alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Presiden Korsel Tulis Pesan Khusus Dalam Bahasa Indonesia Bagi Jokowi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b97a08cdc06bd5e538b4572/presiden-korsel-tulis-pesan-khusus-dalam-bahasa-indonesia-bagi-jokowi

Presiden Korsel Tulis Pesan Khusus Dalam Bahasa Indonesia Bagi Jokowi

Presiden Korsel Tulis Pesan Khusus Dalam Bahasa Indonesia Bagi Jokowi

Jakarta, IDN Times - Kunjungan kenegaraan Presiden Joko "Jokowi" Widodo ke Korea Selatan terlihat begitu sukses. Bagaimana tidak, karena selain berhasil meneken nota kesepahaman dengan potensi keuangan US$ 6,2 miliar, Presiden Moon Jae-In sebagai tuan rumah pun ikut terkesan. 

Saking terkesannya, ia sampai menulis pesan dalam Bahasa Indonesia dan diunggah ke akun media sosialnya pada Selasa (11/9). Usai kunjungan tiga hari itu, Moon merasa hubungan persahabatannya dengan Jokowi semakin dalam. 

"Ini seperti malam hari yang indah pada musim gugur Korea," ujar Moon di dalam akun media sosialnya.

Pulang dari Korsel, Moon pun meyakini kedua negara akan sama-sama terus memperkuat hubungan bilateral yang berorientasi masa depan. 

Lalu, apa lagi yang disampaikan oleh Moon di akun media sosialnya? Kunjungan mana yang paling berkesan bagi Moon?


1. Presiden Jokowi satu-satunya pemimpin yang disambut di Istana Chang Deok Goong
Presiden Korsel Tulis Pesan Khusus Dalam Bahasa Indonesia Bagi Jokowi
Kedatangan mantan Gubernur DKI itu diawali dengan sambutan khusus di Istana Chang Deok Goong. Menurut keterangan dari Istana Kepresidenan, Jokowi menjadi pemimpin negara pertama yang disambut di Istana yang didirikan pada tahun 1.400an itu. 

Tiba sekitar pukul 10:30 waktu setempat pada Senin kemarin, Jokowi disambut secara militer. Lagu kebangsaan kedua negara kemudian dinyanyikan. 

Tarian tradisional Korea Selatan kemudian digelar untuk menyambut kedatangan Jokowi. Usai penyambutan di pelataran utama, kedua pemimpin negara kemudian masuk ke bangunan Istana untuk minum teh bersama. Melalui akun media sosialnya, mantan Wali Kota Solo itu mengucapkan terima kasih atas sambutan yang begitu hangat. 

Ucapan terima kasih itu kemudian direspons Moon semoga proses penyambutan itu menjadi kenangan yang abadi bagi Jokowi. 

"Kami berharap pemandangan alam yang indah dan sambutan hangat dari masyarakat Korea dapat disimpan di hati Bapak Presiden," kata Moon lagi. 


2.
Presiden Korsel Tulis Pesan Khusus Dalam Bahasa Indonesia Bagi Jokowi
Di bagian akhir pesannya, Moon berharap kerja sama kedua negara bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat dan membangun komunitas perdamaian. 

"Seperti kami, pemimpin kedua negara menjanjikan sebagai teman dan mitra, Korea dan Indonesia akan mengembangkan hubungan kerja sama berorientasi masa depan," tulis Moon. 

Jokowi mengaku terkesima dengan tingginya minat berbagai perusahaan Negeri Ginseng yang ingin berinvestasi di Indonesia. Data menunjukkan Korsel merupakan negara terbesar ketiga yang menanamkan investasinya di Tanah Air. Sekitar 2.200 perusahan Korsel diketahui sudah beroperasi di Indonesia dan memberikan lapangan pekerjaan bagi sekitar 800 ribu orang. 

Dalam pernyataan bersama yang disampaikan di Istana Kepresidenan Korsel atau "Blue House", Moon turut memuji kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games ke-18. Ia mengaku gembira karena atlet dan pengunjung sudah bisa menikmati Asian Games dengan Era D (Disrupsi Teknologi) teknologi 5G. 

"Dan itu dibangun oleh perusahaan Korea," kata Moon pada Senin kemarin. 

Moon pun sepakat untuk menindak lanjuti inisiatif dialog antar pemuda kedua negara melalui Young Leaders's Dialogue. Ia berhara pemuda kedua negara bisa lebih akrab dan saling mengenal. 


3. Jokowi terkesan ketika diajak blusukan ke pusat perbelanjaan Dongdaemun
Presiden Korsel Tulis Pesan Khusus Dalam Bahasa Indonesia Bagi Jokowi
Rupanya salah satu momen yang sangat berkesan untuk Jokowi ketika diajak blusukan ke pusat fashion anak muda Korsel, Dongdaemun. Kegiatan blusukan ini merupakan respons dari aksi serupa yang dilakukan Jokowi ketika mengajak Moon berkeliling di sebuah mall di Bogor pada tahun 2017. 

"Dongdaemun ini seperti Tanah Abang di Jakarta, ada 30 ribuan toko di dalamnya," tulis Jokowi di akun media sosialnya. 

Selain warga Seoul yang mencari inspirasi fashion di sana, menurut Menlu Retno Marsudi, para pesohor KPop kerap terlihat di Dongdaemun untuk berbelanja. Akhir kata, Presiden Moon menyapa Jokowi sebagai "teman" dan berharap bisa berjumpa lagi di lain waktu. 

"Teman kami, sampai jumpa lagi," kata Moon.


Sumber : https://www.idntimes.comnews/indones...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Presiden Korsel Tulis Pesan Khusus Dalam Bahasa Indonesia Bagi Jokowi Bro Banget 10 Kedekatan Jokowi dan Super Junior di Korea Selatan

- Presiden Korsel Tulis Pesan Khusus Dalam Bahasa Indonesia Bagi Jokowi FOTO Jokowi Diajak Presiden Moon Blusukan ke Tanah Abangnya Korsel

- Presiden Korsel Tulis Pesan Khusus Dalam Bahasa Indonesia Bagi Jokowi Mimpi Jokowi Ciliwung Sebersih Sungai Cheongyecheon di Seoul

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di