alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sisi Lain Pak Jokowi: Cerita Dari Sang Asisten Ajudan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b976a93dad770421d8b4568/sisi-lain-pak-jokowi-cerita-dari-sang-asisten-ajudan

Sisi Lain Pak Jokowi: Cerita Dari Sang Asisten Ajudan

Sisi Lain Pak Jokowi: Cerita Dari Sang Asisten Ajudan

Sisi Lain Pak Jokowi: Cerita Dari Sang Asisten Ajudan


Sisi Lain Pak Jokowi: Cerita Dari Sang Asisten Ajudan

Beberapa waktu yang lalu, akun Youtube resmi milik Presiden Bapak Joko Widodo mengunggah video tentang sisi yang tidak banyak publik ketahui, yang diceritakan oleh dua asisten ajudan Pak Jokowi; Teddy Indra Wijaya dan Syarif Muhammad Fitriansyah.

Sisi Lain Pak Jokowi: Cerita Dari Sang Asisten Ajudan
Syarif dan Teddy


Sebelum menuju penjelasan lebih lanjut, mungkin ada yang belum mengerti tentang tugas seorang ajudan. Dilansir dari sini, berikut adalah sedikit pengertian mengenai tugas ajudan yang dilansir dari detik :

Quote:


Sebelum menjabat sebagai orang nomor 1 di Indonesia, Pak Jokowi telah memiliki beberapa ajudan yang tidak sungkan ia kenalkan ke publik, yakni ketika beliau masih menjabat sebagai Gubernur DKI. Dia adalah Pradista Machdala Putra a.k.a Dista. Ada cerita menarik bagaimana Pak Jokowi memilih Dista sebagai asisten ajudannya. Masih dikutip dari sumber yang sama, berikut beritanya:

Spoiler for Ajudan Pak Jokowi:


Nah, mari kita simak sisi lain Presiden Jokowi menurut cerita dari sang asisten ajudan.



Sisi Lain Pak Jokowi: Cerita Dari Sang Asisten Ajudan

BAGAIMANA PROSES MENJADI ASISTEN AJUDAN PRESIDEN?

 

“Kami diseleksi dari masing-masing angkatan; darat, laut, udara, polisi. Kemudian saya terpilih mewakili TNI, dan Syarif yang dari kepolisian,” jelas Teddy diiringi kebanggaan yang terpancar di wajah masing-masing.

 

APA PERNAH BERCITA-CITA MENJADI ASISTEN AJUDAN PRESIDEN?

 

“Gak ada sama sekali, Mas. Tidak terpikirkan,” ucap Teddy. Syarif melanjutkan, “Mimpi aja tidak pernah.”

 

APA PERBEDAAN PASPAMPRES DENGAN SISTEN AJUDAN PRESIDEN?

 

Teddy menjelaskan, “Kalau paspampres (tugasnya) pengamanan. Kalau kita (asisten ajudan presiden), (yang berhubungan dengan) kegiatan Bapak sehari-hari. Sehingga Bapak bekerja dengan lancar dan nyaman.

 

SEPERTI APA KEGIATAN PRESIDEN SAAT KUNJUNGAN KERJA?

 

“Bapak Presiden tinggal di istana Bogor,” kata Teddy. “Dan dari Bogor ke Jakarta itu satu jam. Bila take offjam 8, otomatis berangkat dari sini jam 7, ataupun sebelumnya. Jadi kalau kunker (kunjungan kerja), Bapak tidak hanya di satu kota satu provinsi.”

Syarif melanjutkan, “Jadi, Bapak, tuh, pernah, Mas. Paginya (Bapak) itu terbang ke Aceh, setelahnya pergi ke Banjarmasin, lalu ke Halmahera, Maluku Utara, kemudian lanjut lagi ke Papua untuk melihat perkembangan jalan Trans Papua. Jadi, selama lima hari, satu hari satu provinsi.”

“Pertama tiba di kota tujuan, ya, macam-macam,” jelas Teddy. “Bisa dimulai dari pembagian Kartu Indonesia Pintar (KIP), sertifikat tanah, peresmian, atau peninjauan. Nanti istirahatnya saat makan siang. Kemudian, biasanya kalau makan siang setelah salat Zuhur, Bapak akan mampir ke masjid terdekat untuk salat Zuhur. (Acara beliau) Dari pagi sampai malam, kemudian selesai acara bisa jam 9 sampai setengah 10 malam.“

“Saat tiba di hotel, Bapak tidak serta-merta istirahat. Bapak justru memikirkan hal lain. Bukan cuma kunker, beliau memikirkan ada kegiatan apa di nasional, kemudian mungkin di internasional ada apa. Lalu Bapak telepon sini, telepon menteri ini, telepon pejabat ini.”

 

APA CIRI KHAS PRESIDEN SAAT KUNJUNGAN KERJA?

