alexa-tracking

Waspada! Spesialis Ganjal ATM Masih Berkeliaran di Jatim

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b97a21e529a456c368b4568/waspada-spesialis-ganjal-atm-masih-berkeliaran-di-jatim
Waspada! Spesialis Ganjal ATM Masih Berkeliaran di Jatim
Waspada! Spesialis Ganjal ATM Masih Berkeliaran di Jatim

Gresik, IDN Times - Penangkapan tim Black Panther Polres Gresik atas pelaku spesialis ganjal ATM, HR (33) rupanya belum dapat melegakan masyarakat. Pasalnya, tiga anggota komplotan ini masih berkeliaran di kawasan Surabaya, Gresik, dan Lamongan. 

HR sebelumnya diringkus oleh tim Black Panther saat menguras isi ATM salah satu korbannya di minimarket Kecamatan Cerme. Dari penangkapan tersebut, kepolisian berhasil mengamankan barang bukti berupa dua kartu atm paspor BCA, lima atm paspor BCA dalam mesin atm BCA Cerme, atu alat ganjal berupa tusuk gigi yang tersimpan di dalam mesin atm BCA Cerme, dan uang sebesar Rp7 juta.


1. Modus lama yang masih digunakan
Waspada! Spesialis Ganjal ATM Masih Berkeliaran di Jatim
Kapolres Gresik, AKBP Wahyu Sri Bintoro mengatakan bahwa HR beserta rekannya melakukan modus lama yaitu mengganjal slot kartu ATM dengan tusuk gigi. Ketika calon korban kesulitan memasukkan kartu ATM, ia akan berpura-pura membantu memasukkan kartu tersebut. Namun ia malah menukar dengan kartu palsu. Korban pun diminta untuk memasukkan PIN ATM yang diintip dan akan diingat oleh pelaku. Perbuatan ini telah lama dilakukan oleh komplotan ini. Wahyu mengaku pihaknya masih mendalami jumlah korban dan kerugian yang ditimbulkan. "Saya masih cek lagi," ujarnya melalui pesan singkat kepada IDN Times, Selasa (11/9).


2. Tiga rekannya belum tertangkap
Waspada! Spesialis Ganjal ATM Masih Berkeliaran di Jatim
Wahyu melanjutkan, para spesialis ganjal ATM ini akan mengatakan kepada korbannya bahwa kartu mereka kemungkinan rusak. Padahal yang sedang dipegang oleh korban adalah kartu palsu. Sehingga pelaku akan menggunakan kartu asli dan PIN yang telah diintip untuk mengakses rekening korban. "Tapi korban mengira kalau kartunya rusak. Sehingga pulang dengan membawa kartu atm palsu," ujarnya.

Namun HR mengaku ketiga temannya masih berkeliaran di beberapa kota di Jawa Timur. Polisi saat ini masih melakukan pengejaran kepada para pelaku lainnya. "Berdasarkan informasi, tersangka sering beraksi di wilayah Surabaya, Gresik, dan Lamongan," imbuhnya.


3. Jangan mudah percaya bantuan dari orang tak dikenal
Waspada! Spesialis Ganjal ATM Masih Berkeliaran di Jatim
Untuk itu, Wahyu mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada saat melakukan transaksi di mesin ATM. Jangan percaya pada bantuan orang yang tidak dikenal dan selalu tutup rapat saat menekan No PIN. "Waspadai skimmer dan nomor-nomor bantuan dalam bentuk stiker yang ditempel pada mesin-mesin ATM. Jika mengetahui ada yang mencurigakan silahkan lapor petugas keamanan setempat atau polsek terdekat," pesannya.


Sumber : https://www.idntimes.comnews-jatim/i...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Waspada! Spesialis Ganjal ATM Masih Berkeliaran di Jatim Pelaku Spesialis Ganjal ATM Diringkus Saat Beraksi

- Waspada! Spesialis Ganjal ATM Masih Berkeliaran di Jatim Makin Nekat Begini Cara Bandit Menggasak Motor di Tengah Keramaian

- Waspada! Spesialis Ganjal ATM Masih Berkeliaran di Jatim Kelabui Korban Pencuri Motor di Surabaya Pakai Jaket Grab

×