alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
7.000 Tahun Lalu, Petani Bawa Bekal Keju Saat Bermigrasi ke Eropa
4 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b97b978529a456c368b457a/7000-tahun-lalu-petani-bawa-bekal-keju-saat-bermigrasi-ke-eropa

7.000 Tahun Lalu, Petani Bawa Bekal Keju Saat Bermigrasi ke Eropa

7.000 Tahun Lalu, Petani Bawa Bekal Keju Saat Bermigrasi ke Eropa
Bukti produk susu fermentasi dalam tembikar tanah liat merupakan bukti paling awal pembuatan keju di Mediterania.

KOMPAS.com - Lebih dari 7.200 tahun lalu, petani yang tinggal di dekat Laut Adriatik mengisi pot tanah liat dengan keju lunak. Ribuan tahun setelahnya, tradisi ini baru terungkap dan sekaligus mengungkap pembuatan keju tertua di Mediterania.

Jejak pembuatan keju itu ditemukan di Kroasia dan berdasar penanggalan radiokarbon wadahnya berusia 5200 SM.

Menurut laporan yang terbit secara online di jurnal PLOS ONE, Rabu (5/9/2018), keju yang ada di dalam tembikar diduga sebagai gagasan para petani kuno untuk membantu orang dewasa yang tidak toleran terhadap laktosa susu.

Saat susu diawetkan dan menjadi keju, ia tetap memiliki sumber nutrisi yang dapat diandalkan oleh para petani saat mereka bermigrasi dari Mediterania ke Eropa, ekspansi yang dimulai 7000 SM dan berlangsung selama 3.000 tahun.

Sarah McClure yang seorang profesor antropologi di Pennsylvania State University sekaligus pemimpin studi mengatakan, semenanjung Balkan yang dikelilingi laut Adriatik merupakan pintu gerbang untuk penyebaran pertanian dari Mediterania ke Eropa Utara.

"Temuan jejak pembuatan keju bertepatan dengan terjadinya perubahan pola pemukiman petani menunjukkan adanya hubungan antara keju dan migrasi manusia," kata McClure kepada Live Science, dilansir Rabu (5/9/2018).

Jejak produksi keju dalam tembikar tanah liat ditemukan di dua desa Neolitik yang ada di kawasan pantai Dalmatia Kroasia, yakni Pokrovnik dan Danilo Bitinj. Para arkeolog menemukan jejak-jejak lemak keju dalam tembikar yang digali di situs arkeologi Pokrovnik di Kroasia.

7.000 Tahun Lalu, Petani Bawa Bekal Keju Saat Bermigrasi ke Eropa

Artefak arkeologi yang sering dicuci selama persiapan dapat merusak residu di dalamnya dan mengacaukan jejak masa lalu bagaimana tembikar digunakan pada masanya.

Beruntung, para ahli yang menggali situs tembikar memutuskan menyimpan 10 persen bagian yang belum dicuci sehingga McClure dan timnya dapat menganalisis pembuatan keju ribuan tahun lalu.

"Analisis residu relatif baru dalam dunia arkeologi, proses ini baru dilakukan mungkin selama 10 tahun. Lewat analisis residu, kita bisa mendapat data yang lebih baik," ujar McClure.

Lantas bagimana hasilnya?

Menurut McClure, keju yang diletakkan di tembikar merupakan keju segar dan kuat.
"Tidak sekenyal ricotta (keju Italia yang terbuat dari air sisa pembuatan keju lain yang dimasak lagi, red), ini lebih kuat. Saya rasa ini eju di masa lalu mirip seperti feta (keju Yunani)," jelas McClure.

Orang Mediterania punya kebiasaan minum susu sejak 9.000 tahun lalu yang dibuktikan lewat 500 keping prasejarah yang ditemukan di Mediterania. Kemudian, bukti pembuatan keju paling awal sekitar 7.500 tahun lalu yang ditemukan pada 24 fragmen tembikar dari Polandia. Dalam beberapa kasus, potongan sebenarnya dari keju kuno masih bertahan hingga saat ini.

Pada 2014, para ahli melaporkan temuan bongkahan keju berwarna kuning yang diawetkan melilit leher mumi berusia 3.800 tahun di China. Ahli menduga, keju ikut dikubur bersama mayat sebagai makanan menuju akhirat.

Keju kuno lain belum lama ini ditemukan di makan Mesir. Keju berwarna keputih-putihan itu diprediksi berusia 3.000 tahun. Tentu saja keju ribuan tahun lalu tidak untuk dicicipi, terlebih ahli menemukan kandungan bakteri Brucella yang menularkan penyakit gastrointestinal jahat.

SOURCE : KOMPAS.COM
Diubah oleh matthysse67
Halaman 1 dari 4
Keju nya dr safi, kambing, kuda afa onta gan?
Quote:


kenapa semenanjung balkan yg dipilih oleh kaum imigran di masa kuno tsb ya?? apakah hny krn sngt dekat dgn perbatasan wilayah asia barat daya??
busyet HT yg masih sepi emoticon-Hammer2

Keju tuh dari luar, kalo dari dalem namanya kejo
anjirrr juga gan, ente HT d akhir pekan wkwkwkw
ternyata udah selama itu asal keju
Budayakan keju!1!!!11!11
Gak doyan keju... Doyan nya pej* emoticon-Embarrassment
Keju berarti termasuk makanan kuno Gan..
keju bukannya dari blanda?
page one memang beda emoticon-Cool
woooowww
mejeng page one, apalah daya ane cuma anak singkong.
History of keju , ane doyan keju kw alias singkong emoticon-Big Grin
Diubah oleh 1stroland
apakah mereka muslim emoticon-Hammer2
kenapa keju?hayo kenapa emoticon-Big Grin
ngomong-ngomong 7.000 tahun, sdgkan sekarang baru 2018 dan 1431 Hijriyah... brarti jauh bgt sebelum tahun masehi dan sebelum Nabi Hijrah ya history keju itu
Jadi bekalnya keju ya..
Quote:


Hallo Gan... Lama tak bersua...
emoticon-Goyang
keju ribuan taun, kaya apa bentuknya ya



mayan kbagian gembuck
Diubah oleh jawir00
Quote:


halo gan adolf 7.000 Tahun Lalu, Petani Bawa Bekal Keju Saat Bermigrasi ke Eropa
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di