 

Syarif menjawab, “Banyak kegiatan yang tak terduga, ya. Baru turun dari pesawat, yang seharusnya istirahat, karena melewati mal, tiba-tiba (Pak Jokowi) bilang, ‘saya pengin ke situ’. Setelah sampai di hotel, rombongan pergi ke mal tersebut.”

 

KAPAN PRESIDEN PUNYA WAKTU ISTIRAHAT?

 

“Kalau ketemu warga itu, menurut saya, Bapak istirahat,” kata Teddy. “Karena Bapak pasti gembira, ketawa, kemudian salam-salaman. Itu menurut saya yang membuat Bapak istirahat. Karena bahagia di situ, bersapa, canda-tawa, salaman dengan masyarakat di jalan.”

“Bapak itu orangnya pendengar, apalagi kalau dengan masyarakat. Bapak kalau dengan masyarakat, benar-benar dengarkan kata per kata, kira-kira butuh apa masyarakat tersebut,” lanjut Syarif.

 

APA KEBIASAAN PRESIDEN SAAT BERTEMU RAKYAT?

 

“Mungkin bagi rakyat kecil, rakyat yang jauh-jauh datang, mungkin 3 km, 5 km, mereka minta foto dengan Presiden. Kita fotokan, lalu Bapak mengecek, (kalau) fotonya jelek, fotonya nge-blur, dibalikin lagi HP-nya ke saya. Saya fotoin lagi sampai fotonya bagus. Lalu Bapak mengucapkan, ‘Nih, terima nih fotonya. Bagus!’. Itu rakyat udah senangnya luar biasa. Menurut saya itu hal yang kecil, tapi luar biasa,” tukas Syarif.

 

APA YANG PRESIDEN LAKUKAN SETELAH SELESAI KEGIATAN?

 

“Kalau lagi sendiri ataupun udah selesai kegiatan, nonton Youtube, baca berita, ataupun menggunakan sosmed Bapak. Baca pesan-pesan direct messageyang dikirim masyarakat. Itu benar-benar dibaca, loh,” kata Teddy, yakin. “Jadi kadang-kadang, ‘Oh ini, apa nih. Coba dicek, benar gak keluhannya (dari yang ngirim pesan).”

 

APA HAL KECIL YANG PALING BERKESAN?

 

“Kalau saya dipanggil nama,” jawab Syarif senang. “Pangkat belum tinggi juga, tapi sudah dipanggil nama oleh Presiden. Itu merupakan hal yang luar biasa bagi saya.”

Lain halnya dengan Teddy, dia menuturkan, “Saya diucapin terima kasih. Bayangin, ‘Terima kasih, ya. Terima kasih, ya.’ Bagi saya itu seneng banget pasti.”

 

APAKAH PRESIDEN PERNAH CURHAT?

 

“Rahasia, Mas,” jawab Teddy diikuti gelak tawa keduanya. “Namanya curhat masa saya kasih tahu.”
emoticon-Big Grin

 

SIFAT APA YANG BISA DITELADANI DARI PRESIDEN?

 

“Yang pasti, kerja keras,” jawab Teddy.

“Yang pasti,” Syarif melanjutkan, “sebagai Presiden Republik Indonesia, memimpin 260 juta penduduk, gak gampang. Tapi, beliau juga bisa memberikan contoh sebagai bapak bagi keluarga beliau, ya sebagai family man.”

 

SATU ATAU DUA KATA YANG MENGGAMBARKAN PRESIDEN?

 

Kata Teddy, “Bapak itu, banyak idenya, Mas.” Lalu Syarif mengiyakan dengan menambahkan, “Iya, unpredictable.”




Sisi Lain Pak Jokowi: Cerita Dari Sang Asisten Ajudan

Wah, senang banget tuh bisa jadi asisten ajudan Pak Jokowi. Gak kebayang rasanya jadi mereka. Apalagi bisa melihat langsung sosok Presiden yang jarang atau bahkan tidak diketahui publik.

"Dari sosok Presiden, mari kita ambil sisi yang baik untuk dijadikan pelajaran dan tinggalkan yang buruk agar tidak ada kesalahan yang terulang."



Dan ingat, jangan ada gontok-gontokan di trit yang tiada mengandung unsur politik ini.


emoticon-I Love Indonesia


Sisi Lain Pak Jokowi: Cerita Dari Sang Asisten Ajudan

Artikel oleh Mukamukaos

Sumbernya ini




Sisi Lain Pak Jokowi: Cerita Dari Sang Asisten Ajudan




Diubah oleh mukamukaos
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Buat save komentar edan emoticon-Big Grin
Sisi Lain Pak Jokowi: Cerita Dari Sang Asisten Ajudan

Sisi Lain Pak Jokowi: Cerita Dari Sang Asisten Ajudan
bani onta kardus langsung pada kelojotan emoticon-Leh Uga
Balasan post Vandisk
Quote:


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
mantab... muda dan cmungudh
Long live the king


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di