa apanya dibanding wiwi, apalagi pas sesi tanya jawab dengan pengusaha, plongo habis wowo
image-url-apps
Quote:


baca quote ane dgn sejelas2nya
pertanyaan ente udh terjawab dgn jelas
×